Ditonton Marc Marquez, Barcelona Pesta Gol di Piala Raja Spanyol

Barca membalik ketertinggalan dua gol di leg pertama

Jangan pernah meragukan kemampuan Barcelona untuk come back alias mengejar ketertinggalan. Kemampuan itu kembali diperagakan Barcelona saat memastikan lolos ke semifinal Copa del Rey alias Piala Raja Spanyol setelah menyingkirkan Sevilla, Rabu (30/1/2019) malam waktu setempat atau Kamis (31/1/2019) dini hari waktu Indonesia.

Yang menarik, kemenangan Barcelona itu disaksikan salah satu fans spesialnya, yakni juara dunia MotoGp, Marc Marquez. Berikut cerita lolosnya Barcelona ke semifinal Piala Raja Spanyol musim 2018/19?

1. Barcelona sukses membalik ketertinggalan 0-2 dengan mencetak setengah lusin gol ke gawang Sevilla

Ditonton Marc Marquez, Barcelona Pesta Gol di Piala Raja Spanyoltwitter.com/FCBarcelona

Barcelona menjamu Sevilla di Camp Nou pada perempat final kedua Piala Raja Spanyol (30/1) dengan tugas berat. Mereka harus membalik kekalahan 0-2 yang dialami di markas Sevlilla pada laga perempat final pertama, Kamis (24/1) tengah pekan kemarin. Yang terjadi, misi remontada alias come back itu bisa diwujudkan dengan mudah oleh Barcelona lewat kemenangan 6-1.

Barcelona yang tampil dengan trio Lionel Messi-Luis Suarez dan Philippe Coutinho, langsung unggul cepat di menit ke-13 lewat penalti Coutinho. Di menit ke-27, Sevilla sebenarnya punya peluang mencetak gol setelah mendapat hadiah penalti. Namun, penalti Ever Banega bisa digagalkan kiper Barca asal Belanda, Jesper Cillessen. Sejak itu, Barca mengontrol penuh jalannya pertandingan.

Ivan Rakitic membuat Barca unggul dua gol. Berlanjut gol Coutinho menit ke-53 dan Sergi Roberto menit ke-54, Barca pun unggul 4-0 dan agregat jadi 4-2. Sevilla memperkecil skor lewat Guilherme Arana di menit ke-67. Artinya, Sevilla butuh satu gol lagi untuk menyamakan agregat jadi 4-4. Namun, gol Messi di menit ke-89 dan Suarez menit ke-92, menamatkan harapan Sevilla seperti dikutip dari fcbarcelona.com.

Kemenangan 6-1 ini membuat Barcelona lolos ke semifinal Piala Raja Spanyol dengan agregat 6-3 atas Sevilla. Calon lawan Barcelona di semifinal adalah Valencia, Real Betis atau pemenang laga Real Madrid atau Girona yang baru dimainkan malam nanti.

2. Tidak sekali ini, Barcelona berhasil comeback dari ketertinggalan di leg pertama

Ditonton Marc Marquez, Barcelona Pesta Gol di Piala Raja Spanyoltwitter.com/FCBarcelona

Keberhasilan Barcelona come back dari ketertinggalan atas Sevilla di laga kedua perempat final Copa del Rey dini hari tadi seolah kisah yang berulang. Di kompetisi musim ini, bukan sekali ini, Barcelona mampu bangkit setelah sebelumnya tertinggal. Kisah serupa juga terjadi di babak 16 besar Piala Raja Spanyol.

Ya, di babak 16 besar, Barcelona juga sempat mengalami situasi tertinggal ketika menghadapi Levante. Mereka kalah 2-1 di markas Levante pada laga pertama (11/1/2019). Di laga kedua di Nou Camp yang digelar 18 Januari lalu, Barca mengamuk. Messi dkk menang 3-0 dan lolos ke perempat final dengan keunggulan agregat 4-2 seperti dikutip dari soccerway.com.

Kenapa Barca bisa dua kali kalah di laga pertama lantas kemudian come back di laga kedua? Karena memang, Barca menyimpan beberapa pemain inti ketika laga pertama. Seperti saat kalah dari Levante, Barca tidak diperkuat Messi, Suarez dan Ivan Rakitic.

Lalu ketika kalah dari Sevilla di laga pertama perempat final, Barca juga menyimpan Messi. Sementara Suarez dan Coutinho baru dimainkan di menit ke-63. Baru di laga kedua, ketika Messi bermain, Barca bisa membalik ketertinggalan.

Baca Juga: Remontada Barcelona, Hancurkan Sevilla di Camp Nou

3. Barcelona ukir rekor 9 kali beruntun ke semifinal Piala Raja Spanyol dan berpeluang meraih double winners seperti musim lalu

Ditonton Marc Marquez, Barcelona Pesta Gol di Piala Raja Spanyoltwitter.com/FCBarcelona

Keberhasilan lolos ke semifinal Copa del Rey membuat Barcelona mengukir rekor keren. Mereka selalu lolos ke semifinal Piala Raja Spanyol dalam sembilan tahun beruntun. Ini merupakan rekor terbaik klub. Sepanjang sejarah, Barca pernah dua kali lolos delapan kali beruntun selama periode 1924-2930 dan 1940-1946 seperti dikutip dari fcbarcelona.com.

Dan, keberhasilan lolos ke semifinal membuat tim asuhan Ernesto Valverde ini masih menjaga peluang untuk meraih dobel winner di liga domestik, yakni juara Liga Spanyol dan juara Copa del Rey seperti di musim 2017/18 lalu. Ya, selain berpeluang mempertahankan gelar Piala Raja Spanyol, Barcelona kini ada di pole position dalam perburuan gelar Liga Spanyol musim 2018/19.

Hingga pekan ke-21 Liga Spanyol, Barcelona masih memimpin klasemen dengan raihan 49 poin dari 15 kemenangan dan 4 kali bermain imbang. Barcelona unggul 5 poin dari tim peringkat dua, Atletico Madrid (44 poin) seperti dikutip dari marca.com.

Memang, kompetisi masih menyisakan 17 laga dan apapun masih bisa terjadi. Namun, selama konsisten, Barca berpeluang besar juara. Akhir pekan ini, Barcelona akan menghadapi laga berat di pekan ke-22. Messi dkk akan menjamu Valencia di Camp Nou, Minggu (3/2/2019).

4. Marc Marquez jadi saksi kemenangan Barcelona atas Sevilla di Camp Nou

Ditonton Marc Marquez, Barcelona Pesta Gol di Piala Raja Spanyolwww.instagram.com/marcmarquez93

Barcelona mendapatkan dukungan dari suporter istimewa saat mengalahkan Sevilla 6-1 di perempat final kedua Piala Raja Spanyol (30/1) tadi malam waktu Spanyol. Juara dunia MotoGp lima kali, Marc Marquez ikut hadir di tribun Camp Nou untuk menyaksikan langsung perjuangan Lionel Messi dkk untuk membalikkan ketertinggalan 0-2 di laga pertama. Marquez yang kelahiran Cervera, Spanyol ini memang penggemar berat Barcelona.

Di akun Instagramnya @marcmarquez93, juara dunia MotoGP 2013, 2014, 2016, 2017 dan 2018 ini dua kali memposting foto dirinya berada di tribun VIP Camp Nou bersama saudaranya, Alex Marquez dan juag ribuan fans Barca. Marquez menuliskan narasi singkat: Camp Nou. Postingan Marcquez tersebut lantas mendapatkan repons dari akun Instagram resmi Barcelona, "Sempre sou benvinguts al Camp Nou". Bila diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, maknanya adalah "Anda selalu disambut di Camp Nou".

Tidak sekali ini, Marcquez hadir menyaksikan Barcelona bermain. Ketika dirinya sedang jeda dari balapan, rider berusia 25 tahun ini acapkali menyempatkan waktu untuk menyaksikan tim idolanya bertanding. Kira-kira, bagaimana ekspresi Marquez ketika Barcelona mencetak gol ya?

Selamat untuk Barcelona atas keberhasilan lolos ke semifinal Piala Raja Spanyol. Malam nanti, Real Madrid akan menghadapi tuan rumah Girona dengan berbekal kemenangan 4-2 di lege pertama. Bila Madrid lolos, tentunya akan menarik menunggu pertemuan Barca-Madrid di babak-babak berikutnya.

Baca Juga: Barcelona Bikin Frenkie de Jong Jadi Pemain Termahal dari Belanda

Hadi Santoso Photo Verified Writer Hadi Santoso

cinta menulis seperti mencintai sepak bola dan bulutangkis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya