4 Alasan Atletico Mantap Hadapi Juve di Leg 1 16 Besar Liga Champions

Atletico tak pernah kalah dari tim Italia

Pertandingan leg pertama babak 16 besar Liga Champions akan 'ditutup' dengan big match di Kota Madrid. Atletico Madrid akan menjamu tim penguasa Liga Italia, Juventus di Estadio Metropolitano, Rabu (20/2/1019) malam waktu setempat atau Kamis (21/2/2019) dini hari waktu Indonesia.

Meski berstatus sebagai tim tamu, Juventus lebih diunggulkan. Terlebih, mereka punya Cristiano Ronaldo yang sudah akrab dengan Atletico karena sudah pernah 31 kali menghadapi Atletico ketika berseragam Real Madrid. Namun, Atletico punya beberapa 'senjata' yang membuat mereka pede bisa mengalahkan Juventus. Apa saja?

1. Atletico tidak pernah kalah ketika menghadapi tim Italia di kompetisi Eropa

4 Alasan Atletico Mantap Hadapi Juve di Leg 1 16 Besar Liga Championstwitter.com/Atleti

Atletico Madrid pantas percaya diri ketika menghadapi Juventus di leg pertama babak 16 besar Liga Champions malam nanti. Penyebabnya, Atletico punya rekor bagus setiap kali bertemu tim Italia di kompetisi Eropa. Ya, menghadapi tim-tim Italia di kompetisi Eropa bukanlah hal baru bagi Atletico Madrid. Mereka sudah sembilan kali menghadapi tim Italia.

Nah, yang luar biasa, Atletico tidak pernah kalah ketika bertemu tim Italia. Dalam sembilan pertemuan (enam diantaranya terjadi di Liga Champions) tersebut, Los Colchoneros--julukan Atletico Madrid, menang 7 kali (empat diantaranya terjadi di Liga Champions) dan bermain imbang 2 kali seperti dikutip dari uefa.com.

Atletico Madrid bahkan pernah bertemu Juventus di fase grup Liga Champions musim 2014/14. Hasilnya, dalam dua kali pertemuan, Atletico menang 1-0 di kandang dan bermain 0-0 di markas Juventus. Bagaimana kali ini?

2. Di Liga Champions musim ini, Atletico tidak terkalahkan di kandang sendiri

4 Alasan Atletico Mantap Hadapi Juve di Leg 1 16 Besar Liga Championstwitter.com/Atleti

Bermain di kandang sendiri, Atletico Madrid memang layak optimistis untuk meraih hasil bagus. Sebab, tim asuhan Diego Simeone ini memang kerapkali tampil hebat ketika bermain di depan pendukung mereka.

Di penyisihan grup Liga Champions musim 2018/19 ini, dari tiga laga home, Atletico tidak terkalahkan. Antoine Griezmann dan kawan-kawan menang 3-1 atas Club Brugge (Belgia), menang 2-0 atas Borussia Dortmund (Jerman) dan juga 2-0 atas AS Monaco (Prancis).

Bahkan, rekor apik Atletico di kandang tersebut semakin panjang bila merujuk data Opta Stats. Atletico tidak terkalahkan dalam 12 pertandingan di babak knocu out Liga Champions (menang 7 kali dan imbang 5 kali). Malah, dalam 10 laga terakhir di fase knock out, gawang Atletico hanya kemasukan satu gol. Yakni gol Isco saat bertemu Real Madrid pada semifinal, Mei 2017 seperti dikutip skysports.com.

Mungkinkah rekor apik Atletico tersebut akan berlanjut ataukah akan dirusak oleh Juventus pada pertandingan nanti?

Baca Juga: Fabio Capello Yakin Manchester City Juara Liga Champions

3. Atletico punya motivasi ekstra karena markas mereka jadi venue final Liga Champions 2019

4 Alasan Atletico Mantap Hadapi Juve di Leg 1 16 Besar Liga Championsuefa.com/uefachampionsleague

Atletico Madrid juga akan tampil dengan semangat berlipat di Liga Champions musim ini. Pasalnya, markas mereka, Wanda Metropolitano terpilih sebagai venue final Liga Champions 2018/19. Atletico pastinya sangat berharap bisa menjadi kontestan final di rumah mereka sendiri. Itu akan menjadi harapan semua fans Atletico.

Fakta itulah yang membuat Atletico akan tampil bersemangat kala menjamu Juventus. Mereka ingin lolos ke perempat final. Dan, bila ingin lolos ke perempat final, tentunya harus meraih hasil bagus di leg I babak 16 besar sebagai bekal meladeni Juve di Turin pada pertengahan Maret mendatang.

"Tentu saja, fakta final akan digelar di stadion kami, di kota kami dan di depan fans kami, membuat kami sangat terinspirasi. Namun, kami tentunya tidak sekadar ingin membayangkan. Kami akan membuktikan memang pantas berada di sana (final)," ujar pelatih Atletico, Diego Simeone dikutip dari skysports.com.

4. Diego Costa pulih dari cidera, lini depan Atletico bakal menakutkan

4 Alasan Atletico Mantap Hadapi Juve di Leg 1 16 Besar Liga Championstwitter.com/Atleti

Diego Simeone semakin percaya diri saat menyambut Juventus di pertandingan nanti karena dia akan kembali bisa memainkan salah satu pemain penting. Setelah lama dibekap cedera, penyerang andalan Atletico, Diego Costa, kini sudah pulih dari cedera. Penyerang galak kelahiran Brasil ini sudah tampil 30 menit saat Atletico mengalahkan Rayo Vallecano 1-0 di Liga Spanyol pada akhir pekan kemarin seperti dikutip dari soccerway.com.

Kehadiran Diego Costa tentunya menambah kekuatan Atletico di lini depan. Sebab, tipikal Costa yang ngotot dan berani berduel, akan menjadi senjata ampuh Atletico untuk menghadapi bek-bek berpengalaman Juventus.

Selain itu, Atletico juga mengandalkan Antoine Griezman yang di Liga Champions musim ini telah membuat 6 gol dan 3 assisst. Atletico juga punya 'senjata rahasia' bernama Alvaro Morata yang merupakan mantan penyerang Juve dan baru bergabung di bursa transfer pemain Januari kemarin.

Menarik ditunggu, dengan semua catatan apik tersebut, apakah Atletico Madrid mampu mengalahkan Juventus di kandang sendiri pada leg pertama babak 16 besar. Atau malah Juventus yang datang bersama Cristiano Ronaldo, bisa berpesta di markas Atletico.

Baca Juga: On Fire, 6 Tim Ini Siap Tempur di Leg I 16 Besar Liga Champions

Hadi Santoso Photo Verified Writer Hadi Santoso

cinta menulis seperti mencintai sepak bola dan bulutangkis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya