Piala AFF 2018: Indonesia Bantai Timor Leste 3-1

Andik Vermansyah dkk masih harus hadapi lawan-lawan berat

Jakarta, IDN Times - Indonesia akhirnya berhasil meraih kemenangan perdananya di Piala AFF 2018 setelah menekuk Timor Leste dengan skor 3-1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa (13/11).  

Kekalahan yang diderita Timor Leste itu membuat mereka makin terpuruk di dasar klasmen Grup B karena belum pernah memenangkan satu pertandingan pun selama Piala AFF 2018 berlangsung. 

Berikut jalannya pertandingan.

1. Babak pertama tanpa gol

Piala AFF 2018: Indonesia Bantai Timor Leste 3-1(Piala AFF 2018, Timnas Indonesia Vs Timor Leste) ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Sepanjang babak pertama Timnas Indonesia mendominasi pertandingan. Bahkan, statistik saat jeda petandingan menyebutkan bahwa anak asuh Bima Sakti memiliki 59 persen penguasaan bola sepanjang babak pertama. Sayangnya hingga babak pertama berakhir belum ada gol tercipta. 

Peluang terbaik Indonesia tercipta pada menit ke-26 melalui Gavin Kwan Adsit. Pemain Barito Putera itu melakukan penetrasi di sisi kiri pertahanan Timor Leste. Sayang, upayanya belum berhasil.

Baca Juga: Tiket Offline Indonesia Vs Timor Leste Sepi Peminat

2. Indonesia sempat tertinggal lebih dulu

Piala AFF 2018: Indonesia Bantai Timor Leste 3-1(Timnas Indonesia di laga lanjutan Piala AFF 2018 di Jakarta) ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Babak kedua dibuka dengan kejutan yang diberikan Timor Leste. Ketika babak kedua baru berlangsung tiga menit, Rufino Walter Gama sudah mengejutkan tuan rumah berkat tendangan kerasnya di depan kotak penalti yang tak mampu dihalau Andritany Ardhiyasa. 

Tak tinggal diam, Indonesia langsung membalas pada menit ke-60 melalui penetrasi Alfath Faathier di sisi kanan pertahanan Timor Leste.  Setelah meliuk-liuk di dalam kotak penalti ia pun menendang bola ke gawang. Penyelamatan kiper timnas Timor Leste, Fagio Pereira yang tak sempurna membuat bola meluncur ke gawangnya. 

Pada menit ke-68 Indonesia mendapat peluang melalui titik penalti setelah Andik Vermansyah dilanggar Gumario Moreira di kotak penalti. Stefano Lilipaly yang didapuk sebagai algojo pun sukses mengeksekusi bola mati meski sempat terpeleset. Gol tersebut membuat Indonesia unggul 2-1. 

Indonesia berhasil menambah keunggulan melalui gol yang dicetak Beto Goncalves pada menit ke-81. Gol tercipta berkat pergerakan ciamik Riko Simanjuntak dalam melewati tiga pemain Timor Leste di sisi kiri pertahanan lawan. Umpan silang yang diberikan pemain Persija itu mampu dikonversi Beto yang berdiri tanpa penjagaan menjadi gol. 

3. Indonesia masih akan hadapi lawan berat

Piala AFF 2018: Indonesia Bantai Timor Leste 3-1twitter.com/affsuzukicup

Selanjutnya Indonesia akan menghadapi lawan-lawan berat di Grup B. Pada tanggal 17 November Indonesia akan bertandang ke Thailand kemudian menjamu Filipina di Jakarta pada Minggu (25/11).  

Thailand merupakan juara bertahan Piala AFF dua edisi terakhir sedangkan Filipina memiliki banyak pemain naturalisasi serta memiliki kiper yang bermain di Liga Inggris, Neil Etheridge. 

Baca Juga: Piala AFF 2018: Hadapi Timor Leste, Ini Pesan Bima Sakti Kepada Pemain

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya