Comscore Tracker

4 Catatan Menarik dari Kualifikasi EURO 2020 Edisi September

Ronaldo 'mengamuk', Belanda berhasil move on 

Periode akhir pekan dan awal pekan ini menjadi momen sibuk bagi negara-negara Eropa. Mereka harus tampil di babak kualifikasi Piala Eropa (EURO) 2020 yang memasuki separuh perjalanan.

Ada 55 negara Eropa yang ikut serta dalam kualifikasi EURO 2020 demi memperebutkan tiket tampil di Piala Eropa tahun depan.Ke-55 negara tersebut terbagi dalam 10 grup. Lalu, bagaimana hasil kualifikasi yang digelar di bulan September ini? Berikut beberapa catatan menarik dari jalannya kualifikasi EURO 2020 pada akhir dan awal pekan ini.

1. Cristiano Ronaldo cetak quat-trick, kukuhkan dirinya sebagai penyerang paling subur di Eropa

4 Catatan Menarik dari Kualifikasi EURO 2020 Edisi Septembertwitter.com/selecaoportugal

Juara bertahan Piala Eropa, Portugal, tidak mengawali babak kualifikasi dengan benar. Di dua pertandingan awal kualifikasi pada Maret 2019 silam, Portugal hanya mampu meraih hasil dua kali imbang. Yakni 0-0 melawan Ukraina dan 1-1 melawan Serbia.

Namun, di laga kualifikasi bulan September ini, Portugal mengamuk. Termasuk juga sang bintang utama, Cristiano Ronaldo. Ya, Ronaldo yang sebelumnya tidak mencetak gol, membuat lima gol hanya dalam dua pertandingan.

Akhir pekan lalu, Portugal menang 4-2 atas tuan rumah Serbia. Ronaldo mencetak satu gol yang menjadi gol ketiga Portugal. Dan, Rabu (11/9) dini hari tadi, Portugal menang telak 1-5 atas tuan rumah. Ronaldo mencetak quat-trick (empat gol dalam satu pertandingan) ke gawang Lithuania di menit ke-7 (penalti), menit ke-62, 65, dan 76. Satu gol dicetak William Carvalho di masa injury time.

Empat gol Ronaldo itu membuatnya semakin mengukuhkan posisinya sebagai penyerang paling tajam Eropa di laga bersama negara. Ronaldo kini mengemas 93 gol dalam 160 penampilan. Dia unggul dari legenda Hungaria, Ferenc Puskas dengan 84 gol seperti dikutip dari uefa.com.

Dua kemenangan beruntun ini membuat Portugal kini ada di peringkat dua Grup B. Portugal mengumpulkan poin dari empat kali main. Sementara Ukraina memimpin klasemen Grup B dengan 13 poin dari lima kali main.

2. Empat tim jaga tren kemenangan 100, termasuk Inggris yang dini hari tadi mengalahkan Kosovo

4 Catatan Menarik dari Kualifikasi EURO 2020 Edisi Septembertwitter.com/uefaeuro

Dari 55 tim, hanya ada empat tim Eropa yang berhasil meraih 100 persen kemenangan alias selalu menang hingga setengah perjalanan babak kualifikasi. Keempatnya merupakan 'tim raksasa sepak bola' Eropa.

Nah, Rabu (11/9) dini hari tadi, Inggris berhasil menjaga tren selalu menang usai mengalahkan Kosovo di laga 'hujan' delapan gol. The Three Lions---julukan Inggris, menang 5-3 atas Kosovo.

Sempat tertinggal di menit pertama, Inggris lantas mengamuk dan unggul 5-1 di akhir babak pertama lewat gol Raheem Sterling (menit ke-8), Harry Kane (menit ke-19), gol bunuh diri menit ke-38 dan dua gol Jordan Sancho menit ke-44 dan injury time. Di babak kedua, Kosovo bisa mencetak dua gol dan memperkecil skor seperti dikutip dari bbc.com.

Ini merupakan kemenangan keempat bagi Inggris. Sebelumnya, Inggris mengalahkan Bulgaria 4-0 (7/9), 1-5 atas Montenegro (25/3) dan 5-0 atas Rep.Ceko (22/3). Inggris pun memuncaki klasemen Grup A dengan 12 poin.

Selain Inggris, tiga tim lainnya yang juga selalu menang dalam separuh perjalanan kualifikasi EURO 2020 yakni Spanyol di Grup F, Belgia di Grup I dan Italia di Grup J. Ketiganya selalu meang dalam enam pertandingan kualifikasi EURO 2020.

Baca Juga: Euro 2020: Brace Alvaro Morata Ukir Kemenangan Spanyol Atas Malta

3. Pencetak gol terbanyak dikuasai 'pemain tak terkenal'

4 Catatan Menarik dari Kualifikasi EURO 2020 Edisi Septembertwitter.com/bet365

Cristiano Ronaldo memang mencetak quat-trick saat melawan Lithuania dini hari tadi. Namun, Ronaldo belum menjadi penyerang tersubur di kualifikasi EURO 2020. Justru, top skor kualifikasi EURO 2020 dikuasai oleh 'penyerang tak terkenal'.

Penyerang senior Timnas Israel, Eran Zahavi kini memimpin daftar top. Striker berusia 32 tahun yang kini bermain di klub China, Guangzhou R&F ini sudah mencetak 9 gol. Zahavi mencetak gol dalam lima dari enam pertandingan yang sudah dijalani Israel.

Dua diantaranya hat-trick ke gawang Austria saat menang 4-2 (24/3), dan Latvia saat menang 3-0 (7/6). Zahavi juga mencetak satu gol saat Israel kalah 2-3 dari Slovenia pada Senin (9/11) kemarin.

Namun, meski produktif, Zahavi belum bisa membawa Israel di peringkat bagus. Israel hanya berada di peringkat kelima dari enam tim di Grup G dengan koleksi 8 poin. Grup G masih dikuasai Polandia (13 poin) dan Slovenia (11 poin).

Selain Zahavi, nama lainnya yang juga mencetak banyak gol di kualifikasi ada Marko Arnautovic (Austria) dan Artem Dzyuba (Rusia) dengan sudah mencetak 6 gol.

4. Move on dari kegagalan, Timnas Belanda berpeluang lolos ke EURO 2020

4 Catatan Menarik dari Kualifikasi EURO 2020 Edisi Septembertwitter.com/uefaeuro

Periode empat tahun terakhir menjadi masa suram bagi Timnas Belanda. Betapa tidak, salah satu raksasa sepak bola Eropa ini tidak mampu tampil di Piala Eropa 2016 dan juga Piala Dunia 2018. Belanda yang gagal lolos. Kegagalan itu rupanya menjadi pelajaran penting bagi Timnas Belanda.

Kini, Belanda sudah move on menyongsong Piala Eropa 2020. Tim juara Piala Eropa 1988 ini tampil bagus dalam babak kualifikasi. Belanda meraih dua kemenangan penting dalam dua pertandingan bulan September ini. Meski bermain away, Tim Oranye berhasil menang 4-2 atas Jerman (6/9) dan menang telak 4-0 atas Estonia, Selasa (10/9) dini hari kemarin seperti dikutip dari channelnewsasia.com.

Berbekal dua kemenangan tersebut, Belanda kini berada di peringkat 3 Grup C. Belanda mengumpulkan 9 poin dari 3 pertandingan. Sementara Jerman dan Irlandia Utara ada di posisi 1-2 dengan 12 poin dari 4 pertandingan.

Belanda berpeluang menyamai bahkan melewati perolehan poin Jerman dan Irlandia Utara pada Oktober mendatang. Sebab, mereka akan melakoni dua pertandingan. Yakni menjamu Irlandia Utara pada 10 Oktober dan away ke Belarusia (13/10). Sementara Irlandia Utara dan Jerman hanya akan bermain sekali.

Hingga kini, belum ada tim yang sudah memastikan lolos ke putaran final EURO 2020. Meski, beberapa tim hanya tinggal menunggu waktu untuk lolos. Sangat mungkin, di kualifikasi Oktober mendatang, beberapa tim akan memastikan lolos. Menarik ditunggu bagaimana kelanjutan cerita kualifikasi EURO 2020.

Baca Juga: 4 Fakta Start Hebat Timnas Italia di Kualifikasi EURO 2020

Hadi Santoso Photo Verified Writer Hadi Santoso

cinta menulis seperti mencintai sepak bola dan bulutangkis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You