6 Klub Sepak Bola Terboros pada Bursa Transfer Musim Panas 2022

Bursa transfer musim ini didominasi klub liga Inggris

Bursa transfer musim panas resmi ditutup pada, Jumat (2/9/2022) pukul 05.00 WIB. Banyak klub-klub top Eropa yang aktif berbelanja pemain pada bursa transfer musim panas 2022 guna meningkatkan kebutuhan dan performa tim. 

Beberapa klub sepak bola Eropa juga rela menggelontorkan uang sangat banyak demi mendapatkan pemain incaran masing-masing. Lantas, siapa yang jadi klub sepak bola terboros pada bursa transfer musim panas 2022?

1. Chelsea (278,99 juta euro)

6 Klub Sepak Bola Terboros pada Bursa Transfer Musim Panas 2022Wesley Fofana pemain baru Chelsea (twitter.com/chelseafc_indo)

Adanya pergantian pemilik Chelsea dari Roman Abramovich ke tangan Todd Boehly sebagai pemilik baru tak mengurangi aktivitas Chelsea pada bursa transfer musim panas 2022 ini. Hal itu terbukti dengan pengeluaran Chelsea di bursa transfer dengan total biaya sebesar 278,99 juta euro atau setara dengan Rp4,1 triliun. Catatan itu pun bikin Chelsea menjadi klub dengan pengeluaran terbanyak untuk merekrut pemain di musim panas 2022.

Total, ada delapan pemain baru yang didatangkan Chelsea. Pemain termahal yang dibeli Chelsea adalah Wesley Fofana yang didatangkan dari Leicester City dengan harga 80 juta euro atau sekitar Rp1,18 triliun. 

2. Manchester United (238,02 juta euro)

6 Klub Sepak Bola Terboros pada Bursa Transfer Musim Panas 2022Antony pemain baru Manchester United (twitter.com/ManUtd)

Hadirnya sosok pelatih baru, Erik Ten Hag, bikin Manchester United berbenah dengan turut mendatangkan enam pemain baru pada musim panas 2022. Sepanjang bursa transfer, Manchester United menggelontorkan biaya sebesar 238,02 juta euro atau sekitar Rp3,5 triliun. 

Antony menjadi pemain termahal yang dibeli oleh Manchester United dengan harga 95 juta euro atau sekitar Rp1,4 triliun. Kemudian, transfer mengejutkan Casemiro yang didatangkan dari Real Madrid dengan harga 70 juta euro atau sepadan dengan Rp1 triliun juga cukup membuat Manchester United merogoh kocek yang sangat dalam.

3. West Ham United (182 juta euro)

6 Klub Sepak Bola Terboros pada Bursa Transfer Musim Panas 2022Lucas Paqueta pemain baru West Ham United (twitter.com/WestHam)

Klub yang menempati posisi keenam pada Premier League 2021/2022 ini segera berbenah dengan aktif melakukan perekrutan pemain di bursa transfer musim panas 2022. Tercatat, ada delapan nama pemain baru yang telah didatangkan oleh West Ham United untuk memperkuat skuad mereka mengarungi musim kompetisi 2022/2023.

Sosok Lucas Paqueta menjadi rekrutan termahal West Ham United. Ia dibeli dari Olympique Lyon dengan harga 60 juta euro atau setara dengan Rp886 miliar.

Baca Juga: West Ham United Babak Belur di awal Premier League, Terpuruk!

4. Tottenham Hotspur (169,9 juta euro)

6 Klub Sepak Bola Terboros pada Bursa Transfer Musim Panas 2022Richarlison pemain baru Tottenham Hotspur (twitter.com/Spurs_ID)

Di posisi keempat ada Tottenham Hotspur dengan pengeluaran transfer yang mencapai 169,9 juta euro atau sekitar Rp2,5 triliun untuk membeli pemain baru. Dengan biaya tersebut, Tottenham Hotspur sukses menggaet sebelas pemain baru untuk memperkuat skuad asuhan Antonio Conte.

Richarlison menjadi pemain termahal yang dibeli oleh Spurs dari Everton dengan harga 60 juta euro atau sepadan dengan Rp886 miliar. Biaya transfer yang besar ini makin mengukuhkan jika Tottenham Hotspur ingin berbicara lebih banyak dalam perebutan gelar juara Premier League.

5. Nottingham Forest (161,95 juta euro)

6 Klub Sepak Bola Terboros pada Bursa Transfer Musim Panas 2022Morgan Gibbs-White pemain baru Nottingham Forest FC (twitter.com/NFFC)

Klub yang baru saja promosi ke Premier League 2022/2023 ini langsung tancap gas pada bursa transfer musim panas 2022. Tidak main-main, Nottingham Forest segera mencetak rekor baru di Premier League setelah mendatangkan sebanyak dua puluh satu pemain baru untuk mengarungi musim kompetisi 2022/2023.

Pemain termahal yang dibeli oleh Nottingham Forest adalah Morgan Gibbs-White yang didatangkan dari Wolves dengan biaya 29,5 juta euro atau setara dengan Rp435,5 miliar. Selain Morgan, ada juga nama Jesse Lingard yang didatangkan dari Manchester United dengan free transfer. 

6. FC Barcelona (153 Juta Euro/2,26 Triliun Rupiah)

6 Klub Sepak Bola Terboros pada Bursa Transfer Musim Panas 2022Jules Kounde pemain baru FC Barcelona (twitter.com/jkeey4)

Meski dilanda krisis keuangan, FC Barcelona ngeyel untuk tetap aktif berburu pemain di bursa transfer musim panas 2022. Dengan dalih mengaktifkan "tuas ekonomi" ketiga, yaitu menjual aset klub kepada pihak ketiga sebagai modal transfer pemain, FC Barcelona mendatangkan sebanyak tujuh pemain anyar. 

Beberapa pemain yang dibeli FC Barcelona antara lain, Robert Lewandowski, Jules Kounde, dan Rapinha. Perekrutan nama-nama beken ini membuat FC Barcelona merogoh kocek sebesar 153 juta euro atau setara dengan Rp2,26 triliun selama bursa transfer musim panas 2022 berlangsung. 

Dengan biaya transfer pemain yang tidak sedikit, mampukah klub-klub sepak bola terboros pada bursa transfer musim panas 2022 di atas meraih hasil sepadan pada kompetisi yang mereka arungi? Patut kita nantikan kiprah mereka bersama-sama.

Baca Juga: 5 Pemain yang Cetak Banyak Gol pada Musim Debut Membela Barcelona

Gustu Canadta Photo Writer Gustu Canadta

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya