Comscore Tracker

Arsenal Selamat dari Jurang & 4 Fakta Leg II 32 Besar Europa League

Undian babak 16 besar digelar petang nanti

Babak 32 besar Europa League yang mempertandingkan pertandingan leg kedua, selesai digelar Kamis (21/2) malam waktu Eropa atau Jumat (22/2/) dini hari waktu Indonesia. Sebanyak 16 tim telah memastikan lolos ke babak 16 besar. Kesimpulannya, mutu dari kompetisi yang acapkali dianggap kasta kedua setelah Liga Champions ini tetap terjaga.

Pasalnya, beberapa tim top Eropa yang menjadi favorit untuk menjadi juara, berhasil memastikan lolos ke babak 16 besar. Salah satunya Arsenal yang sebelumnya sempat berada dalam situasi berbahaya bak di 'tepi jurang'. Berikut beberapa fakta pertandingan leg ke-2 babak 32 besar Liga Europa?

1. Arsenal berhasil comeback berkat dua gol dari pemain bertahan

Arsenal Selamat dari Jurang & 4 Fakta Leg II 32 Besar Europa Leaguetwitter.com/Arsenal

Arsenal berhasil selamat dari ancaman 'terperosok ke jurang'. Ya, kekalahan 0-1 dari klub Belarusia, BATE Borisov di pertandingan leg pertama pada tengah pekan lalu, membuat Arsenal bak berada di bibir jurang. Namun, Arsenal mampu comeback dengan meraih kemenangan 3-0 di pertandingan leg kedua, Kamis (21/2) malam waktu setempat.

Harus menang dengan minimal dua gol, pelatih Arsenal, Unai Emery memainkan tim terbaik. Termasuk Mesut Ozil yang kembali dimainkan sebagai pemain utama sejak kick off. Hasilnya, di menit ke-4, umpan Pierre-Emerick Aubameyang ke depan gawang, salah diantisipasi bek BATE, Zakhar Volkov sehingga masuk ke gawangnya sendiri. Gol ini membuat pemain-pemain Arsenal semakin termotivasi memburu gol kedua.

Namun, setelah gol itu, BATE bermain lebih rapi. Skema serangan yang dibangun Ozil, tak berujung gol. Baru di menit ke-39, gol kedua yang ditunggu akhirnya datang. Bek asal Jerman, Shkodran Mustafi menanduk bola sepak pojok Granit Xhaka di menit ke-39.

Pola yang sama kembali diulangi Arsenal di menit ke-60. Kali ini lewat bek asal Yunani, Sokratis Papastathopoulos yang baru empat menit berada di lapangan. Ya, fans Arsenal kali ini harus berterima kasih kepada dua bek tengah mereka yang menngambil peran striker sebagai pencetak gol.

Seusai pertandingan, Unari Emery menyebut penampilan anak asuhnya jauh lebih baik dari pertandingan pertama. Utamanya kemampuan menghasilkan umpan-umpan crossing dan mengeksekusi bola mati.

"Pertandingan ini berbahaya bagi kami, tetapi kami mampu melaluinya dengan sempurna. Saya pikir, kami telah memperlihatkan mental tim yang bagus. Kini, kami bisa merayakan kemenangan ini dan meneruskannya di kompetisi yang berbeda (Liga Inggris)," ujar Emery dikutip dari arsenal.com.

2. Menang 3-0, Chelsea meraih bekal bagus sebelum tampil di final Carabao Cup

Arsenal Selamat dari Jurang & 4 Fakta Leg II 32 Besar Europa Leaguetwitter.com/ChelseaFC

Tim London lainnya, Chelsea juga meraih kemenangan meyakinkan, 3-0 saat menjamu tim Swedia, Malmo FF di Stamford Bridge. Meski begitu, Chelsea harus bersabar hingga hampir satu jam pertandingan untuk mendapatkan gol pertama. Malmo yang kalah 1-2 di kandang sendiri pada leg pertama, tidak mau menyerah begitu saja.

Kemenangan Chelsea diawali oleh gol Olivier Giroud di menit ke-55 dan tendangan bebas Ross Barkley di menit ke-74. Menariknya, dua pemain inilah yang juga mencetak gol Chelsea di leg pertama lalu. Hudson-Odoi menambah gol Chelsea di menit ke-84. Chelsea pun lolos ke babak 16 besar Europa LEague dengan kemenangan agregat 5-1.

Kemenangan ini sangat penting bagi Chelsea. The Blues tidak hanya berhasil move on setelah tersingkir dari Piala FA usai dikalahkan Manchester United (18/2). Selain itu, kemenangan ini menjadi bekal bagi Eden Hazard dkk. untuk menantang Manchester City di final Carabao Cup 2019 yang akan digelar di Wembley Stadium, Minggu (24/2/) malam seperti dikutip dari soccerway.com.

Baca Juga: Singkirkan Malmo, Chelsea Lolos ke Babak 16 Besar Liga Eropa

3. Dua wakil Italia pamer kualitas, lolos ke babak 16 besar dengan kemenangan agregat dominan

Arsenal Selamat dari Jurang & 4 Fakta Leg II 32 Besar Europa Leaguetwitter.com/EuropaLeague

Pertandingan leg kedua babak 32 besar Europa League dini hari tadi menjadi ajang pamer kualitas bagi dua wakil Italia, Inter Milan dan Napoli. Setelah menang di luar kandang pada leg pertama, keduanya meraih kemenangan besar saat giliran bertanding di kandang sendiri.

Inter Milan meraih kemenangan 4-0 saat menjamu tim Austria, Rapid Wiena di San Siro. Empat gol kemenangan Inter dicetak oleh Matias Vecino di menit ke-11, Andrea Ranocchia di menit ke-18, dan gol Ivan Perisic serta Politano di 10 menit terakhir. Inter pun lolos dengan kemenangan agregat mutlak, 5-0 atas Rapid Wiena seperti dikutip dari football-italia.net.

Kemenangan agregat dominan juga diraih Napoli. Menjamu tim asal Swiss, FC Zurich, di San Paolo, Napoli menang 2-0 lewat gol Simone Verdi di menit ke-43 dan Adam Ounas di menit ke-75. Hasil ini membuat Napoli lolos ke babak 16 besar dengan keunggulan agregat 5-1.

Pelatih Inter, Luciano Spalletti menyebut timnya kini tampil lebih baik dibandingkan beberapa pekan sebelumnya. Dia menyebut pemain-pemain Inter lebih kompak. "Memang benar, tim ini semakin berkembang dan mampu mengurangi kesalahan. Itu karena pemain-pemain telah berlatih keras," ujarnya dikutip dari football-italia.net.

4. Spanyol loloskan wakil terbanyak ke babak 16 besar, salah satunya Villarreal yang tampil mengejutkan

Arsenal Selamat dari Jurang & 4 Fakta Leg II 32 Besar Europa Leaguetwitter.com/EuropaLeague

Sementara Spanyol berhasil mengirimkan wakil terbanyak ke babak 16 besar Europa League. Ada tiga tim kontestan Primera Liga Spanyol yang berhasil lolos ke babak 16 besar. Yakni, Sevilla, Villarreal dan Valencia. Hanya Real Betis yang gagal melaju ke babak 16 besar.

Sevilla menjadi tim yang pertama lolos ke babak 16 besar setelah mengalahkan tim Italia, Lazio, 2-0 pada Rabu (20/2) malam. Sevilla unggul agregat 3-0. Dini hari tadi, Valencia menyusul setelah mengalahkan Glasgow Celtic 1-0 di kandang dan unggul agregat 3-0. Lalu, Villarreal bermain 1-1 dengan klub Portugal, Sporting CP dan unggul agregat 2-1 seperti dikutip dari uefa.com.

Dibanding Sevilla dan Valencia, lolosnya Villarreal ke babak 16 besar Europa League ini termasuk kejutan luar biasa. Sebab, mereka tengah terpuruk di Liga Spanyol. Villarreal kini berada di peringkat 18 Liga Spanyol seperti dikutip dari marca.com.

Setelah merampungkan babak 32 besar, tim-tim yang lolos ke babak 16 besar kini menunggu siapa lawan mereka. Ya, drawing babak 16 besar akan dilakukan pada Jumat (22/2) siang waktu Eropa atau petang waktu Indonesia di Kota Nyon, Swiss. Ada yang sudah tidak sabar menunggu hasil drawing?

Baca Juga: Juaranya, Inilah 5 Klub Tersukses di Europe League

Hadi Santoso Photo Verified Writer Hadi Santoso

cinta menulis seperti mencintai sepak bola dan bulutangkis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

JADWAL SALAT & IMSAK

26
MEI
2019
21 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You