Teknologi VAR Antarkan Kemenangan Swedia

#Worldcup2018: Swedia sukses raih kemenangan perdana

Nizhny Novgorod, IDN Times - Swedia berhasil meraih kemenangan perdananya di Piala Dunia 2018 berkat bantuan teknologi. Gol semata wayang Swedia tercipta setelah wasit melihat Video Assistant Referee (VAR) dan memberikan penalti kepada Swedia. Andreas Granqvist sukses mengeksekusi penalti tersebut menjadi gol.

Berikut jalannya pertandingan.

1. Swedia bermain kurang efektif di babak pertama

Teknologi VAR Antarkan Kemenangan SwediaFIFA.com

Pada babak pertama, Swedia lebih menguasai pertandingan walau di menit-menit awal Korea Selatan sempat mendominasi. Statistik menunjukan, Emil Forsberg dkk. menguasai bola sebanyak 61%. Banyak peluang yang tercipta bagi Swedia di sepanjang jalannya babak pertama, namun masih belum ada yang berujung gol.

Kiper Swedia, Robin Olsen melakukan penyelamatan pertamanya ketika pertandingan baru berlangsung tujuh menit. Bola liar hasil tinjuannya saat menyapu umpan silang gagal dimanfaatkan Lee Seung-Wo yang sundulannya masih melebar.

Pada menit ke-21 menit, Swedia telah menciptakan peluang emas melalui Marcus Berg yang berdiri bebas di muka gawang Korea. Sayangnya, peluang tersebut gagal berbuah gol berkat penyelamatan gemilang dari kiper Korea, Cho Hyun-Woo.

Ketika pertandingan berjalan hampir setengah jam, Korsel harus kehilangan Park Joo-Ho yang mengalami cedera kaki. Karena tak bisa melanjutkan pertandingan, dirinya terpaksa digantikan oleh Kim Min-Woo.

Pertahanan yang baik dari kedua tim membuat babak pertama berakhir tanpa gol tercipta. Meskipun demikian, Swedia terlihat kurang beruntung karena dari enam tembakan yang dilakukan hanya satu kali yang tepat sasaran. Berbeda dengan Swedia, Korsel hanya mampu melakukan sekali tembakan tanpa sekali pun tepat sasaran.

2. Gol Swedia dibantu teknologi

Teknologi VAR Antarkan Kemenangan SwediaFIFA.com

Empat menit setelah babak kedua dimulai, Swedia sudah membuat peluang. Kali ini melalui umpan Viktor Claesson kepada Emil Forsberg yang hanya berjarak 18 meter dari depan gawang. Sayang tendangannya masih melambung di atas gawang.

Sebuah peristiwa tak terpuji terjadi pada menit ke-51. Ketika berduel dengan Koo Ja-Cheol, Sebastian Larsson menginjak kaki gelandang Korsel tersebut.

Pada menit ke-63 pertandingan sempat ditunda karena wasit ingin menggunakan VAR untuk memutuskan apakah Kim Min-Woo melakukan pelanggaran terhadap Calesson atau tidak. Setelah melihat VAR, wasit memutuskan untuk memberi penalti kepada Swedia. Granqvist yang ditunjuk sebagai algojo sukses memanfaatkan peluang tersebut menjadi gol.

Sepuluh menit jelang berakhirnya waktu normal, Korea Selatan mulai meningkatkan intensitas serangan. Namun, hingga pertandingan berakhir tidak ada gol yang tercipta sehingga Swedia berhasil menang dengan skor 1-0.

3. Susunan pemain Swedia vs Korea Selatan

Teknologi VAR Antarkan Kemenangan SwediaFIFA.com

Swedia (4-4-2)

R. Olsen; A. Granqvist, M. Lustig, P. Jansson, L. Augustinsson; S. Larsson, A. Ekdal, E. Forsberg, V. Claesson; M. Berg, O. Toivonen.

Korea Selatan (4-4-2)

Cho Hyun-Woo; Park Joo-Ho, Kim Young-Gwon, Lee Yong, Jang Hyun-Soo; Ki Sung-Yeung, Koo Ja-Cheol, Lee Jae-Sung, Kim Shin-Wook; Son Heung-Min, Hwang Hee-Chan.

Topik:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya