Comscore Tracker

Meski Kalahkan Korsel, Swedia Tetap Harus Berbenah

#WorldCup2018 Swedia masih menyisakan 2 laga berat

Nizhny Novgorod, IDN Times – Kemenangan yang diraih Swedia atas Korea Selatan dengan skor 1-0 di Stadion Nizhny Novgorod, Senin, (18/6) menjadi modal yang berharga bagi Swedia untuk melangkah ke babak selanjutnya.

1. Beban Swedia untuk lolos "sedikit" berkurang  

Meski Kalahkan Korsel, Swedia Tetap Harus BerbenahFIFA.com

Sebelum kekalahan Jerman oleh Meksiko, beban Korea Selatan dan Swedia lebih ringan karena mereka hanya bersaing dengan Meksiko untuk merebutkan posisi kedua agar bisa lolos ke babak selanjutnya–sebab, di atas kertas, Jerman diunggulkan untuk menjadi juara grup.

Karena Jerman kalah, otomatis Swedia dan Korea memiliki tekanan lebih besar karena mereka masih akan bertemu Jerman yang tentu akan tampil mati-matian setelah kehilangan poin di laga perdana.

Kemenangan atas Son Heunug-Min dkk. tentu membuat beban Swedia sedikit lebih ringan karena sudah memiliki modal tiga poin. 

2. Evaluasi lini serang Swedia harus dilakukan  

Meski Kalahkan Korsel, Swedia Tetap Harus BerbenahFIFA.com

Dalam laga kontra Korea Selatan, Swedia mendominasi pertandingan dengan penguasaan bola mencapai 57%. Statistik pun menunjukan jika Swedia lebih sering melakukan tembakan ketimbang Korsel dengan total 13 berbanding 5.

Namun, catatan positif yang diraih Swedia harus dijadikan sebuah peringatan bagi Victor Lindelof dkk. mengingat sepanjang pertandingan hanya satu gol tercipta. Selain karena pertahanan Korea yang tampil cukup baik, lini serang Swedia pada laga perdana tampil kurang efektif. Buktinya dari sembilan tendangan ke gawang, hanya satu berbuah gol. Itu pun dari titik penalti.

Evaluasi harus segera dilakukan mengingat Swedia masih menghadapi lawan tangguh seperti Jerman yang akan habis-habisan di dua laga sisa, serta Meksiko yang mampu mengalahkan Tim Panser.

3. Harus fokus di dua pertandingan sisa  

Meski Kalahkan Korsel, Swedia Tetap Harus BerbenahFIFA.com

Swedia masih harus bertemu Jerman pada Minggu, (24/6) dan Meksiko (27/6). Janne Andersson dan anak asuhnya harus fokus menghadapi dua laga sisa kalau tidak mau tergelincir.

Jerman akan tampil mati-matian karena harus menyapu bersih pertandingan sisa dengan kemenangan jika ingin lolos ke babak selanjutnya. Hal tersebut membuat kekuatan Jerman akan berlipat ganda ketika bersua Swedia dan Korea Selatan.

Begitu pula Meksiko. Swedia tidak boleh memandang El Tri sebelah mata terlebih mereka mampu mengalahkan sang juara bertahan.

Jika berhasil meraih kemenangan sekali lagi, maka jalan Swedia ke babak berikutnya cukup aman. Namun, akan lebih baik jika Swedia menyapu bersih laga sisa dengan kemenangan, bukan?

Baca Juga: Teknologi VAR Bantu Swedia

Line IDN Times

Topic:

  • Yogie Fadila

Just For You