MU Pecat Jose Mourinho, Ini Fakta-faktanya

Pengganti Mourinho akan segera diumumkan

Jakarta, IDN Times – Manchester United (MU) mengumumkan pemecatan Jose Mourinho melalui situs dan media sosial resmi klub, Selasa (18/12). Performa buruk Setan Merah musim ini disinyalir menjadi latar belakang dipecatnya The Special One.

“Manchester United mengumumkan bahwa Jose Mourinho telah meninggalkan klub,” tulis pihak klub melalui keterangan resmi.

MU merupakan klub ketujuh Mourinho selama berkarir sebagai manager. Berikut ini adalah fakta-fakta terkait Mourinho yang baru saja dipecat.

Baca Juga: Ini 3 Kandidat Kuat Pengganti Mourinho di MU

1. Dipecat dua hari setelah kalah dari Liverpool

MU Pecat Jose Mourinho, Ini Fakta-faktanyatwitter.com/LFC

Mourinho dipecat MU tepat dua hari selepas dibantai Liverpool 1-3 di Anfield, Liverpool.  Kekalahan itu melengkapi rentetan hasil buruk MU dalam beberapa pekan terakir. Dalam lima laga terakhir Mu hanya sekali menang ketika menjamu Fulham dalam lanjutan Premier League 2018, sisanya MU dua kali kalah dan seri.

2. Tak pernah melatih lebih dari 3 musim

MU Pecat Jose Mourinho, Ini Fakta-faktanyatwitter.com/thegirlsun21

Mou merupakan pria yang berpengalaman melatih sejumlah tim kecil hingga besar. Namun,  karirnya melatih sebuah klub tak pernah lebih dari tiga tahun. Karirnya paling lama ketika melatih Chelsea pada periode pertama dengan total 178 pertandingan selama tiga tahun.

3. Jose Mourinho raih tiga trofi bersama MU

MU Pecat Jose Mourinho, Ini Fakta-faktanyahttps://twitter.com/zecln

Meski karirnya di MU berakhir buruk,  Mourinho mencatat prestasi yang lumayan. Di tangannya, MU berhasil menjuarai EFL Cup, FA Community Shield, dan Europa League. Ketiganya diraih Mourinho pada musim 2016/2017.

4. Persentase kemenangannya di Manchester United jadi yang terburuk sepanjang karirnya di Inggris

MU Pecat Jose Mourinho, Ini Fakta-faktanyatwitter.com/LFC

Selain MU,  mantan pelatih Real Madrid ini juga pernah melatih klub Inggris lainnya yakni Chelsea. Namun, persentase kemenangannya di MU merupakan yang terburuk dari tiga periode kepelatihannya di Inggris.

Selama melatih MU hanya menang 58,3 persen dari seluruh laga yang dijalani. Sedangkan pada periode pertama di Chelsea ia mampu meraih persentase kemenangan sebesar 67 persen meski dalam periode kedua hanya menang 58,8 persen kemenangan.

5. MU akan segera umumkan penggantinya

MU Pecat Jose Mourinho, Ini Fakta-faktanyaTwitter/@ManUtd

Setan Merah pun mengapresiasi kerja Mourinho selama kurang dari tiga musim. Pihak MU mengatakan bahwa pihaknya akan segera mengumumkan pelatih pengganti untuk sementara waktu secepatnya.

“Klub mengucapkan terima kasih pada Jose atas kerjanya selama di Manchester United dan berharap ia sukses di massa depan,” tulis tim komunikasi Manchester United.

Baca Juga: 5 Pemain yang Konon Katanya Membenci Jose Mourinho

Topik:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya