Comscore Tracker

Lengkap, Inilah 16 Tim yang Lolos ke Babak 16 Besar Liga Champions

Meski lolos, beberapa tim besar kalah di laga terakhir 

Terjawab sudah siapa saja 16 tim yang lolos ke babak 16 besar Liga Champions. Jawaban tersebut muncul setelah berakhirnya fase penyisihan grup Liga Champions yang digelar dua hari sejak Rabu dan berakhir Kamis (13/12/2018) dini hari tadi.

Tim-tim yang lolos ke babak 16 besar mayoritas merupakan tim-tim unggulan. Meski ada juga tim besar berstatus juara bertahan yang gagal lolos. Selengkapnya, inilah 16 tim yang lolos ke fase knock out Liga Champions 2018.

1. Bayern Munchen dan Ajax Amsterdam jadi 'wakil' Grup E

Lengkap, Inilah 16 Tim yang Lolos ke Babak 16 Besar Liga Championstwitter.com/ChampionsLeague

Dari Grup E yang pertandingan terakhirnya dimainkan Kamis (13/12/2018) dini hari tadi, dua tim unggulan, Bayern Munchen dan Ajax Amsterdam, memastikan lolos ke babak 16 besar. Sebenarnya, sebelum laga tadi, kedua tim sudah lolos. Namun, laga terakhir penting demi mengetahui siapa yang menjadi pemuncak klasemen Grup E.

Hasilnya, Bayern keluar sebagai juara Grup E setelah bermain 3-3 dengan Ajax di Amsterdam. Laga di Johan Cruijff Arena ini menjadi salah satu yang paling seru dengan kedua tim kerj-kejaran mencetak gol. Bayern unggul 1-0 di babak pertama lewat gol Robert Lewandowski di menit ke-13. Ajax lantas berbalik unggul 2-1 via gol Dusan Tadic menit ke-61 dan 82 (penalti).

Di menit ke-87, Lewandowski menyamakan skor 2-2 dari penalti. Bayern bahkan unggul 3-2 lewat gol Kingsley Coman di menit ke-90. Tapi, Ajax membuat skor sama kuat 3-3 lewat gol Tagliafico di menit ke-95 seperti dikutip dari uefa.com. Peringkat akhir di klasemen Grup E, Bayern mengumpulkan 14 poin, sementara Ajax menjadi runner-up dengan 12 poin.

2. Lyon temani Manchester City ke babak 16 besar

Lengkap, Inilah 16 Tim yang Lolos ke Babak 16 Besar Liga Championstwitter.com/ChampionsLeague

Satu tiket tersisa lolos ke babak 16 besar di Grup F, akhirnya diambil oleh tim Prancis, Olympique Lyon. Lyon lolos usai bermain 1-1 dengan tuan rumah Shaktar Donetsk dini hari tadi. Dengan demikian, Lyon menjadi runner-up dengan raihan 8 poin.

Sementara Manchester City semakin kokoh di puncak klasemen setelah meraih kemenangan 2-1 atas Hoffenheim dari Jerman. Dua gol City dicetak pemain muda asal Jerman, Leroy Sane seperti dikutip dari soccerway.com. Hasil ini membuat tim asuhan Pep Guardiola ini meraih 13 poin.

Baca Juga: Hasil Liga Champions Dini Hari Tadi (Kamis, 13 Desember 2018)

3. Meski kalah, Real Madrid dan AS Roma sudah pegang tiket lolos ke babak 16 besar

Lengkap, Inilah 16 Tim yang Lolos ke Babak 16 Besar Liga Championstwitter.com/BleacherReport

Sementara di Grup G, Real Madrid dan AS Roma menjadi dua tim yang lolos ke babak 16 besar. Keduanya sudah memegang tiket lolos sejak matchday kelima pada dua pekan silam. Karenanya, dini hari tadi, kedua tim memainkan beberapa pemain cadangan.

Hasilnya mengejutkan, Real Madrid kalah 0-3 dari CSKA Moskow di Santiago Bernabeu sementara Roma takluk dari Viktoria Plzen. Meski lolos (Real jadi juara grup dan AS Roma runner up), kekalahan tersebut tentunya buruk bagi citra kedua tim. Utamanya bagi Madrid yang mengalami kekalahan terburuk di kandang seperti dikutip dari goal.com.

4. Juventus puncaki klasemen Grup H, Manchester United ruuner up

Lengkap, Inilah 16 Tim yang Lolos ke Babak 16 Besar Liga Championswww.manutd.com

Sementara di Grup H, Juventus berhasil mengakhiri penyisihan gru sebagai juara grup. Juve mengumpulkan 12 poin di atas Manchester United dengan 10 poin. Kepastian itu terjadi setelah kedua tim tidak mampu menambah poin di laga terakhir dini hari tadi.

Juventus di luar dugaan kalah 1-2 dari tuan rumah BSC Young Boys. Sementara United dikalahkan Valencia 2-1 di Mestalla. Meski kalah, pelatih United, Jose Mourinho menyebut tidak terlalu baper karena timnya berhasil lolos ke babak 16.

"Target kami terpenuhi di grup yang sulit. Kami memang tidak tampil brilian selama penyisihan grup, tetapi ingat, kami bermasalah dengan cedera pemain," ujar Mourinho dikutip dari bbc.com.

5. Borussia Dortmund dan Atletico Madrid menjadi perwakilan Grup A di babak 16 besar

Lengkap, Inilah 16 Tim yang Lolos ke Babak 16 Besar Liga Championstwitter.com/blackyellow

Di Grup A yang pertandingan terakhirnya digelar Rabu (12/12/2018) dini hari, Borussia Dortmund dan Atletico Madrid memastikan lolos ke babak 16 besar. Kedua tim sebenarnya sudah lolos. Laga terakhir tersebut menjadi perebutan predikat juara grup dua.

Hasilnya, Dortmund yang sebelumnya ada di posisi 2, akhirnya lolos sebagai juara grup setelah meraih kemenangan 2-0 atas tuan rumah AS Monaco. Sementara Atletico Madrid hanya bermain 0-0 dengan tuan rumah Club Bruges. Hasil ini membuat kedua tim sama-sama mengumpulkan 13 poin.

Namun, Dortmund lebih unggul head to head dari dua pertandingan melawan Atletico berkat kemenangan 4-0 di kandang pada matchday III dan hanya kalah 0-2 di markas Atletico pada matchday IV seperti dikutip dari uefa.com.

6. Dari Grup B, Tottenham ungguli Inter Milan untuk menemani Barcelona

Lengkap, Inilah 16 Tim yang Lolos ke Babak 16 Besar Liga Championstwitter.com/ChampionsLeague

Di Grup B, satu tiket terakhir lolos ke babak 16 besar, akhirnya dimiliki oleh tim Inggris, Tottenham Hotspur. Tottenham lolos ke babak 16 besar setelah mengimbangi Barcelona 1-1 di Nou Camp lewat gol Lucas Moura di menit ke-85.

Sementara Inter Milan yang diunggulkan, ternyata hanya mampu bermain 1-1 dengan PSV Eindhoven di San Siro. Kombinasi dua pertandingan itu membuat Tottenham finish di urutan dua Grup B. Kedua tim sama-sama mengumpulkan 8 poin. Tapi, Tottenham unggul head to head mencetak gol away atas Inter Milan (Inter menang 2-1 atas Tottenham di San Siro dan Tottenham menang 1-0 atas Inter di London) seperti dikutip dari uefa.com. Adapun Barcelona sudah memastikan lolos sebagai juara Grup B.

7. Liverpool dan PSG memastikan lolos setelah memenangi "laga hidup mati"

Lengkap, Inilah 16 Tim yang Lolos ke Babak 16 Besar Liga Championstwitter.com/LFC

Pertandingan paling seru terjadi di Grup C. Liverpool akhirnya berhasil selamat dari ancaman tersingkir dini dari Liga Champions musim ini. Liverpool lolos ke babak 16 besar setelah memenangi "laga hidup mati" 1-0 atas Napoli di Anfield, Rabu (12/12/2018) dini hari kemarin. Gol kemenangan Liverpool dicetak Mohamed Salah di menit ke-34.

Dengan hasil ini, Liverpool yang sebelum laga ada di peringkat tiga, naik ke posisi 2 dengan 9 poin. Sementara Napoli yang sebelumnya memimpin klasemen, melorot ke posisi 3 dan gagal lolos ke babak 16 besar. Secara agregat, Liverpool dan Napoli sama kuat karena sama-sama meraih kemenangan 1-0. Secara gol, Liverpool unggul dari Napoli, 7-2 berbanding 5-2.

Adapun posisi juara Grup C diraih Paris Saint Germain (PSG) usai meraih kemenangan telak 4-1 di Belgrade. PSG yang juga wajib menang untuk lolos, berhasil menang telak 4-1 atas tuan rumah Crvena Zvezda. Tim yang belum pernah memenangi Liga Champions ini memuncaki klasemen Grup C dengan 11 poin dari enam pertandingan.

8. Porto dan Schalke mendominasi Grup D

Lengkap, Inilah 16 Tim yang Lolos ke Babak 16 Besar Liga Championstwitter.com/FCPorto

Sementara di Grup D, FC Porto dan Schalke 04 menjadi dua tim yang lolos ke babak 16 besar. Kedua tim bahkan mendominasi persaingan di grup yang juga diisi oleh Galatasary dan Lokomotiv Moskow ini.

Di pertandingan terakhir pada dini hari kemarin, FC Porto mengalahkan Galatasary 2-3 di Turki. Sedangkan Schalke menang 1-0 atas Lokomotiv. Hasil ini membuat Porto memuncaki klasemen Grup D dengan 16 poin disusul Schalke dengan 11 poin seperti dikutip dari foxsports.com.

Selanjutnya, UEFA akan melakukan drawing (undian) babak 16 besar yang akan dilakukan pada 17 Desember mendatang di Kota Nyon, Swiss. Dalam undian tersebut, tim juara grup akan diundi melawan tim runner-up. Namun, dengan aturan tidak boleh bertemu tim satu negara ataupun tim yang sudah satu grup di fase penyisihan.

Baca Juga: Dramatis, Ini 5 Fakta Matchday Terakhir Fase Grup Liga Champions 

Hadi Santoso Photo Verified Writer Hadi Santoso

cinta menulis seperti mencintai sepak bola dan bulutangkis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

JADWAL SALAT & IMSAK

25
MEI
2019
20 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You