Comscore Tracker

Laga Boxing Day, Ini 4 Kabar Terbaru Liverpool vs Newcastle

Meski diunggulkan menang, Liverpool tak mau jumawa

Tidak ada libur natal bagi pesepak bola di Liga Inggris. Justru, tradisi di Liga Inggris mengenal laga Boxing Day yang dimainkan sehari setelah perayaan Natal. Nah, Rabu (26/12) malam nanti, Liga Inggris akan memainkan tujuh pertandingan Boxing Day. Lalu tiga pertandingan digelar di hari berikutnya.

Salah satu pertandingan yang paling ditunggu di laga Boxing Day adalah pertemuan Liverpool yang kini memimpin klasemen Liga Inggris bertemu Newcastle United di Anfield. Berikut beberapa fakta menarik pertemuan Liverpool dan Newcastle.

1. Berada di puncak ketika Natal, Liverpool tidak merasa dalam kondisi tertekan

Laga Boxing Day, Ini 4 Kabar Terbaru Liverpool vs Newcastletwitter.com/LFC

Pertandingan melawan Newcastle United nanti malam akan menjadi kesempatan bagi Liverpool untuk terus memimpin klasemen dan menjaga jarak dari kejaran Manchester City. Hingga pekan ke-18, Liverpool memimpin klasemen Liga Inggris dengan raihan 48 poin, selisih empat poin dari tim peringkat dua, Manchester City (44 poin).

Ini bukan kali pertama, Liverpool memimpin klasemen pada periode Natal. Sebelumnya, di era Premier League, Liverpool juga pernah dua kali ada di puncak jelang pergantian tahun. Yang terjadi di akhir musim, The Reds gagal juara.

Namun, pelatih Liverpool, Juergen Klopp menyebut timnya kini berbeda. Situasinya juga berbeda dengan dulu. Klopp menyebut timnya tidak dalam posisi tertekan meski berada di puncak klasemen.

"Saya tidak melihat ada tekanan. Kami tidak perlu memikirkan apa yang terjadi Mei nanti. Fokus kami sekarang adalah memenangi pertandingan melawan Newcastle United pada 26 Desember nanti. Kami harus mengeluarkan segala kemampuan untuk menang," ujar Klopp seperti dikutip dari liverpoolfc.com.

2. Liverpool tetap waspada karena bisa saja bernasib seperti Manchester City di pekan ke-18

Laga Boxing Day, Ini 4 Kabar Terbaru Liverpool vs Newcastletwitter.com/LFC

Meski optimistis bisa memenangi pertandingan melawan Newcastle, Juergen Klopp menyebut timnya harus mewaspadai Newcastle United. Menurutnya, dengan persaingan ketat di Liga Inggris, apapun bisa terjadi. Klopp mencontohkan betapa Manchester City di luar dugaan kalah 2-3 dari Crystal Palace di kandang sendiri pada pekan ke-18, Sabtu, 22 Desember 2018 lalu.

"Saya tidak mengira, City akan kalah dari Crystal Palace. Tetapi, itu memberikan pesan jelas bahwa situasi seperti itu juga bisa terjadi pada kami. Itulah sepak bola. Saya sudah lama berada di sepak bola dan saya tahu, apapun bisa terjadi," sebut pelatih asal Jerman ini.

Bila Liverpool menjamu Newcastle, Manchester City akan menghadapi jadwal berat. Anak asuh Pep Guardiola akan menghadapi tuan rumah Leicester City yang pada akhir pekan kemarin mengalahkan tuan rumah Chelsea seperti dikutip dari Premierleague.com.

 

Baca Juga: Tiru Liga Inggris, Liga Serie A Italia Musim Depan Terapkan Boxing Day

3. Pemain pelapis Liverpool berpeluang tampil demi "memberi nafas" pemain bintang

Laga Boxing Day, Ini 4 Kabar Terbaru Liverpool vs Newcastletwitter.com/LFC

Liverpool berpeluang besar untuk meraih kemenangan di pertandingan nanti. Sebab, The Reds akan bisa tampil dengan tim terkuatnya. Nama-nama top seperti Mohamed Salah, Virgil van Dijk, Andy Robertson, Sadio Mane tidak ada masalah dengan kebugaran sehingga bisa tampil. Liverpool juga mendapat kabar bagus seiring pulihnya bek Trent Alexander-Arnold. Pemain Timnas Inggris ini akan kembali tampil setelah absen di dua laga akibat cedera.

Namun, ada kabar, Juergen Klopp kemungkinan akan memainkan beberapa pemain yang jarang tampil seperti Daniel Sturridge, Alberto Moreno, Nathaniel Clyne,A dam Lallana juga Xerdan Shaqiri demi memberikan periode istirahat kepada para pemain bintangnya.

Sementara Newcastle United akan tanpa pemain Korea Selatan, Ki Sung-yueng. Pemain tengah ini bergabung dengan Timnas Korsel yang akan tampil di Piala Asia 2019 pada awal Januari nanti. Sementara Jonjo Shelvey masih dalam proses pemulihan cedera paha.

Mantan pemain Arsenal yang kini menjadi pundit sky sports, Paul Merson menyebut akan sulit bagi Newcastle untuk mengalahkan Liverpool. Dia malah memprediksi Liverpool akan menang telak. "Saya melihat pertandingan Newcastle melawan Fulham (berakhir 0-0 pada akhrir pekan kemarin). Mereka seperti tidak punay peluang mencetak gol melawan tim dengan pertahanan terburuk. Karenanya, saya akan sangat terkejut bila mereka mampu menang di Anfield. Newcastle akan bermain bertahan, tetapi itu tidak akan cukup," ujar Merson dikutip dari Skysports.com.

4. Reuni, Rafael Benitez berharap Liverpool kali ini mengalami bad day

Laga Boxing Day, Ini 4 Kabar Terbaru Liverpool vs Newcastlewww.liverpoolecho.co.uk/sport

Pertandingan di Anfield nanti akan menjadi momen spesial bagi pelatih Newcastle United, Rafael Benitez. Dia akan kembali ke stadion yang namanya pernah disanjung tinggi. Ya, Benitez pernah menjadi pelatih Liverpool di pertengahan era 2000-an. Dialah pelatih yang membawa Liverpool juara Liga Champions pada 2005. Benitez juga nyaris membawa Liverpool juara Liga Inggris pada musim 2007/2008.

Kini, Benitez tentunya akan mencoba mengalahkan Liverpool di Anfield. Sebab, Newcastle kini sedang posisi kurang bagus. The Magpies kini ada di posisi 15 dengan raihan 17 poin. Mereka belum aman dari ancaman degradasi.

Dikutip dari The Telegraph, Benitez menyebut skuat Liverpool saat ini merupakan tim terkuat Liverpool yang pernah dilihatnya di era Premier League. Namun, dia meyakini, timnya akan bisa mengejutkan Liverpool di Anfield.

"Kami siapkan strategi untuk mengalahkan mereka. Jika kami bisa menerapkannya dengan baik dan mereka melakukan kesalahan, kami bisa meraih hasil bagus di sana. Melawan tim top, kami hanya perlu melakukan yang terbaik sambil berharap mereka mendapat bad day, baru kami punya peluang," ujar Benitez.

Menarik untuk ditunggu bagaimana hasil pertandingan di Anfield malam nanti. Fans Liverpool tentunya berharap timnya menang dan tetap memimpin klasemen.

Baca Juga: Klopp: Liverpool Harus Tiru Man City Jika Ingin Juara Liga Inggris

Hadi Santoso Photo Verified Writer Hadi Santoso

cinta menulis seperti mencintai sepak bola dan bulutangkis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya