Hadapi Senegal, Ini Head To Head Jepang Lawan Tim Afrika

#WorldCup2018 Bila menang, Jepang lolos ke babak 16 besar

Timnas Jepang bisa menjadi wakil Asia pertama yang berhasil lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2018. Syaratnya, Jepang harus bisa menang saat menghadapi wakil Afrika, Senegal di Ekaterinburg, Rusia, pada pertandingan kedua Grup H, Minggu (24/6/2018) malam nanti.

Ya, Jepang kini butuh satu kemenangan lagi untuk lolos ke babak 16 besar usai meraih kemenangan 2-1 atas Kolombia di pertandingan pertama, 19 Juni lalu. Bagaimana peluang Jepang melawan Senegal?

Berikut rapor Jepang ketika bertemu tim-tim Afrika di Piala Dunia.

1. Bertemu Tunisia di Piala Dunia 2002, Nakata mengispirasi kemenangan Jepang

Hadapi Senegal, Ini Head To Head Jepang Lawan Tim Afrikawww.goal.com

Pertemuan pertama Jepang melawan tim Afrika di ajang Piala Dunia, terjadi di edisi 2002, yang merupakan partisipasi kedua mereka di Piala Dunia. Kala itu, Jepang satu grup dengan Tunisia.

Hasilnya, Jepang yang menjadi tuan rumah Piala Dunia 2002 bersama Korea Selatan, berhasil menang 2-0 atas Tunisia di Osaka pada pertandingan terakhir Grup H. Stu gol Jepang dicetak oleh playmaker top mereka, Hidetoshi Nakata, seperti dikutip dari Theguardian.com.

Di akhir penyisihan grup, Jepang finish sebagai pemuncak klasemen Grup H dan lolos ke babak 16 besar. Hanya saja, Jepang tak mampu melangkah ke perempat final usai kalah 0-1 dari Turki. Hingga kini, lolos ke babak 16 besar menjadi prestasi tertinggi Jepang di Piala Dunia.

2. Bertemu Kamerun di Piala Dunia 2010, Jepang kembali menang

Hadapi Senegal, Ini Head To Head Jepang Lawan Tim Afrikawww.mlssoccer.com

Di Piala Dunia 2010, Jepang kembali berada satu grup dengan wakil Afrika. Kali ini adalah Kamerun. Dan, Jepang lagi-lagi meraih hasil bagus ketika menghadapi wakil Afrika.

Jepang berhasil mengalahkan Kamerun 1-0 di pertandingan pertama Grup E yang berlangsung di Bloemfontein. Gol tunggal kemenangan Jepang dicetak oleh Keisuke Honda. Jepang lantas lolos ke babak 16 besar usai finish di posisi 2 di bawah Belanda. Sayangnya, mereka terhenti di babak 16 besar usai kalah adu penalti 3-5 melawan Paraguay.

Di Piala Dunia 2018, Honda masih memperkuat Jepang. Termasuk juga beberapa pemain yang tampil di Piala Dunia 2010. Seperti kiper Eiji Kawashima, bek Yuto Nagatomo dan gelandang Makoto Hasebe dan striker Shinji Okazaki.

 3. Jumpa Pantai Gading di Piala Dunia 2014, Jepang akhirnya kalah dari tim Afrika

Hadapi Senegal, Ini Head To Head Jepang Lawan Tim Afrikawww.latintimes.com

Empat tahun silam di Piala Dunia 2014 yang digelar di Brasil, Timnas Jepang kembali berada satu grup dengan wakil Afrika. Kali ini Pantai Gading yang diperkuat striker fenomenal, Didier Drogba.

Tidak seperti dua pertemuan melawan tim Afrika sebelumnya yang berakhir manis, kali ini Jepang takluk 1-2 pada pertandingan pertama Grup C yang berlangsung di Recife. Unggul lebih dulu lewat Honda, Jepang justru kena coma back lewat gol Wilfried Bonny dan Gervinho yang terjadi hanya dalam 2 menit (Menit 64 dan 66).

Selain Honda, pemain Jepang di Piala Dunia 2014 yang masih tampil di Piala Dunia 2018 yakni kiper Eiji Kawashima, bek Maya Yoshida, Yuto Nagatomo, lalu Makoto Hasebe, Yuya Osako dan Shinji Kagawa.

4. Hadapi Senegal, Jepang akan mainkan skema 4-5-1 

Hadapi Senegal, Ini Head To Head Jepang Lawan Tim Afrikatwitter.com/japantimes

Menghadapi Senegal malam nanti, Pelatih Jepang, Akira Nishino akan kembali memainkan starting XI yang sukses mengalahkan Kolombia di pertandingan pertama. Dikutip dari Fifa.com, Akira Nishino akan mencoba memperkuat lini tengah timnya dengan menumpuk pemain gelandang dalam skema main 4-5-1.

Eiji Kawashima akan berada di bawah mistar, kemudian kwartet Hiroki Sakai, Maya Yoshida, Gen Shoji, Yuto Nagatomo menjaga pertahanan, lalu lima gelandang yakni Makoto Hasebe, Gaku Shibasaki, Genki Haraguchi, Shinji Kagawa, Takashi Inui akan memperkuat lini tengah dan Yuya Osako menjadi penyerang tunggal.

Bisakah Jepang mengalahkan Senegal?

Hadi Santoso Photo Verified Writer Hadi Santoso

cinta menulis seperti mencintai sepak bola dan bulutangkis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya