Liverpool Pesta Gol dan 4 Fakta Pekan ke-28 Liga Inggris

Arsenal juga pesta gol, bersaing dengan MU berebut posisi 4

Pekan ke-28 Liga Inggris yang digelar pada tengah pekan ini, menghasilkan banyak gol. Dari 10 pertandingan yang digelar pada Selasa (26/2) dan Rabu (27/2) malam waktu setempat atau Kamis (28/2) dini hari waktu Indonesia, tidak ada satupun pertandingan yang berakhir tanpa gol.

Sebaliknya, semua pertandingan berakhir dengan gol. Bahkan, beberapa pertandingan diwarnai hujan gol. Beberapa tim, termasuk tim-tim papan atas, berhasil meraih kemenangan besar. Berikut beberapa fakta dari hasil Liga Inggris di pekan ke-26.

1. Pesta gol ke gawang Watford, Liverpool masih aman di puncak klasemen

Liverpool Pesta Gol dan 4 Fakta Pekan ke-28 Liga Inggristwitter.com/trentaa98

Aliran gol Liverpool yang sempat 'macet' di dua pertandingan sebelumnya saat melawan Bayern Munchen dan Manchester United, akhirnya mengalir lancar di pertandingan dini hari tadi. Liverpool berpesta gol ke gawang Watford. The Reds menang 5-0 di Anfield, Rabu (28/2) malam waktu setempat.

Bermain tanpa Roberto Firmino yang cedera dan posisinya digantikan Divoc Origi, Liverpool tetap tampil ganas. Pertandingan baru berjalan dua menit, Liverpool sudah unggul lewat heading Sadio Mane meneruskan crossing Trent Alex-Arnold. Mane menggandakan keunggulan Liverpool di menit ke-20, lagi-lagi lewat umpan Trent Alex-Arnold. Skor 2-0 tersebut bertahan hingga akhir babak pertama.

Di babak kedua, Origi membayar kepercayaan Juergen Klopp yang memainkannya sebagai starter. Striker asal Belgia ini mencetak gol di menit ke-66. Pesta gol Si Merah ditutup oleh dua gol sundulan Virgil Van Dijk di menit ke-79 dan 82. Gol di menit ke-79 merupakan umpan dari Trent Alex-Arndold yang mencetak "hat-trick assists" di laga ini seperti dikutip dari liverpoolfc.com.

Kemenangan ini membawa Liverpool masih aman di puncak klasemen Liga Inggris. Dari 28 pertandingan, Sadio Mane dan kawan-kawan kini memimpin klasemen dengan raihan 69 poin seperti dikutip dari premierleague.com.

2. Menang berkat gol penalti, Manchester City tempel ketat Liverpool

Liverpool Pesta Gol dan 4 Fakta Pekan ke-28 Liga Inggristwitter.com/premierleague

Manchester City nyaris tergelincir di kandang sendiri. Menjamu West Ham United di pekan ke-28 Liga Inggris, tim Manchester Biru kesulitan mencetak gol. Di babak pertama, trio Leroy Sane, Riyadh Mahrez dan Sergio Aguero dengan ditopang David Silva, Ilkay Gundogan dan Kevin de Bruyne, tak mampu menjebol gawang yang kini dilatih mantan pelatih City, Manuel Pellegrini.

Kondisi itu membuat pelatih Manchester City, Pep Guardiola memasukkan Raheem Sterling dan Bernardo Silva di menit ke-55. Hadirnya dua pemain mungil inilah yang mampu membuat perbedaan. Di menit ke-59, aksi lincah Bernardo Silva membuatnya dijatuhkan bek-bek West Ham di kotak penalti. City pun mendapat 'hadiah' penalti yang dituntaskan sempurna oleh Aguero. Gol itu menjadi satu-satunya gol di laga ini.

Dikutip dari web resmi klub, Pep Guardiola menyebut pemain-pemainnya mengalami kelelahan setelah pada Minggu (24/2) kemarin tampil di final Carabao Cup 2019 melawan Chelsea selama 120 menit dan berujung adu penalti. Namun, terlepas dari itu, dia mengaku senang karena City berhasil menang.

"Kami memang tidak mampu mencetak banyak gol, tetapi kami tampil bagus. Dengan situasi yang kami hadapi, hasil 1-0 ini sudah bagus. Sekarang kami akan beristirahat sebelum menghadapi Bournemouth akhir pekan ini," ujar Guardiola dikutip dari mancity.com.

Kemenangan atas West Ham membuat Manchester City tetap menjaga jarak dengan Liverpool. City (68 poin) yang kini ada di peringkat 2, terpaut satu poin dengan Liverpool.

Baca Juga: Rangkuman Liga Inggris Pekan 21, Liverpool Alami Kekalahan Pertamanya

3. Arsenal-MU bersaing ketat memperebutkan peringkat empat

Liverpool Pesta Gol dan 4 Fakta Pekan ke-28 Liga Inggristwitter.com/premierleague

Persaingan panas tidak hanya terjadi di pucuk klasemen Liga Inggris yang melibatkan Liverpool dan Manchester City. Rivalitas panas juga terjadi antara Arsenal dan Manchester United yang memperebutkan peringkat empat. Dini hari tadi, keduanya berhasil meraih kemenangan.

Arsenal yang menjamu Bournemouth di Emirates Stadium di London, meraih kememangan telak 5-1. Lima gol The Gunners yang memberondong gawang Bournemouth, dicetak Mesut Ozil menit ke-4, Henrikh Mkhitaryan menit ke-27, Laurent Koscielny di menit ke-47, Pierre Emerick Aubameyang menit ke-59 dan ditutup Alexandre Lacazette menit ke-78. Bournemouth sempat memperkecil skor di menit ke-30 lewat gol Lys Mousset.

Sementara Manchester United yang away ke Selhurst Park, meraih kemenangan 3-1 atas tuan rumah Crystal Palace. Romelu Lukaku mencetak dua gol di menit ke-33 dan 52 plus gol Ashley Young di menit ke-83. Satu gol Palace dicetak Joel Ward di menit ke-66 seperti dikuti dari premierleague.com.

Dengan hasil ini, Arsenal kini menempati peringkat 4 dengan 56 poin. Sementara Manchester United ada di peringkat 5 dengan 55 poin. Dengan hanya berselisih satu poin, rivalitas kedua tim untuk masuk empat besar demi bisa lolos ke Liga Champions musim depan, masih panjang. Masih ada 10 pertandingan yang menjadi penentu.

4. Chelsea menangi derby London, move on dari kekalahan di final Carabao Cup

Liverpool Pesta Gol dan 4 Fakta Pekan ke-28 Liga Inggristwitter.com/premierleague

Sementara Chelsea berhasil move on dari kekalahan adu penalti di final Carabao Cup dari Manchester City, Minggu (24/2). Tampil di pertandingan derby London menghadapi Tottenham Hotspur, Chelsea berhasil meraih kemenangan 2-0 di Stamford Bridge.

Dua gol kemenangan Chelsea dicetak oleh Pedro Rodriguez di menit ke-57 serta gol bunuh diri Kevin Trippier di menit ke-84. Kemenangan ini sangat penting bagi Chelsea dalam upaya bersaing masuk ke posisi empat besar. The Blues kini ada di peringkat 6 dengan 53 poin, tertinggal tiga poin dari Arsenal di peringkat 4 dan dua poin. Namun, Chelsea baru memainkan 27 pertandingan. Sementara Arsenal dan MU sudah bermain 28 kali

Pelatih Chelsea, Maurizio Sarri menyebut kemenangan atas Tottenham sangat penting, tidak hanya demi memperbaiki relasi dengan fans, tetapi juga memperbesar peluang masuk ke empat besar.

"Kami butuh banyak poin. Karena itu, kemenangan ini sangat penting karena kami bersaing masuk ke empat besar. Kami masih punya satu pertandingan esktra. Tidak akan mudah tetapi kami akan berjuang keras untuk mewujudkannya," ujar Sarri dikutip dari chelseafc.com.

Dengan selesainya pertandingan dini hari nanti, Liga Inggris musim 2018/19 kini tinggal menyisakah 10 pertandingan. Artinya, masih ada 30 poin yang bisa diperebutkan. Siapa tim yang akhirnya menjadi juara dan juga tim yang masuk zona empat besar, akan ditentukan dalam 10 laga terakhir.

Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Gagalkan Liverpool Juara Liga Inggris Musim Ini

Hadi Santoso Photo Verified Writer Hadi Santoso

cinta menulis seperti mencintai sepak bola dan bulutangkis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya