Comscore Tracker

Hadapi Empoli di Liga Italia, Juventus Tidak Akan Memainkan Ronaldo

Disimpan karena khawatir cederanya kambuh

Setelah jeda dua pekan karena agenda kualifikasi EURO 2010 dan juga pertandingan friendly internasional, kompetisi Liga Seria A Italia akan kembali bergulir pada akhir pekan ini. Tiga pertandingan siap digelar pada Sabtu (30/3) malam hingga Minggu (31/3) dini hari nanti. Salah satunya pertandingan antara pemuncak klasemen Liga Italia, Juventus menghadapi tim peringkat 17, Empoli.

Di atas kertas, Juventus diunggulkan untuk memenangi laga ini. Namun, dengan banyaknya pemain Juve yang baru saja membela negara masing-masing di laga internasional, mereka kemungkinan tidak akan tampil bugar. Termasuk sang bintang, Cristiano Ronaldo yang bakal absen. Ya Juve tidak akan tampil full team di laga ini.

1. Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri siapkan 20 pemain, tidak ada nama Cristiano Ronaldo

Hadapi Empoli di Liga Italia, Juventus Tidak Akan Memainkan Ronaldotwitter.com/juventusfcen

Sehari jelang pertandingan menghadapi Empoli yang merupakan laga di pekan ke-29 Liga Serie A Italia, Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri telah mengumumkan siapa saja pemainnya yang siap bermain di laga ini. Dilansir dari website resmi Juventus, Allegri mengumumkan 20 pemain yang siap tampil menghadapi Empoli.

Ke-20 pemain tersebut yakni Szczesny, De Sciglio, Chiellini, Caceres, Pjanic, Dybala, Alex Sandro, Matuidi, Mandzukic, Kean, Bonucci, Cancelo, Pinsoglio, Perin, Emre Can, Rugani, Bentancur, Bernardeschi, Spinazzola dan Nicolussi Caviglia seperti dikutip dari
juventus.com.

Dari 20 nama pemain Juve tersebut, tidak ada nama Cristiano Ronaldo. Untuk lini penyerangan, Allegri menyertakan nama Mario Mandzukic, Federico Bernardeschi, Paulo Dybala serta penyerang muda, Moise Kean yang tampil bagus bersama Timnas Italia di Kualifikasi EURO 2020.

Sebelumnya, Ronaldo memang mengalami cedera saat membela negaranya, Portugal menghadapi Serbia di laga Kualifikasi EURO 2020, 25 Maret lalu. Di pertandingan yang berakhir 1-1 tersebut, Ronaldo ditarik keluar di menit ke-31 setelah berlari terpincang-pincang saat berusaha mengejar bola hasil umpan rekan setimnya. Dia dinyatakan mengalami cedera hamstring seperti dikutip dari bbc.com.

Baca Juga: Saingi Juventus, Liverpool Jadikan Federico Chiesa Target Utama

2. Allegri sebut kondisi Ronaldo sudah membaik, tetapi dia tidak mau mengambil risiko memainkannya saat melawan Empoli

Hadapi Empoli di Liga Italia, Juventus Tidak Akan Memainkan Ronaldotwitter.com/juventusfcen

Apakah cedera Ronaldo parah sehingga dia sampai tidak masuk dalam tim Juventus untuk laga melawan Empoli nanti? Massimiliano Allegri menyampaikan bahwa cedera yang didapat Ronaldo tidak parah.

Dia menyebut kondisi pemain yang meloloskan Juve ke perempat final Liga Champions lewat hat-trick ke gawang Atletico Madrid ini sudah membaik. Namun, sang megabintang disebutnya masih perlu dijaga kondisinya agar cederanya tidak kembali kambuh.

"Ronaldo baik-baik saja, tetapi diperlukan kehati-hatian. Kami berada dalam fase yang sulit. Dia akan kembali ketika kondisinya benar-benar baik dan tidak akan ada bahaya bahwa dia mungkin kambuh. Kami akan melakukan pemeriksaan pada hari Senin untuk mengevaluasi kondisinya," ujar Allegri dikutip dari football-italia.net.

Selain Ronaldo, Juventus juga masih belum bisa memainkan beberapa pemain penting yang belum pulih dari cedera. Seperti Douglas Costa yang kemungkinan baru pulih pertengahan April nanti. Juga ada bek senior Andrea Barzagli serta pemain sayap asal Kolombia, Juan Cuadrado yang bisa kembali bermain dalam waktu dekat.

3. Tanpa Ronaldo, Juventus akan tetap bermain menyerang dengan mengandalkan Paulo Dybala

Hadapi Empoli di Liga Italia, Juventus Tidak Akan Memainkan Ronaldotwitter.com/juve_kj

Meski tanpa Ronaldo yang sejauh ini menjadi top skor Juve dengan 19 gol, Juventus tidak akan mengubah filosofi bermain menyerang saat menghadapi Empoli nanti. Massimilinao Allegri menyebut timnya akan tetap bermain menyerang dengan mengandalkan trio penyerang, Mandzukic, Bernadeschi dan Dybala.

Allegri menyebut telah berbicara empat mata dengan Paulo Dybala yang musim ini jarang tampil sebagai pemain inti karena kehadiran Ronaldo. Pemain Argentina berjuluk La Joya ini diharapkan bisa mengisi peran Ronaldo sebagai pencetak gol untuk Juve. Allegri juga memberikan wejangan untuk Kean agar tetap kalem meski tengah menjadi sorotan berkat penampilannya bersama Timnas Italia.

"Saya sudah bicara dengan Dybala. Dia tahu ke depan akan menjadi bulan penting. Juventus membutuhkan Dybala yang sesungguhnya. Dia selalu jadi pemain penting bagi kami. Dia aakan mendapatkan akhir musim yang bagus," ujar Allegri seperti dikutip dari juventus.com.

4. Juventus butuh bangkit setelah dikalahkan Genoa sebelum jeda agenda internasional, demi menjauh dari kejaran Napoli

Hadapi Empoli di Liga Italia, Juventus Tidak Akan Memainkan Ronaldotwitter.com/juventusfcen

Jadwal setelah jeda pertandingan internasional terkadang menjadi laga sulit bagi tim-tim besar seperti Juventus karena pemain mereka kembali dalam kondisi kurang bugar atau bahkan cedera setelah membela negara masing-masing. Namun, sesulit apapun, La Vecchia Signora--julukan Juventus ingin menang. Juve yang di laga terakhir sebelum jeda laga internasional, kalah 0-2 dari tuan rumah Genoa, tentunya tidak ingin kembali meraih hasil buruk.

Sebab, bila kembali terpeleset alias gagal menang, Juve akan semakin didekati oleh tim peringkat 2, Napoli. Memang, Juve (75 poin) masih unggul jauh, 15 poin dari Napoli (60 poin) seperti dikutip dari int.soccerway.com.

Namun, dengan 10 pertandingan tersisa, perburuan gelar juara belum selesai. Meski peluangnya kecil, tetapi Napoli belum tamat. Karenanya, bila ingin menjauh dari kejaran Napoli sekaligus segera memastikan gelar juara Serie A musim 2018/19 menjadi milik mereka, Juve wajib menang atas Empoli.

Sementara Empoli melalui sang pelatih, Aurelio Andreazzoli menegaskan timnya 'tahu diri' saat menghadapi Juve. Mereka datang ke Turin dengan hanya mengincar satu poin alias hasil imbang. "Kami akan menghadapi salah satu tim terbaik di dunia. Meski tanpa Ronaldo, mereka masih punya banyak pilihan pemain. Kami selalu bermain ingin memang, tetapi satu poin dari Juventus tidaklah buruk. Dan untuk meraih satu poin, kami harus bertahan dengan baik dan bermain sebagai tim," sebut Andreazzoli seperti dikutip dari football-italia.net.

Menarik ditunggu bagaimana penampilan Juventus tanpa Ronaldo yang selama ini menjadi "sumber gol" bagi tim zebra tersebut. Apakah Juve bisa menang tanpa Ronaldo ataukah Empoli yang bisa mendapatkan poin?

Baca Juga: Saingi Juventus, Liverpool Jadikan Federico Chiesa Target Utama

Hadi Santoso Photo Verified Writer Hadi Santoso

cinta menulis seperti mencintai sepak bola dan bulutangkis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You