4 Fakta Menarik dari Drawing Babak 16 Besar Liga Champions

Tim favoritmu bertemu siapa di babak knock out nih?

Pengundian babak 16 besar Liga Champions baru saja digelar di Kota Nyon, Swiss, Senin (17/12) petang tadi. Sebanyak 16 tim yang lolos ke babak knock out Liga Champions, telah mendapatkan lawan masing-masing.

Prosedur dan juga aturan pengundian masih sama dengan Liga Champions musim-musim sebelumnya. Diantaranya, klub yang sebelumnya berada satu grup,  tidak akan saling bertemu di babak 16 besar. Selain itu, klub yang berasal dari satu negara, juga "dilarang" bertemu dulu. Berikut hasil drawing babak 16 besar Liga Champions.

 

1. Dua tim Inggris paling sukses di Liga Champions bertemu lawan berat

4 Fakta Menarik dari Drawing Babak 16 Besar Liga Championstwitter.com/LFC

Dari delapan jadwal pertandingan babak 16 besar Liga Champions hasil drawing di Kota Nyon, sorotan tertuju pada hasil undian yang diperoleh dua tim Inggris. Ya, babak 16 besar menempatkan dua tim Inggris paling sukses di Piala/Liga Champions, Liverpool dan Manchester United, harus bertemu lawan berat.

Liverpool yang pernah lima kali juara Liga Champions, akan menghadapi tim kuat Jerman, Bayern Munchen yang juga telah lima kali juara. Laga ini akan menjadi adu tajam antara Mohamed Salah di Liverpool dan Robert Lewandowski di Bayern.

Sementara Manchester United yang sudah tiga kali juara Piala/Liga Champions, akan menghadapi tim pendominasi Liga Prancis saat ini, Paris Saint Germain (PSG) seperti dikutip dari twitter resmi @ChampionsLeague.

Sebagai tim runner-up pada penyisihan grup, Liverpool dan Manchester United akan memainkan pertandingan leg pertama di kandang. Baru di pertandingan leg kedua, Liverpool akan away ke Jerman dan United melawat ke Prancis.

2. Cristiano Ronaldo kembali ke Kota Madrid

4 Fakta Menarik dari Drawing Babak 16 Besar Liga Championstwitter.com/juventusnation

Hasil drawing yang juga menjadi sorotan yakni pertemuan Juventus menghadapi tim Spanyol, Atletico Madrid. Pertandingan ini menarik karena beberapa pemain Juventus yang pernah bermain di Liga Spanyol, akan kembali “pulang kampung” ke Madrid. Selain penyerang Juventus, Cristiano Ronaldo, juga ada gelandang Sami Khedira. Keduanya pernah berkostum Real Madrid.

Sami Khedira menyebut pertemuan melawan Atletico tidak pernah mudah. “Menghadapi mereka selalu menjadi pertandingan yang sulit. Ini akan menjadi tantangan berat. Tetapi kami sudah tidak sabar, kami akan bisa mengalahkan mereka,” ujar Khedira seperti dikutip dari twitter Sami Khedira.

Salah satu faktor yang membuat Khedira optismistis tentunya kebaradaan Ronaldo. Sebab, gawag Atletico merupakan salah satu favorit Ronaldo. Selama bermain untuk Real Madrid, Ronaldo telah mencetak 22 gol ke gawang Atletico. Akan menarik bagaimana ketika dia datang dengan kostum Juventus.

Sementara tim Italia lainnya, AS Roma, terhindar dari pertemua melawan tim raksasa Eropa. AS Roma bertemu tim Portugal, FC Porto. Pertandingan ini akat ketat karena kekuatan kedua tim relatif berimbang.

 

Baca Juga: 4 Laga Seru Ini Jadi Sorotan di Babak 16 Besar Liga Champions

3. Sang juara bertahan, Real Madrid hadapi Ajax Amsterdam, sementara Barcelona bertemu Lyon

4 Fakta Menarik dari Drawing Babak 16 Besar Liga Championswww.marca.com/en/football

Sementara sang juara bertahan, Real Madrid akan menghadapi tim asal Belanda, Ajax Amsterdam. Di atas kertas, Madrid akan lebih diunggulkan. Namun, Ajax tidak bisa diremehkan. Acuannya, selama penyisihan grup, Ajax tidak pernah kalah dengan meraih 3 kemenangan dan 3 kali imbang. Dua hasil imbang diantaranya diperoleh saat bermain 1-1 dan 3-3 dengan tim kuat Bayern Munchen di Grup E seperti dikutip dari https://www.uefa.com/uefachampionsleague/season=2019/standings/. Bandingkan dengan Madrid yang mengalami dua kekalahan.

Sementara tim kuat Spanyol lainnya, Barcelona akan menghadapi tim Prancis, Olympique Lyon. Barcelona yang tidak terkalahkan selama penyisihan grup dan kini memimpin klasemen Liga Spanyol dengan Lionel Messi memimpin daftar top skor seperti. Banyak pecinta bola yang bakal berharap, Real Madrid dan Barcelona bisa lolos ke perempat final.

4. City bertemu Schalke, reuni Leroy Sane dan nostalgia Pep Guardiola

4 Fakta Menarik dari Drawing Babak 16 Besar Liga Championstwitter.com/ManCity

Sedangkan Manchester City yang masih berupaya mengejar mimpi meraih gelar pertama Liga Champions, akan menghadapi tim Jerman, Schalke 04. Bertemu tim Jerman tentunya menjadi ajang nostalgia bagi pelatih City, Pep Guardiola yang pernah tiga tahun melatih Bayern Munchen.

Namun, reuni sebenarnya akan dilakoni pemain muda City, Leroy Sane. Sebab, Sane merupakan mantan pemain Schalke. Selama membela Schalke, Sane mencetak 13 gol, termasuk gol tunggalnya di Liga Champions.

Selain City, tim Inggris lainnya, Tottenham Hotspur, juga akan melawat ke Jerman. Tottenham akan menghadapi Borussia Dortmund yang kini tengah memuncaki klasemen Bundesliga Jerman.

Di babak 16 besar, tim berstatus runner up di penyisihan grup, akan menjadi tuan rumah lebih dulu di pertandingan pertama pada 12-13 dan 19-20 Februari. Sementara tim juara grup akan menjadi tuan rumah di pertandingan leg kedua yang digelar pada 5-6 dan juga 12-13 Maret 2019. Sudah tidak sabar menunggu pertandingannya?

Baca Juga: Resmi! Ini Hasil Drawing Babak 16 Besar Liga Champions 2018/2019

Hadi Santoso Photo Verified Writer Hadi Santoso

cinta menulis seperti mencintai sepak bola dan bulutangkis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya