Karena 4 Faktor Ini, Brasil Layak jadi Favorit Juara Dunia 2018

Siapa yang setuju Brasil juaranya?

Timnas Brasil akan tampil di Piala Dunia 2018 Rusia dengan satu tujuan. Yakni memburu gelar juara dunia keenam. Bukan target yang mudah. Sebab, ada cukup banyak tim-tim kuat seperti Jerman, Argentina, Spanyol dan Prancis yang juga mengejar gelar juara.

Namun juga bukan target yang mustahil untuk diwujudkan. Sebab, Timnas Brasil kini menapaki "jalan yang benar" untuk menjadi juara di Rusia. Berikut empat fakta yang membuat Timnas Brasil layak menjadi unggulan utama juara di Piala Dunia 2018.

1. Meraih hasil sempurna di pertandingan uji coba

Karena 4 Faktor Ini, Brasil Layak jadi Favorit Juara Dunia 2018oglobo.globo.com

Timnas Brasil meraih hasil sempurna dalam beberapa pertandingan uji coba yang mereka lakoni. Terakhir, Tim Samba--julukan Brasil, menang telak 3-0 atas Austria dalam pertandingan persahabatan di Wina, Austria, Minggu (10/6/2018) malam waktu setempat.

Tiga gol kemenangan Brasil ke gawang Austria dicetak Gabriel Jesus di menit ke36, Neymar menit ke-63 dan Philippe Coutinho di menit ke-69, seperti dikutip dari Skysports.com.

Sebelumnya, Brasil menang atas Kroasia di laga uji coba 3 Juni 2018 lalu dan di bulan Maret lalu menang atas Jerman dan Rusia. Kemenangan atas Austria menjadi 'pemanasan terakhir jelang tampil di Piala Dunia 2018.

Brasil yang berada di Grup E, akan mengawali 'kampanye' memburu gelar dengan menghadapi Swiss pada 17 Juni 2018. Selain Swiss, Brasil juga satu grup dengan Kosta Rika dan Serbia.

2. Come back-nya Neymar dan 'kaya' penyerang berkualitas  

Karena 4 Faktor Ini, Brasil Layak jadi Favorit Juara Dunia 2018twitter.com/tv3_ghana

Kekhawatiran yang sempat melanda Brasil seiring cederanya Neymar pada Februari 2018 lalu, kini sudah lewat. Neymar sudah bugar dan siap tampil di Piala Dunia 2018, seperti dikutip dari Goal.com.

Faktanya, tampil di dua pertandingan, Neymar selalu mencetak gol. Dia mencetak satu gol ke gawang Kroasia pada uji coba 3 Juni 2018 lalu yang menjadi come back nya ke Timnas Brasil. Dan, tadi malam, Neymar mencetak gol cantik lewat skill driblle yang mengelabui bek-bek Austria.

Kembalinya Neymar yang akan menjadi ruh permainan Brasil, jelas membuat Timnas Brasil semakin percaya diri untuk memburu gelar. Apalagi, Neymar tidak sendirian. Kali ini, Brasil juga punya beberapa pemain yang piawai mencetak gol.

Seperti Gabriel Jesus yang kini mencetak 10 gol, juga ada Roberto Firmino, Philippe Coutinho dan Willian Borges.

 3. Brasil punya pertahanan super kokoh

Karena 4 Faktor Ini, Brasil Layak jadi Favorit Juara Dunia 2018twitter.com/braziledition

Di setiap Piala Dunia, Brasil hampir selalu memiliki barisan penyerang mengerikan. Semisal duet Romario-Bebeto saat jadi juara dunia 1994 lalu trio Ronaldo Luiz, Rivaldo dan Ronaldinho saat juara dunia 2012.

Kini, Brasil punya Neymar, Gabriel Jesus dan Coutinho. Namun, tidak selalu Brasil punya bek-bek kelas dunia.

Nah, di Piala Dunia kali ini, pertahanan Brasil dikawal kwartet pemain hebat yang main di klub-klub top Liga Eropa. Yani Thiago Silva (Paris Saint Germain) dan Miranda (Inter Milan) menjadi duet bek tengah, lalu Marcelo (Real Madrid) dan Danilo (Manchester City). Plus, kiper yang tengah jadi buruan klub-klub top Eropa, Alisson (AS Roma).

Bukti tangguhnya pertahanan Brasil, dalam empat laga uji coba di tahun 2018, mereka belum pernah kemasukan gol. Yakni menang 3-0 atas Austria pada Minggu (10/6/2018), 2-0 atas Kroasia hari Minggu (3/6/2018), 1-0 atas Jerman dan 3-0 atas Rusia, seperti dikutip dari Soccerway.com.

4. Faktor sejarah pernah juara di Piala Dunia yang digelar di Eropa

Karena 4 Faktor Ini, Brasil Layak jadi Favorit Juara Dunia 2018twitter.com/Independent

Dan, Piala Dunia juga bukan hanya soal kualitas tim. Tetapi juga pengalaman dan sejarah. Sebagai informasi, Piala Dunia 2018 merupakan edisi ke-21, dan juga untuk ke-11 kalinya digelar di benua Eropa.

Sejarah mencatat, dari 11 kali Piala Dunia digelar di benua Eropa, juara nya didominasi tim-tim Eropa. Terakhir Italia melakukanya di Piala Dunia 2006 di Jerman, juga Prancis saat jadi juara di rumah sendiri pada 1998.

Hanya sekali, tim Eropa gagal jadi juara di 'rumah sendiri', yakni di Piala Dunia 1958 saat digelar di Swedia. Kala itu, Brasil tampil sebagai juara, seperti dikutip dari Britannica.com.

Ya, Brasil menjadi satu-satunya negara di luar Eropa yang bisa juara ketika Piala Dunia digelar di Eropa. Bukan tidak mungkin, 60 tahun berselang, pencapaian tahun 1958 itu bisa diulang Brasil di Rusia.

Hadi Santoso Photo Verified Writer Hadi Santoso

cinta menulis seperti mencintai sepak bola dan bulutangkis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya