Comscore Tracker

5 Tim Top yang Punya Jadwal Paling Sibuk di Bulan Februari

Siapa saja, adakah tim favoritmu?

Periode Februari akan menjadi periode sibuk bagi tim-tim top Eropa. Faktanya, beberapa tim-tim kuat di liga-liga top Eropa akan menghadapi jadwal padat selama bulan kedua di tahun 2019 ini.

Februari juga akan menjadi bulan menentukan bagi beberapa tim top apakah mereka bisa mengakhiri musim 2018/19 ini dengan raihan trofi. atau tidak Ya, hasil-hasil di periode sibuk ini akan sangat krusial. Berikut lima tim dengan jadwal paling sibuk selama Februari. Adakah tim idolamu?

1. Barcelona hadapi 7 laga dalam 25 hari, salah satunya el classico melawan Real Madrid

5 Tim Top yang Punya Jadwal Paling Sibuk di Bulan Februaritwitter.com/FCBarcelona

Barcelona masih berpeluang meraih tiga trofi di musim 2018/19 ini. Konsekuensinya, tim asuhan Ernesto Valverde ini harus menghadapi jadwal padat selama Februari ini. Hanya dalam rentang 25 hari, Lionel Messi dan kawan-kawannya akan tampil dalam 7 (tujuh) pertandingan.

Dimulai Minggu (3/2) dini hari, Barcelona akan menjamu Valencia di Camp Nou pada pekan ke-22 Liga Spanyol. Empat hari kemudian, Barcelona akan menghadapi rival klasik, Real Madrid di semifinal pertama Copa del Rey (7/2). Drawing semifinal yang digelar Jumat (1/2/) memang mengharuskan el classico terjadi semifinal seperti dikutip dari Marca.com. Laga semifinal kedua akan digelar pada 27 Februari di Santiago Bernabeu.

Selain itu, Barcelona juga akan tampil di leg pertama babak 16 besar Liga Champions melawan tim Prancis, Olympique Lyon pada 20 Februari. Serta, tiga laga lainnya di Liga Spanyol melawan Athletic Bilbao (11/2), Real Valladolid (17/2) dan Sevilla (24/2). Bisakah Barcelona meraih kemenangan 100 persen selama Februari?

2. Februari jadi penentu bisa tidaknya Real Madrid meraih trofi di musim ini

5 Tim Top yang Punya Jadwal Paling Sibuk di Bulan Februaritwitter.com/realmadrid

Lolos ke semifinal Piala Raja Spanyol juga membuat Real Madrid akan melakoni Februari yang supersibuk. Selain dua pertemuan melawan Barcelona di Copa del Rey, Madrid juga menghadapi empat laga di Liga Spanyol. Salah satunya bertemu tim sekota, Atletico Madrid pada 9 Februari. Selain itu, Los Blancos---julukan Madrid juga akan tampil di leg pertama babak 16 besar Liga Champions melawan tuan rumah Ajax Amsterdam (9/2).

Pelatih Real Madrid, Santiago Solari mengatakan, dengan posisi timnya di klasemen Liga Spanyol yang kini ada di peringkat 3 dengan 39 poin (tertinggal 10 poin dari Barcelona di puncak klasemen), tidak ada cara lain bagi Madrid selain terus menang bila ingin memperbaiki peringkat.

"Lawan-lawan kami pastinya akan termotivasi ketika mengadapi kami. Itu yang membuat pertandingan akan menjadi sulit. Kami harus sangat fokus di lapangan," sebut Solari.

Hasil di bulan Februari akan menentukan bagaimana peluang Madrid di La Liga Spanyol, bisa tidaknya lolos ke final Piala Raja serta peluang mempertahankan gelar di Liga Champions. Namun, merujuk pada posisi Real Madrid di klasemen Liga Spanyol yang kurang bagus, laga di Copa del Rey dan Liga Champions-lah yang akan sangat berpengaruh bagi bisa tidaknya Sergio Ramos dkk meraih trofi di musim ini.

Baca Juga: Penuh Lawan Berat, Inilah 4 Jadwal Pertandingan AC Milan Bulan Maret

3. Manchester City hadapi periode berat selama Februari

5 Tim Top yang Punya Jadwal Paling Sibuk di Bulan Februaritwitter.com/ManCity

Juara bertahan Liga Inggris, Manchester City juga harus menjalani jadwal padat di bulan Februari. City harus tampil dalam 7 pertandingan di empat ajang berbeda.

Di Liga Inggris, tim asuhan Pel Guardiola akan memainkan 4 pertandingan berat dalam upaya mengejar pimpinan klasemen Liverpool. Dimulai dengan menjamu Arsenal di pekan ke-25, Minggu (3/2/2019), lalu Everton, Chelsea dan Bournemouth. City juga akan tampil di putaran V Piala FA, serta tampil menghadapi tim Jerman, Schalke 04 di leg pertama babak 16 besar Liga Champions pada 21 Februari.

Selain itu, Sergio Aguero dkk juga akan tampil di final Carabao Cup melawan Chelsea pada 24 Februari yang menjadi kesempatan untuk mempertahankan gelar sekaligus meraih trofi pertama di musim 2018/19 ini.

Dikutip dari website resmi klub, pelatih City, Pep Guardiola menyebut bila City ingin bersaing merebut trofi, tidak ada pilihan selain memenangi semua pertandingan di bulan Februari. "Masih ada banyak poin dan beberapa gelar yang bisa kami raih. Pekan depan akan berat karena kami akan menghadapi Arsenal, Everton dan Chelsea. Ini tantangan besar bagi kami. Jika kami ingin tetap berada di atas, kami harus mengatasi tantangan ini," ujar Guardiola dikutip dari Mancity.com.

4. Chelsea bisa meraih trofi di bulan Februari

5 Tim Top yang Punya Jadwal Paling Sibuk di Bulan Februaritwitter.com/ChelseaFC

Di Liga Inggris, Chelsea sudah kesulitan bersaing memperebutkan gelar. Di klasemen, mereka kini ada di posisi 4. Target realistis bagi The Blues kini adalah finish di posisi empat besar untuk lolos ke Liga Champions musim depan.

Meski begitu, Chelsea masih berpeluang memenangi tiga trofi di kompetisi lainnya, yakni Piala FA, Carabao Cup dan Europa League. Dan pertaruhannya akan terjadi di bulan Februari ini. Di Carabao Cup, Chelsea akan tampil di final menghadapi Manchester City (24/2) di Wembley. Sebelumnya, Chelsea akan menghadapi Manchester United di putaran V Piala FA pada 19 Februari.

Sementara di Europa League, Chelsea akan menghadapi klub Swedia, Malmo FF di laga babak 32 besar pada 15 dan 22 Februari seperti dikutip dari Soccerway.com.

Bila ditotal, selama Februari ini, Chelsea akan turun dalam 7 pertandingan. Selain empat laga di Piala FA, Carabao Cup dan Europa League, The Blues juga memiliki tiga jadwal tanding di Liga Inggris. Dan, Chelsea mampu mengawalinya dengan manis lewat kemenangan meyakinkan 5-0 atas Huddersfield, Sabtu (2/2/2019) malam. Jadwal lainnya yakni bertemu Manchester City di pekan depan(10/2) dan Tottenham Hotspur (28/2).

5. Masih tampil di tiga kejuaraan, Lazio menjadi tim Italia yang paling sibuk

5 Tim Top yang Punya Jadwal Paling Sibuk di Bulan Februaritwitter.com/OfficialSSLazio

Lazio kini menjadi satu-satunya tim Italia yang masih bertahan alias memiliki harapan di tiga kompetisi yang mereka jalani di musim 2018/19. Yakni di Liga Serie A Italia, Coppa Italia dan Europa League. Selama Februari ini, Lazio menjadi satu-satunya tim Italia yang paling sibuk dengan akan melakoni tujuh pertandingan.

Tujuh pertandingan tersebut yakni empat laga di Liga Italia yang dimulai menghadapi tuan rumah Frosinone, Senin (4/2/2019), berlanjut menghadapi Empoli (8/2/) di pekan depan, away ke Genoa (17/2) dan menjamu Udinese (26/2). Selain itu, Lazio akan turun di dua pertandingan babak 32 besar Europa League dengan menghadapi tim Spanyol, Sevilla pada 15 dan 21 Februari. Serta, menghadapi AC Milan di semifinal pertama Coppa Italia pada 27 Februari 2019 seperti dikutip dari football-italia.net.

Pelatih Lazio, Simone Inzaghi memuji pemain-pemainnya yang memperlihatkan karakter pemenang. Terutama ketika mengalahkan Inter Milan di perempat final Coppa Italia (1/2/2019) di San Siro lewat adu penalti. "Pertandingan di Coppa Italia dan Europa League akan sangat penting. Namun, sekarang kami akan fokus di Serie A," ujar Simone.

Menghadapi pertandingan padat selama Februari dalam waktu yang berdekatan, sebuah tim tentunya dituntut memiliki kesiapan maksimal. Pelatih harus benar-benar jeli mengatur rotasi pemain yang dimainkan setiap pertandingan demi menghindari kemungkinan pemain cidera.

Baca Juga: Hasil Semifinal Leg Kedua Copa Italia: AC Milan & Juventus Bertemu

Hadi Santoso Photo Verified Writer Hadi Santoso

cinta menulis seperti mencintai sepak bola dan bulutangkis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

JADWAL SALAT & IMSAK

23
MEI
2019
18 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 23 May 2019 16:00:04

Progress: 768.027 dari 813.350 TPS (94.42761%)

Just For You