Inggris Vs Kroasia di Semifinal, Ini Kabar Terbaru Kedua Tim

#WorldCup2018 Kamu dukung siapa nanti malam?

Siapa tim yang akan menjadi lawan Prancis di final Piala Dunia 2018? Jawabannya akan tersaji saat Timas Inggris menghadapi Kroasia di Luzhniki Stadium, Moskow pada laga semifinal yang dimainkan Rabu (11/7/2018) malam waktu Rusia atau Kamis (12/7/2018) dini hari waktu Indonesia.

Inggris, sang juara dunia 1966, akan mengincar final kedua di Piala Dunia setelah 52 tahun menunggu. Sementara Kroasia akan memburu peluang final pertamanya setelah 20 tahun silam terhenti di semifinal. Bagaimana peluang kedua tim? Berikut kabar terbaru kedua tim dan juga fakta laga semifinal ini.

1. Jordan Henderson dan Jamie Vardy pulih dari cedera, Inggris akan tampil full team

Inggris Vs Kroasia di Semifinal, Ini Kabar Terbaru Kedua Timtwitter.com/LFCANZ

Timnas Inggris sempat khawatir dengan kondisi gelandang Jordan Henderson yang mengalami cedera hamstring ketika menghadapi Swedia di perempat final pada 7 Juli lalu. Di laga itu, gelandang pengumpan asal Liverpool ini ditarik keluar di menit ke-85. Toh, kabar terbaru yang dikutip dari beberapa media internasional, Henderson sudah dinyatakan bugar 100 persen dan akan siap tampil melawan Kroasia di semifinal seperti dikutip dari skysports.com.

Tidak hanya Henderson, Inggris juga mendapatkan kabar bagus terkait penyerang Jamie Vardy. Penyerang di Timnas Inggris ini sempat mengalami masalah pada pahanya ketika melawan Kolombia di babak 16 besar. Namun, kondisinay kini juga tidak ada masalah. Artinya, Inggris akan tampil full team demi memburu 'tiket final' Piala Dunia 2018 yang sudah 52 tahun mereka idam-idamkan.

2. Kroasia tunggu pemulihan kiper Subasic, Domgoj Vida 'bebas' dari kasus video politik

Inggris Vs Kroasia di Semifinal, Ini Kabar Terbaru Kedua Timtwitter.com/ChampionsLeague

Sementara Kroasia berharap dua pilar penting di lini belakang, yakni kiper Danijel Subasic dan full back kanan, Sime Vrsaljko sudah bugar 100 persen untuk menghadapi Inggris seperti dikutip dari bbc.com.

Sebelumnya, Vrsaljko mengalami cedera ringan saat babak perpanjangan waktu melawan Rusia di perempat final. Dia ditarik keluar di menit ke-97 yang merupakan pergantian pemain keempat Kroasia di laga tersebut. Sedangkan Subasic mengalami benturan.

Kabar bagus bagi Kroasia, bek tengah Domagoj Vida bisa bermain meskipun tersandung kasus video pro Ukraina. Oleh FIFA, gelandang berambut gondrong yang mencetak gol ke gawang Rusia di masa perpanjangan waktu ini hanya mendapat teguran setelah video statement politiknya dipublikasi secara online.

3. Laga semifinal nanti menjadi pertemuan kedelapan Inggris dan Kroasia

Inggris Vs Kroasia di Semifinal, Ini Kabar Terbaru Kedua Timtwitter.com/indyfootball

Laga semifinal Piala Dunia 2018 nanti merupakan pertemuan kedelapan bagi Inggris dan Kroasia. Di tujuh pertemuan sebelumnya, Inggris dominan dengan telah menang empat kali. Sementara Kroasia menang dua kali dan sisanya berakhir imbang.

Pertemuan terakhir kedua tim di turnamen resmi terjadi di Piala Eropa 2004 atau 14 tahun silam. Kala itu, Inggris menang 4-2 atas Kroasia di pertandingan fase grup lewat 2 gol yang dicetak oleh Wayne Rooney. 

Namun, ada fakta yang wajib diperhatikan Inggris. Bahwa Kroasia hanya sekali kalah dari enam (6) penampilan di fase knock out Piala Dunia. Yakni ketika kalah dari Prancis di semifinal Piala Dunia 1998 seperti dikutip dari standard.co.uk.

4. Inilah prakiraan line up Inggris dan Kroasia

Inggris Vs Kroasia di Semifinal, Ini Kabar Terbaru Kedua Timwww.fifa.com

Di semifinal nanti, Inggris dan Kroasia kemungkinan besar akan patuh pada 'teori' yang paling dianut di sepak bola dont change the winning team. Kedua pelatih sepertinya akan tetap memainkan starting XI terbaik yang terbukti tlah berhasil membawa mereka ke semifinal.

Pelatih Inggris, Gareth Southgate akan tetap memainkan formasi terbaiknya, 3-5-2. Jordan Pickford yang sejauh ini tampil oke, akan tetap menjadi pilihan utama di posisi penjaga gawang. Tiga pemain bertahan dipercayakan kepada Kyle Walker, John Stones, dan Harry Maguire. Sementara lima pemain tengah ada Kieran Trippier, Jordan Henderson, Dele Alli, Jesse Lingard, Ashley Young dan dua penyerang adalah Raheem Sterling dan Harry, Kane. Nama terakhir masih memuncaki daftar top skor Piala Dunia 2018 dengan 6 gol dikutip dari fifa.com.

Sementara Pelatih Kroasia, Zlatko Dalic kembali memainkan skema favoritnya, 4-2-3-1. Danijel Subasic menjadi kiper andalan. Lalu empat pemain belakang ada Sime Vrsaljko, Dejan Lovren, Domagoj Vida dan Ivan Strinic. Dua gelandang top, Ivan Rakitic dan Luka Modric menjadi pengendali lini tengah Kroasia. Sementara Ante Rebic, Andrej Kramaric, Ivan Perisic menjadi penyokong Mario Mandzukic yang diplot sebagai targetman.

Hadi Santoso Photo Verified Writer Hadi Santoso

cinta menulis seperti mencintai sepak bola dan bulutangkis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya