Hebat, Inilah 3 Tim dengan Pertahanan Terbaik di Piala Dunia 2018

#WorldCup2018 Salah satunya tim dari Asia

Babak penyisihan grup Piala Dunia 2018 telah menyelesaikan dua pertandingan pada Minggu (24/6/2018) malam waktu Rusia atau Senin (25/6/2018) waktu Rusia. Beberapa tim telah memastikan lolos ke babak 16 besar. Dan, beberapa tim juga sudah pasti tersingkir.

Lolosnya beberapa tim ke babak 16 besar itu tidak lepas dari penampilan lini pertahanan yang kokoh--selain tentunya ketajaman dalam mencetak gol. Nah, berikut beberapa tim dengan pertahanan terkuat di Piala Dunia 2018.

1. Meski hadapi penyerang mematikan, Kroasia belum kemasukan gol 

Hebat, Inilah 3 Tim dengan Pertahanan Terbaik di Piala Dunia 2018twitter.com/AnfieldExpress

Dari 32 tim kontestan Piala Dunia 2018 yang telah tampil di dua pertandingan fase grup, Kroasia pantas disebut tim dengan pertahanan terkuat. Betapa tidak, Kroasia menjadi salah satu dari dua tim yang gawangnya belum kemasukan gol dalam dua pertandingan.

Hebatnya lagi, Kroasia mampu mencatat clean sheet meski berhadapan dengan Nigeria yang punya lini serang berbahaya seperti Ahmed Musa, Odion Ighalo dan Viktor Moses. Luka Modric dkk mampu menang 2-0 di laga pertama pada 16 Juni lalu. Kroasia juga mampu memandulkan penyerang-penyerang top Argentina seperti Sergio Aguero, Paulo Dybala dan tentu saja Lionel Messi ketika negara Balkan ini menang 3-0 pada 21 Juni lalu.   

Bek tengah Liverpool, Dejan Lovren tampil kokoh bersama Domagoj Vida di jantung pertahanan Kroasia. Plus dua full back, Sime Vrsaljko dan Ivan Strinic dan kiper Danijel Subasic.

Di laga terakhir Grup D, Kroasia akan bertemu Islandia pada 26 Juni. Karena sudah lolos dan beberapa pemain terkena kartu kuning, sangat mungkin pelatih Kroasia Zlatko Dalic akan mencadangkan beberapa pemain demi fokus babak 16 besar.

"Seharusnya kami tidak menurunkan pemain yang telah mendapat kartu kuning. Namun, pelatih lah yang akan memutuskan siapa yang bermain. Yang jelas kami semua siap," ujar Lovrend.  

2. Ada Godin-Jimenez,  gawang Uruguay juga belum kebobolan

Hebat, Inilah 3 Tim dengan Pertahanan Terbaik di Piala Dunia 2018todoacercadefutbol.com

Selain Kroasia, tim yang gawangnya belum kemasukan gola dalah Uruguay. Dari dua pertandingan di Grup A, Uruguay berhasil menang 1-0 atas Mesir (15/6/2018) dan 1-0 atas Arab Saudi (20/6/2018). Kuatnya lini pertahanan Uruguay tidak lepas dari duet Diego Godin dan Jose Gimenez. Dua centre back yang bermain di Atletico Madrid ini tangguh dan lugas mengawal pertahanan Uruguay selain kiper berpengalaman, Fernando Muslera. 

"Diego dan Jose adalah bek tengah terbaik di dunia. Mereka memainkan peran penting untuk tim ini. Mereka telah bermain bersama dalam beberapa tahun," ujat winger Urugua, Cristian Rodriguez.

Ketangguhan duet Godin-Gimenez akan diuji saat Uruguay menghadapi tuan rumah Rusia pada Senin (25/6/2018) malam nanti. Rusia sejauh ini menjadi salah satu tim paling produktif di Piala Dunia 2018 dengan telah mencetak 8 gol.

3. Iran baru kemasukan satu gol, diuji Ronaldo dkk di laga terakhir Grup B

Hebat, Inilah 3 Tim dengan Pertahanan Terbaik di Piala Dunia 2018sputniknews.com

Ada beberapa tim yang baru kemasukan satu gol dalam 2 laga fase grup Piala Dunia 2018. Mulai dari Rusia, Prancis, Denmark, Brazil dan Meksiko. Namun, dari sekian tim itu, merujuk pada lawan yang dihadapi, Iran layak disebut sebagai tim dengan pertahanan kokoh.

Dari dua pertandingan di Grup B, Iran hanya kemasukan satu gol. Wakil Asia ini mampu mencatat sekali clean sheet saat mengalahkan Maroko 1-0 pada 15 Juni lalu. Bahkan, ketika melawan juara dunia 2010, Spanyol (20/6/2018) yang punya barisan penyerang dan gelandang haus gol, Iran bisa tampil solid dan hanya kecolongan gol Diego Costa.

Pertahanan Iran yang dikoordinir Majid Hosseini dan Morteza Puraliganji akan diuji saat menghadapi Portugal dengan Cristiano Ronaldo tengah on fire di pertandingan terakhir Grup B, Senin (25/6/2018) malam waktu Rusia. Laga ini akan menjadi "hidup mati" bagi Iran yang masih berpeluang lolos ke babak 16 besar.

"Mereka tim yang sangat rapi (terorganisir). Menurut saya, mereka tim terbaik di Asia. Ini akan menjadi pertandingan yang ketat," puji pelatih Portugal, Fernando Santos.

Hadi Santoso Photo Verified Writer Hadi Santoso

cinta menulis seperti mencintai sepak bola dan bulutangkis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya