Comscore Tracker

4 Fakta Man City Pesta Setengah Lusin Gol ke Gawang Chelsea

Penampilan City semakin mengerikan

Manchester City tampil mengerikan saat menjamu Chelsea di Etihad pada lanjutan Liga Premier Inggris, Minggu (10/2/2018) malam. The Citizen tampil ganas dan menjadikan gawang Chelsea sebagai 'sasaran tembak'. Man City menang setengah lusin gol tanpa balas.

Pesta gol Manchester City ke gawang Chelsea ini ternyata punya banyak makna. Berikut beberapa makna dan fakta penting dari kemenangan setengah lusin gol Manchester Biru atas Chelsea.

1. Kemenangan terbesar City di Liga Inggris musim ini, dianggap penampilan terbaik sejak dilatih Pep Guardiola

4 Fakta Man City Pesta Setengah Lusin Gol ke Gawang Chelseatwitter.com/BernardoCSilva

Rasanya tidak ada yang menyangka bila Manchester City mampu menang 6-0 atas Chelsea (10/2). Sebab, Chelsea datang ke markas City dengan bekal kemenangan 5-0 Huddersfued di pekan lalu plus hadirnya duet Gonzalo Higuain-Eden Hazard. Apalagi, Chelsea merupakan tim pertama yang mengalahkan City di musim ini lewat kemenangan 2-0 di London pada 9 Desember 2018 lalu. Namun, yang terjadi kali ini, City tampil ganas sejak menit awal.

Raheem Sterling mengawali pesta gol City di menit ke-4. Dia pula yang menutup pesta gol City di menit ke-80. Sergio Aguero mencetak hat-trick di menit ke-13, 19, dan penalti di menit ke-56. Plus, satu gol dari Ilkay Gundogan di menit ke-25.

Website resmi Manchester City menyebut kemenangan 6-0 atas Chelsea tersebut merupakan salah satu penampilan terbaik City sejak Pep Guardiola datang melatih pada awal musim 2016/17 lalu.

"Saya tidak menyangka kami bisa mencetak gol sebanyak ini ke gawang Chelsea. Namun, kami bermain luar biasa. Saya perlu memuji pemain-pemain saya. Mereka tampil luar biasa," ujar Pep Guardiola dikutip dari BBC.

Dan memang, skor 6-0 ini merupakan kemenangan terbesar City di Liga Inggris musim ini. Sebelumnya, City memang pernah menang dengan skor lebih besar. Tetapi itu terjadi di Piala FA (7-0 atas Rotherham United) dan 9-0 atas Burton Albion di semifinal Carabao Cup.

2. City Kembali ke puncak klasemen, menggeser Liverpool

4 Fakta Man City Pesta Setengah Lusin Gol ke Gawang Chelseatwitter.com/fernandinho

Man.City mengawali pertandingan melawan Chelsea dengan fakta mereka tergeser dari puncak klasemen. Sehari sebelumnya, kKemenangan Liverpool 3-0 atas Bournemouth, Sabtu (9/2) membuat City melorot ke peringkat dua. Namun, sehari kemudian, City kembali memimpin klasemen lewat kemenangan sensasional atas Chelsea.

City kini mengoleksi 65 poin, sama dengan Liverpool. Tetapi, City lebih unggul dalam produktivitas gol atas Liverpool (surplus 54 berbanding surplus 44 gol) seperti dikutip dari https://www.premierleague.com/tables. Liga Inggris memang memprioritaskan selisih gol bila ada dua tim yang memiliki poin sama.

Meski begitu, City memainkan pertandingan lebih banyak ketimbang Liverpool. City sudah bermain 27 kali. Sementara Liverpool masih 26 kali bermain. Di pekan berikutnya, Liverpool akan away ke Old Trafford, menghadapi Manchester United (24/2). City memang bermain lebih dulu karena dalam dua pekan ke pekan ke depan, mereka tidak akan tampil di Liga Inggris. City akan tampil di Piala FA (17/2) dan final Carabao Cup (24/2).

 

Baca Juga: 4 Inspirasi dari Sukses Manchester City Kembali ke Puncak Liga Inggris

3. Aguero menyamai jumlah hattrick Alan Shearer di Liga Inggris

4 Fakta Man City Pesta Setengah Lusin Gol ke Gawang Chelseatwitter.com/ManCity

Sergio Aguero kembali jadi sorotan. Penyerang asal Argentina ini menciptakan hat-trick (tiga gol dalam satu pertandingan) ke gawang Chelsea. Ini merupakan hattrick ke-15 Aguero di semua kompetisi dan hat-trick ke-11 nya di Liga Inggris. Aguero kini menyamai pencapaian penyerang legendaris, Alan Shearer sebagai pemegang rekor terbanyak hattrick di Liga Inggris.

Dalam wawancara dengan City TV, Aguero menyebut pertandingan melawan City tersebut merupakan salah yang terbaik sejak dirinya bermain untuk tim Manchester Biru. Dia semakin puas karena hasilnya luar biasa.

"Tentu saja saya gembira untuk hat-trick dan juga membuat rekor baik di Premier League maupun untuk klub. Kini, hal terpenting adalah mencoba mengakhiri musim dengan hasil terbaik dan memenangi trofi," jelas Aguero dikutip dari situs resmi klub.

4. City bersiap hadapi tiga pertandingan penting dalam waktu sepekan

4 Fakta Man City Pesta Setengah Lusin Gol ke Gawang Chelseatwitter.com/DeBruyneKev

Kemenangan ini juga menjadi persiapan ideal bagi Manchester City untuk menghadapi jadwal padat dalam sepekan ke depan. Selama sepekan ke depan, City akan tampil di tiga pertandingan. Dimulai tampil di putaran V Piala FA. City akan mengadapi tuan rumah Newport County pada Sabtu (16/2/2019).

Di atas kertas, City jelas lebih diunggulkan atas tim kontestan League Two (Divisi III di Liga Inggris di bawah Championship dan League One). Bahkan, bukan tidak mungkin City akan kembali pesta gol seperti ketika menang 5-0 atas Burnley di babak sebelumnya.

Empat hari setelah tampil di Piala FA, Man.City akan turun di Liga Champions. Mereka akan menghadapi tim Jerman, Schalke 04 di leg pertama babak 16 besar. City akan bermain away pada Rabu (20/2/2019). Lalu, City akan kembali berjumpa Chelsea di final Carabao Cup (24/2).

"Saya pikir, final Carabao Cup nanti akan jauh lebih ketat. Sebab, Chelsea pastinya ingin bereaksi setelah kekalahan ini. Karena itu, kami harus menganalisas penampilan kami hari ini," ujar Guardiola.

Penampilan mengerikan Manchester City tentunya membuat bahagia suporter mereka. Dan tentunya, membuat persaingan memperebutkan gelar Liga Inggris musim 2018/19 ini akan semakin seru. City masih memiliki 11 laga. Sementara Liverpool punya 12 laga. Siapa yang akhirnya juara?

Baca Juga: Carabao Cup: Menangkan Derbi London, Chelsea Tantang Man City di Final

Hadi Santoso Photo Verified Writer Hadi Santoso

cinta menulis seperti mencintai sepak bola dan bulutangkis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You