Arsenal Nyaris Bernasib Seperti Barcelona di Perempat Final Europa League

Tapi akhirnya bisa lolos ke semifinal

Tim Inggris, Arsenal, memastikan lolos ke babak semifinal Europa League musim 2017/18. Arsenal akhirnya bisa mengakhiri leg kedua babak perempat final yang digelar, Jumat (13/4/2018) dini hari tadi dengan happy ending.

Namun, dalam periode satu jam pertandingan, Arsenal sempat dihantui nervous tingkat tinggi. Bagaimana jalannya pertandingan?

1. Sempat tertinggal 2-0, Arsenal nyaris jadi korban comeback CSKA Moskow

Arsenal Nyaris Bernasib Seperti Barcelona di Perempat Final Europa Leaguetwitter.com/EuropaLeague

Masih ingat dengan petaka Barcelona di perempat final Liga Champions yang unggul 4-1 di leg pertama tetapi kemudian jadi korban comeback usai kalah 0-3 dari AS Roma di leg kedua, Rabu (11/4/2018) kemarin? Arsenal nyaris mengalami nasib seperti itu di perempat final Europa League.

Sama seperti Barcelona, Arsenal juga meraih kemenangan 4-1 atas CSKA Moskow di perempat final leg pertama Europa League di kandang sendiri pada 6 April lalu. Nah, saat away ke markas CSKA di leg kedua perempat final, Jumat (13/4/2018) dini hari tadi, Arsenal sempat dihantui kecemasan tingkat tinggi.

Betapa tidak, hingga menit ke-50, Arsenal sudah tertinggal 2-0. CSKA berhasil memaksimalkan laga kandang dengan mencetak dua gol hingga menit ke-50 lewat Fedor Chalov di menit ke-39 dan Kirill Nababkin di menit ke-50 seperti dikutip dari bbc.com. Dengan keunggulan dua gol tersebut, bila CSKA Moskow mencetak satu gol lagi, dan unggul 3-0, cerita comeback dari ketertinggalan di leg pertama, akan menjadi sempurna.

2. Arsenal kemudian 'meledak' di 15 menit terakhir

Arsenal Nyaris Bernasib Seperti Barcelona di Perempat Final Europa Leaguetwitter.com/EuropaLeague

Namun, Arsenal rupanya enggan bernasib sial seperti Barcelona. Mereka ingin punya cerita sendiri. Dan, The Gunners--julukan Arsenal, akhirnya 'meledak' di 15 menit terakhir. Ya, tepat di menit ke-75, Arsenal bisa menghela nafas setelah Danny Welbeck mencetak gol usai meneruskan assist Mohamed Elneny.

Dengan skor 1-2, Arsenal berada di atas angin. Sebab, CSKA berarti harus mencetak dua gol lagi bila ingin menyamakan agregat.  Bukannya mencetak tambahan gol, gawang CSKA justru kembali jebol di penghujung pertandingan, tepatnya di menit ke-92. Arsenal mencetak gol kedua dan menyamakan skor lewat Aaron Ramsey, lagi-lagi berkata assist Elneny seperti dikutip dari soccerway.com.

Dengan skor 2-2, Arsenal pun berhak lolos ke semifinal dengan agregat 6-3. "Sebuah penampilan yang tidak membuat kami puas, tetapi kabar bagusnya, kami masih berada dalam jalur perebutan gelar," ujar gelandang Arsenal, Mesut Ozil di akun Twitter-nya @MesutOzil1088.

3. Kini menunggu hasil drawing penentuan lawan di semifinal

Arsenal Nyaris Bernasib Seperti Barcelona di Perempat Final Europa Leaguetwitter.com/8Fact_Footballl

Keberhasilan Arsenal lolos ke semifinal Europa League tentunya menjadi prestasi apik ketika penampilan mereka di Liga Inggris musim 2017/18, jauh dari kata bagus. Menurut akun Twitter Squawka Football @squawka, tampilnya Arsenal di semifinal kompetisi Eropa ini merupakan yang pertama sejak musim 2008/09.

Selain Arsenal, tiga tim lainnya yang lolos ke semifinal Liga Europa 2017/18 ada Olympique Marseille (Prancis), Atletico Madrid (Spanyol) dan Salzburg (Italia). Kini, Arsenal tinggal menunggu hasil drawing, siapa lawan yang akan mereka hadapi di semifinal.

Drawing akan digelar di Nyon, Swiss, pada Jumat (13/4/2018) siang waktu setempat atau Jumat (13/4/2018) petang waktu Indonesia seperti dikutip dari uefa.com.

Hadi Santoso Photo Verified Writer Hadi Santoso

cinta menulis seperti mencintai sepak bola dan bulutangkis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya