4 Tim Peserta Liga Champions 2018/19 Ini Punya Pelatih Baru

Menarik ditunggu bagaimana kiprah mereka di musim depan

Kompetisi musim 2017/18 di liga-liga sepak bola Eropa telah berakhir dengan memunculkan juara di masing-masing negara. Menariknya, beberapa tim top Eropa langsung berbenah guna menyambut kompetisi musim 2018/19 yang rata-rata akan dimulai pada pertengahan Agustus mendatang.

Tidak hanya mendatangkan pemain baru, beberapa tim top bahkan mengganti pelatih untuk menghadapi musim 2018/19. Termasuk tim-tim yang akan tampil di Liga Champions. Berikut empat tim peserta Liga Champions 2018/19 yang memiliki pelatih baru.

1. Bayern Munchen rekrut mantan pemainnya jadi pelatih

4 Tim Peserta Liga Champions 2018/19 Ini Punya Pelatih Barutwitter.com/bet365

Juara Bundesliga Jerman musim 2017/18, Bayern Munchen kini punya pelatih baru. Bayern merekrut mantan pemain mereka, Niko Kovac sebagai pengganti pelatih senior, Jupp Heynckes. Pria berusia 46 tahun ini akan mulai melatih Bayern per 1 Juli 2018 seperti dikutip dari theguardian.com.

Kovac sebelumnya melatih klub Eintracht Frankfurt dan sukses meraih gelar DFB Pokal alias Piala Jerman dengan mengalahkan Bayern di final. Pria kelahiran Berlin tapi berkebangsaan Kroasia ini juga pernah melatih tim Kroasia U-21. Di Bayern, Kovac yang pernah menjadi pemain pada 2001-2003, tidak hanya diharapkan bisa membawa Bayern merajai Bundesliga, tetapi juga berprestasi di Liga Champions musim depan.

"Saya pikir dua punya latar belakang yang bagus. Dia seorang pekerja keras, inovatif, tahu caranya berbicara kepada publik dan juga cinta sepak bola. Bayern telah membuat keputusan tepat," ujar Jupp Heynckess seperti dikutip dari uefa.com.

2. PSG kini dilatih pelatih yang doyan strategi menyerang

4 Tim Peserta Liga Champions 2018/19 Ini Punya Pelatih Baruwww.estadio.ec

Klub juara Ligue 1 Prancis musim 2017/18, Paris Saint Germain (PSG), juga punya pelatih baru. Mantan pelatih Borussia Dortmund, Thomas Tuchel yang dikenal memiliki strategi ofensif (menyerang) ini dipilih untuk menggantikan Unai Emery. Tuchel, pria Jerman berusia 44 tahun, dikontrak selama dua tahun.

"Thomas salah satu pelatih terbaik dan kompetitif di Eropa. Dia punya prinsip bermain menyerang yang diinginkan PSG," ujar presiden klub PSG, Nasser Al-Khelaifi yang berharap Tuchel bisa membawa PSG jadi juara Liga Champions.

Dalam rilis resmi yang dikeluarkan PSG, Tuchel mengaku tidak sabar untuk segera memulai berlatih bersama pemain-pemain PSG yang menurutnya termasuk dalam deretan pemain terbaik di dunia. "Paris Saint Germain punya potensi besar dan juga prospek paling menarik di sepak bola. Merupakan kebanggaan bisa melatih klub ini," ujar Tuchel.

3. Carlo Anceloti melatih Napoli, bakal sukses di Liga Champions?

4 Tim Peserta Liga Champions 2018/19 Ini Punya Pelatih Barutwitter.com/NaplesAndNapoli

Runner-up Serie A Liga Italia 2017/18, Napoli merekrut pelatih berpengalaman, Carlo Ancelotti sebagai pelatih baru mereka. Pelatih yang pernah meriah dua trofi Liga Champions saat melatih AC Milan ini ditunjuk menggantikan Maurizio Sarri. Ancelotti menandatangani kontrak berdurasi tiga tahun dengan besaran gaji 5,27 juta pound (sekitar Rp 110 miliar) per musim seperti dikutip dari independent.co.uk.

Pengalaman panjang Ancelotti melatih klub-klub besar seperti Milan, Chelsea, Real Madrid, PSG dan Bayern Munchen, diharapkan membuat Napoli memiliki mental juara. Tak hanya di Serie A, tetapi juga di Liga Champions musim depan. Itu sesuatu yang belum terlihat di era Sarri. Seperti musim ini, Napoli yang sempat lama memimpin klasemen akhirnya hanya menjadi runner up di bawah Juventus.

4. Dortmund kini ditangani mantan pelatih Mario Balotelli

4 Tim Peserta Liga Champions 2018/19 Ini Punya Pelatih Barutwitter.com/DeadlineDayLive

Tim juara Liga Champions 1997, Borussia Dortmund yang musim ini ada di peringkat 4 Bundesliga dan meraih tiket terakhir ke Liga Champions musim depan, juga punya pelatih baru. Dortmund merekrut pelatih senior, Lucien Favre untuk menggantikan pelatih sebelumnya Peter Stoger.

Pria berusia 60 tahun ini dikontrak selama dua tahun. Favre yang musim lalu menangani klub Prancis, Nice yang diperkuat Mario Balotelli bukanlah orang baru di Bundesliga. Dia pernah melatih Hertha Berlin dan Borussia Moenhenglabach.

Favre juga pernah membawa Nice lolos ke Liga Chmapions musim 2016/17 saat finish di urutan 3 Ligue 1 Prancis. Pendek kata, dia punya pengalaman melatih klub di Liga Champions.

"Menurut kami, dia pelatih yang memiliki kualitas teknik bagus yang telah dia perlihatkan di beberapa klub," ujar Sporting Director Dortmund, Michael Zorc dikutip dari skysports.com.

Hadi Santoso Photo Verified Writer Hadi Santoso

cinta menulis seperti mencintai sepak bola dan bulutangkis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya