Hujan Tujuh Gol, Ini 4 Fakta Kemenangan Liverpool atas Crystal Palace

Mo Salah kini pimpin daftar top skor

Pimpinan klasemen Liga Inggris, Liverpool, menghadapi laga seru bak film thriller kala menjamu Cystal Palace di pekan ke-23 Liga Inggris, Sabtu (23/1/2019) malam. Tujuh gol tercipta dalam pertandingan tempo cepat yang akhirnya dimenangi oleh Liverpool tersebut.

Kemenangan ini tentunya sangat berharga bagi Liverpool dalam upaya memburu gelar Premier League musim ini. Berikut beberapa fakta penting kemenangan Liverpool atas Crystal Palace.

1. Sempat tertinggal di babak pertama, Liverpool mengamuk di babak kedua dan mencetak empat gol

Hujan Tujuh Gol, Ini 4 Fakta Kemenangan Liverpool atas Crystal Palacetwitter.com/LFC

Tampil dengan tim terbaik, termasuk trio Mo Salah, Sadio Mane dan Roberto Firmino, Liverpool langsung mengepung pertahanan Crystal Palace di awal pertandingan. Peluang demi peluang didapat The Reds. Namun, tidak ada yang berbuah gol. Pertahanan palace yang dikawal mantan bek Liverpool, Mamadou Sakho, tampil disiplin. Malah, Palace unggul lebih dulu lewat Andros Towsend di menit ke-34. Skor 0-1 untuk tim tamu ini bertahan hingga akhir babak pertama.

Entah apa yang disampikan pelatih Liverpool, Juergen Klopp di ruang ganti, di babak kedua, laga baru satu menit, Liverpool sudah bisa menyamakan skor lewat gol Mo Salah. Liverpool berbalik unggul lewat gol Firmino di menit ke-53. Toh, Palace mampu menyamakan skor lewat James Tomkins di menit ke-65. Liverpool kembali unggul lewat Mo Salah di menit ke-75.

Tuan rumah bermain dengan 10 pemain setelah James Milner mendapat kartu kuning kedua di menit ke-89. Toh, Mane membuat Liverpool unggul dua gol di menit ke-93. Di penghujung laga, Max Meyer membuat Palace memperkecil skor jadi 4-3.

Kemenangan ini membuat Liverpool semakin kokoh di puncak klasemen Liga Inggris dengan raihan 60 poin dari 23 pertandingan. Liverpool unggul 7 poin dari Manchester City yang baru akan bermain malam nanti melawan tuan rumah Huddersfield.

Baca Juga: Kalahkan Brighton 2-1, Manchester United Menang 7 Laga Beruntun

2. Pertama kali kemasukan tiga gol di musim ini, Juergen Klopp soroti lini pertahanan Liverpool

Hujan Tujuh Gol, Ini 4 Fakta Kemenangan Liverpool atas Crystal Palacetwitter.com/CPFC

Tidak biasanya, lini pertahanan Liverpool bermain kedodoran seperti tadi malam. Biasanya, pertahanan Liverpool yang digalang Virgil van Dijk, tampil solid. Faktanya, dari 23 pertandingan, The Reds mencatat 13 kali cleen sheet alias tidak kemasukan gol. Namun, saat melawan Crystal Palace, lini pertahanan Liverpool seperti mudah ditembus.

Ini merupakan untuk kali pertama di musim 2018/19 ini, gawang Liverpool yang dikawal kiper asal Brasil, Alisson Becker, kemasukan tiga gol dalam satu pertandingan. Sebelumnya, Liverpool maksimal kemasukan dua gol seperti saat kalah pertama kali, 2-1 dari Manchester City pada 4 Januari lalu.

Dikutip dari website resmi klub, Pelatih Liverpool, Juergen klopp menyebut timnya harus membenahi penampilan di lini belakang, utamanya mengisi posisi full back kiri ketika Andy Robertson ikut menyerang. Dia juga menyoroti beberapa pelanggaran yang membuat Palace mendapatkan tendangan bebas.

"Ada cukup banyak set pieces yang bisa mereka maksimalkan. Terutama yang menjadi awal terciptanya gol mereka untuk menyamakan skor 2-2. Kami harus memperbaiknya. Terlepas dari itu, ada banyak cara untuk memenangi pertandingan. Yang jelas saya gembira dengan hasil ini," ujar Klopp dikutip dari 

3. Mo Salah mencetak 50 gol di Liga Inggris dan kini memimpin daftar top skor sementara

Hujan Tujuh Gol, Ini 4 Fakta Kemenangan Liverpool atas Crystal Palacetwitter.com/LFC

Gol kedua Mo Salah ke gawang Crystal Palace yang membuta Liverpool unggul 3-2 di pertandingan ini, merupakan gol ke-50 penyerang asal Mesir ini di Premier League. Salah menyamai pencapaian penyerang Liverpool terdahulu, Fernando Torres yang juga mencetak 50 gol dalam 72 penampilan.

Salah menjadi pemain tercepat keempat yang bisa mencetak 50 gol di Liga Inggris. Di atasnya ada eks striker Manchester United, Ruud van Nistelrooy yang mencetak 50 gol dalam 68 penampilan pada 23 Agustus 2003, lalu Alan Shearer melakukannya dalam 66 penampilan pada 10 September 1994, dan pemain tercepat adalah Andy Cole yang melakukannya dalam 65 penampilan pada 4 Maret 1995.

Juergen Klopp mengatakan, pencapaian gol itu menjadi bukti kualitas Salah yang disebutnya sebagai pemain kelas dunia. Menurut Klopp, pemain terbaik Afrika 2017 dan 2018 ini mungkin saja bisa mencetak 50 gol lebih cepat bila dirinya tidak memainkan Salah sebagai pemain sayap. Di laga melawan Palace, Salah memang dimainkan sebagai penyerang tengah dan membuat dua gol.

"Mungkin itu salah saya. Tetapi, itu tidak buruk. Dia juga tahu itu. Ini win-win solution bagi dia dan juga tim," sebut Klopp dikutip dari Liverpoolfc.com.

Yang jelas, dengan tambahan dua gol tersebut, Mo Salah kini memimpin daftar top skor Liga Inggris dengan 16 gol, unggul dari Pierre Aubameyang (Arsenal) dan Harry Kane (Tottenham) yang sama-sama mencetak 14 gol.

4. Tidak tampil di Piala FA dan Piala Liga, Liverpool diuntungkan dengan 'jeda kompetisi' pada pekan depan

Hujan Tujuh Gol, Ini 4 Fakta Kemenangan Liverpool atas Crystal Palacetwitter.com/LFC

Di pertandingan berikutnya, Liverpool akan menjamu tim juara Liga Inggris 2015/16, Leicester City di Anfield pada 31 Januari mendatang. Artinya, pekan depan, Liverpool akan mendapatkan jeda alias tidak bermain dalam agenda Piala FA dan Piala Liga (Carabao Cup) karena sudah tersingkir. Ada jeda waktu 11 hari bagi Liverpool sebelum kembali tampil.

Oleh Juergen Klopp, jeda 11 hari tersebut dianggapnya sebagai keuntungan besar bagi Liverpool. Sebab, jeda tersebut memberikan kesempatan bagi beberapa pemain Liverpool yang mengalami cedera, agar bisa pulih.

Beberapa pemain Liverpool yang bermasalah dengan cedera diantaranya Trent Alexander Arnold dan Georginio Wijnaldum. Dua pemain ini tidak dimainkan Klopp saat melawan Palace. Posisinya digantikan James Milner dan Naby Keyta. Fabinho juga mengalami cedera saat melawan Palace.

"Akan menjadi tantangan berat seandaianya kami harus tampil pada Rabu atau Sabtu nanti. Tapi kini mereka bisa beristirahat dan menjalani recovery. Terutama mereka yang selalu bermain. Meski, kami tentunya tidak akan benar-benar beristirahat. kami akan terus berlatih untuk persiapan melawan Leicester," ujar Klopp.

Bila Liverpool mendapatkan jeda, pesaing terdekatnya, Machester City akan tetap turun bermain. City akan tampil di Piala Liga melawan Burtn Albion pada 24 Januari dam melawan Burnley di Piala FA pada 26 Januari. Mungkinkah ini menjadi keuntungan besar bagi Liverpool dalam perburuan gelar Liga Inggris?

Baca Juga: Son Heung-Min Dapat Hinaan Rasis, Tottenham Selidiki Fansnya Sendiri

Hadi Santoso Photo Verified Writer Hadi Santoso

cinta menulis seperti mencintai sepak bola dan bulutangkis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya