4 Capaian Indonesia di Piala AFF Usai Kalah di Laga Awal, AFF 2018? 

Malam ini hadapi Timor Leste di Jakarta

Malam ini, Timnas Indonesia akan menjamu Timor Leste di pertandingan kedua Grup B Piala AFF 2018. Setelah gagal mengawali turnamen Piala AFF 2018 dengan kemenangan usai dikalahkan tuan rumah Singapura 0-1 pada pertandingan pertama di National Stadium Singapura, Jumat (9/11/2018) malam kemarin, Indonesia kini mengincar kemenangan.

Terkait kekalahan dari Singapura di laga perdana, ini seolah memperpanjang ‘rapor buruk’ Indonesia yang dalam enam tahun terakhir selalu kesulitan mengawali turnamen sepak bola paling bergengsi di Asia Tenggara ini dengan kemenangan. Ya, sejak Piala AFF edisi 2012 lalu, Timnas Indonesia selalu gagal menang di laga pertama.

Lalu, bagaimana capaian Timnas Indonesia di Piala AFF setelah kalah di laga perdana, termasuk di Piala AFF tahun 2018 ini?

1. Di Piala AFF 2012, Indonesia ditahan Laos dan akhirnya langsung out di fase grup

4 Capaian Indonesia di Piala AFF Usai Kalah di Laga Awal, AFF 2018? affsuzukicup.com/news

Tren buruk Timnas Indonesia di pertandingan perdana Piala AFF, bermula di edisi Piala AFF 2012 yang digelar di Malaysia. Kala itu, Indonesia hanya mampu mengawali turnamen dengan bermain 2-2 melawan Timnas Laos yang merupakan tim terlemah di Grup B seperti dikutip dari affsuzukicup.com.

Di pertandingan berikutnya, Indonesia berhasil menang 1-0 atas Singapura. Namun, di pertandingan terakhir, Indonesia yand diperkuat gelandang mungil, Taufik, kalah 0-2 dari Malaysia.

Hasil akhirnya, Indonesia yang kala itu dilatih oleh Nil Maizar dan dikapteni Bambang Pamungkas, hanya mampu finish di peringkat tiga dalam klasemen akhir sehingga gagal lolos ke babak semifinal.

2. Di Piala AFF 2014, Indonesia bermain draw dengan Vietnam dan gagal ke semifinal

4 Capaian Indonesia di Piala AFF Usai Kalah di Laga Awal, AFF 2018? aseanfootball.org

Dua tahun kemudian, di Piala AFF 2014 yang digelar di Vietnam, Indonesia kembali gagal meraih kemenangan di laga perdana. Indonesia hanya mampu bermain 2-2 melawan tuan rumah Vietnam. Meski, hasil ini terbilang keren karena Indonesia sempat tertinggal dua kali sebelum menyamakan skor lewat Zulham Zamrun dan Samsul Arif Munif.

Hanya saja, di pertandingan kedua, Indonesia dipermalukan Filipina 4-0. Lalu, kemenangan 5-1 atas Laos di pertandingan terakhir pun serasa hambar. Sebab, Indonesia gagal lolos ke babak semifinal karena hanya finish di posisi tiga seperti dikutip dari affsuzukicup.com.

Baca Juga: Piala AFF 2018: Hadapi Timor Leste, Ini Pesan Bima Sakti Kepada Pemain

3. Meski kalah dari Thailand di awal Piala AFF 2014, Indonesia bisa lolos ke final

4 Capaian Indonesia di Piala AFF Usai Kalah di Laga Awal, AFF 2018? twitter.com/GOAL_ID

Dua tahun lalu, Timnas Indonesia juga mengawali turnamen Piala AFF 2016 dengan hasil sangat buruk. Indonesia dikalahkan Thailand dengan skor cukup telak, 2-4 di laga perdana Grup A yang digelar di Filipina.

Namun, passion Timnas Indonesia di Piala AFF 2016 sangat luar biasa. Meski kalah di awal turnamen, Indonesia bisa lolos ke semifinal setelah bermain 2-2 dengan tuan rumah Filipina dan menang 2-1 atas Singapura di pertandingan terakhir lewat gol dramatis Andik Vermansah dan Stefano Lilipaly di menit ke-85.

Indonesa bahkan mampu lolos ke final setelah menang agregat 4-3 atas Vietnam di semifinal. Sayangnya, di final melawan Thailand, setelah menang 2-1 di kandang pada leg pertama, Indonesia kalah 0-2 di leg kedua. Thailand pun akhirnya juara dengan agregat 3-2 seperti dikutip dari espn.com.

4. Kalah dari Singapura di laga awal Piala AFF 2018, bisa sejauh mana pencapaian Indonesia?

4 Capaian Indonesia di Piala AFF Usai Kalah di Laga Awal, AFF 2018? twitter.com/affsuzukicup

Timnas Indonesia lagi-lagi langsung takluk di pertandingan perdana Piala AFF 2018. Dengan format baru, pertandingan penyisihan digelar dua kali home dan dua kali away, Indonesia dikalahkan tuan rumah Singapura 0-1 pada pertandingan pertama Grup B Piala AFF 2018, di National Stadium Singapura, Jumat (9/11/2018) malam kemarin seperti dikutip dari straitstimes.com.

Bagaimana capaian Timnas Indonesia kali ini? Indonesia perlu move on menyongsong pertandingan kedua saat menjamu Timor Leste di Jakarta pada Selasa (13/11/2018) malam nanti. Menghadapi Timor Leste yang di pertandingan pertama dikalahkan Thailand 7-0, tentunya menjadi kesempatan menang bagi Indonesia sekaligus membuka peluang lolos ke semifinal.

Kemenangan atas Timor Leste akan menjadi bekal bagus bagi Indonesia sebelum menantang Thailand di Bangkok pada matchday ke-III Grup B pada 17 November mendatang. Bila mampu mencuri poin dari Thailand, Timnas tinggal mengoptimalkan pertandingan terakhir Grup B menjamu Filipina pada 21 November. 

"Tegakkan kepala dan teruslah berjuang," ujar winger Timnas, Febri Hariyadi di akun Instagramnya yang seperti menyemangati diri dan rekan-rekannya seperti dikutip dari instagram.com/febrihariyadi13.

Menurut kalian, bagaimana peluang Timnas Indonesia menghadapi Timor Leste dan sejauh mana Indonesia bisa melangkah di Piala AFF tahun ini?

Baca Juga: Inilah 4 Lawan Timnas Indonesia di Piala AFF 2018

Hadi Santoso Photo Verified Writer Hadi Santoso

cinta menulis seperti mencintai sepak bola dan bulutangkis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya