Jelang Lawan Uni Emirat Arab, Indra Sjafri: Pasti Ada Kejutan!

Semoga menang ya!

Jakarta, IDN Times – Timnas Indonesia akan jalani laga hidup mati melawan Uni Emirat Arab (UEA) dalam laga pamungkas Grup A Piala AFC 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Rabu (24/10). 

Egy Maulana Vikri dkk. Sebetulnya bisa saja lolos ke perempat final meski bermain imbang, namun timnas harus berharap Taiwan mampu mengalahkan Qatar sehingga lebih baik berharap pada kemenangan.

Seperti dilansir Antara, Pelatih Timnas Indonesia Indra Sjafri memastikan bahwa pemainnya akan memberi kejutan dalam pertandingan terakhir Grup A tersebut. “Besok akan ada pemain yang berikan kejutan lagi,”  jelasnya.

Indra pun mengungkapkan bahwa dirinya telah melakukan sejumlah persiapan guna menghadapi UEA. Simak berita selengkapnya.

1. Timnas harus bermain lebih sabar dan meminimalisir kesalahan

Jelang Lawan Uni Emirat Arab, Indra Sjafri: Pasti Ada Kejutan!Instagram

Pada pertandingan kontra Qatar, Timnas Indonesia mengawali pertandingan dengan terburu-buru. Akibatnya, Muhammad Riyandi harus memungut bola dari dalam gawangnya sendiri tiga kali dalam 24 menit.  Selain itu, kesalahan-kesalahan individu kerap masih sering terjadi dalam dua pertandingan terakhir. 

“PR kami adalah memperbaiki  pertahanan. Di pertandingan ini mayoritas disebabkan kesalahan individual,” ujarnya selepas pertandingan melawan Qatar, Minggu, (21/10).

Dengan meminimalisir kesalahan individu dan pertahanan tentu peluang memenangkan pertandingan akan lebih terbuka.

Baca Juga: Review Indonesia vs Qatar: Timnas Indonesia Kalah dalam Drama 11 Gol

2. Uni Emirat Arab di atas kertas lebih diunggulkan, tapi..

Jelang Lawan Uni Emirat Arab, Indra Sjafri: Pasti Ada Kejutan!PSSI.org

Jika melihat klasemen Grup A, UAE memang sedikit diunggulkan ketimbang Indonesia. UAE belum pernah sekalipun kalah sedangkan Indonesia harus takluk dari Qatar yang pada pertandingan pertama dikalahkan UAE 2-1.

Meski demikian, dukungan penuh tuan rumah tentu akan meninggkatkan mental bermain skuad Garuda Muda yang bertanding di lapangan. Buktinya,  saat Indonesia tertinggal 1-4 dari Qatar di babak pertama, Indonesia masih mampu menciptakan empat gol guna mengejar ketertinggalan.

3. Indra Sjafri siapkan algojo tendangan bebas

Jelang Lawan Uni Emirat Arab, Indra Sjafri: Pasti Ada Kejutan!instagram.com/edy_rahmayadi

Berkaca pada pertandingan melawan Qatar, Indra juga menyiap sejumlah pemain untuk menjadi algojo bola mati saat menghadapi UAE. Mantan pelatih Bali United itu menyebut ada lima pemain yang disiapkannya untuk jadi eksekutor yakni Muhammad Luthfi, Saddil Ramdani, Egy Maulana Vikri, Todd Rivaldo Ferre, dan Nurhidayat.

“Kami memang punya banyak penendang bebas. Tim-tim di Piala Dunia dan Asian Games 2018 juga banyak menang daari situasi setpieceini,” ujarnya.

4. Indonesia ke perempat final jika..

Jelang Lawan Uni Emirat Arab, Indra Sjafri: Pasti Ada Kejutan!pssi.org

Berikut ini adalah skenario agar Indonesia lolos ke perempat final:

Lolos sebagai juara grup jika Qatar dan Taiwan imbang atau Indonesia menang dengan selisih gol lebih dari dua. Sedangkan, Indonesia akan lulus sebagai runner-up jika imbang lawan UEA dan Qatar kalah lawan Cina Taipei atau Indonesia dan Qatar sama-sama menang.

Baca Juga: 3 Gol Kurang dari 25 Menit, Qatar Ungguli Timnas U-19 Indonesia

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya