Dramatis, Ini 5 Fakta Matchday Terakhir Fase Grup Liga Champions 

Liverpool, PSG, Tottenham akhirnya lolos ke babak 16 Besar

Pertandingan terakhir fase penyisihan grup Liga Champions yang digelar Rabu (12/12) dini hari tadi menghasilkan ending dramatis bagi beberapa tim yang berjuang lolos ke babak 16 besar. Tiga tim berhasil menggenggam tiket ke babak 16 besar setelah meraih hasil bagus di "laga hidup mati". Sementara dua tim harus puas berada di peringkat ketiga.

Berikut beberapa fakta menarik dari matchday VI (terakhir) penyisihan grup Liga Champions yang dimainkan Rabu dini hari tadi.

 

1. Gol Mohamed Salah bawa Liverpool ungguli Napoli, lolos sebagai runner up Grup C

Dramatis, Ini 5 Fakta Matchday Terakhir Fase Grup Liga Champions twitter.com/LFC

Liverpool berhasil selamat dari ancaman tersingkir dini dari Liga Champions musim ini. Wajib menang bila ingin menjaga peluang lolos ke babak 16 besar, Liverpool berhasil mengalahkan Napoli, 1-0 di Anfield pada laga pamungkas Grup C, dini hari tadi. Gol kemenangan yang dicetak Mohamed Salah di menit ke-34, cukup membawa Liverpool ke babak 16 besar.

Dengan hasil ini, Liverpool yang sebelum laga ada di peringkat tiga, naik ke posisi 2 dengan 9 poin. Sementara Napoli yang sebelumnya memimpin klasemen, melorot ke posisi 3 dan gagal lolos ke babak 16 besar. Secara agregat, Liverpool dan Napoli sama kuat karena sama-sama meraih kemenangan 1-0. Secara gol, Liverpool unggul dari Napoli, 7-2 berbanding 5-2.

Dalam wawancara dengan uefa.com seusai pertandingan, pelatih Liverpool, Juergen Klopp mengakui merasakan ketegangan luar biasa selama laga. Terlebih, Napoli bermain rapi di babak pertama.

"Saya masih merasakan betapa menegangkan pertandingan ini. Kami bermain dengan sepenuh hati. Pertahanan dan pressing kami, malam ini terbaik yang pernah saya lihat. Gol ajaib dari Mo Salah dan penyelamatan hebat dari Alison. Saya sangat bangga," ujar Klopp.

 

2. Pesta gol di Belgrade, Paris Saint Germain jadi juara grup C

Dramatis, Ini 5 Fakta Matchday Terakhir Fase Grup Liga Champions twitter.com/ChampionsLeague

Lolosnya Liverpool dan tersingkirnya Napoli tidak lepas dari hasil yang diperoleh Paris Saint Germain (PSG) di Belgrade. Dini hari tadi, PSG yang juga wajib menang untuk lolos, berhasil menang telak 4-1 atas tuan rumah Crven Zvezda.

PSG mendominasi di pertandingan ini. Di babak pertama, PSG sudha unggul dua gol lewat gol Edinson Cavani di menit ke-10 dan Neymar menit ke-40. Tuan rumah sempat memperkecil skor lewat gol voli Gobeljic di menit ke-56. Tetapi PSG menambah dua gol lewat Marquinhos di menit ke-74 dan Kylian Mbappe di penghujung laga.

Dengan kemenangan ini, PSG lolos ke babak 16 besar sebagai juara Grup C. Tim yang belum pernah memenangi Liga Champions ini memuncaki klasemen Grup C dengan 11 poin dari enam pertandingan.

Predikat juara grup tentunya diharapkan PSG akan memberikan mereka keuntungan di babak 16 besar. Minimal, mereka tidak akan bertemu tim sesama juara grup seperti Barcelona tetapi akan bertemu tim runner-up.

Baca Juga: Liga Champions: Dibungkam PSG 1-2, Nasib Liverpool di Ujung Tanduk

3. Imbangi Barcelona, Tottenham lolos dramatis karena unggul head to head dari Inter Milan

Dramatis, Ini 5 Fakta Matchday Terakhir Fase Grup Liga Champions twitter.com/ChampionsLeague

Hasil dramatis juga tersaji di Stadion Nou Camp, markas Barcelona. Tim Inggris, Tottenham Hotspur, akhirnya lolos ke babak 16 besar setelah berhasil mencetak gol di menit-menit akhir saat mengimbangi Barcelona 1-1 dini hari tadi.

Barcelona yang sudah pasti lolos dan tidak memainkan Lionel Messi sebagai starter, tetap tampil maksimal. Barca langsung unggul cepat lewat gol Ousmane Dembele di menit ke-7. Namun, Tottenham rupanya punya semangat besar untuk tidak kembali ke Inggris dengan kepala tertunduk. Di menit ke-85, Lucas Moura membawa Tottenham menyamakan skor 1-1.

Di pertandingan Grup B lainnya, Inter Milan yang diunggulkan, ternyata hanya mampu bermain 1-1 dengan PSV Eindhoven di San Siro. Kombinasi dua pertandingan itu membuat Tottenham finish di urutan dua Grup B karena unggul head to head mencetak gol away atas Inter Milan (Inter menang 2-1 atas Tottenham di San Siro dan Tottenham menang 1-0 atas Inter di London).

4. Finish di peringkat tiga, Napoli dan Inter turun ke Europa League

Dramatis, Ini 5 Fakta Matchday Terakhir Fase Grup Liga Champions twitter.com/Inter

Kegagalan lolos ke babak 16 besar Liga Champions tentunya mengecewakan bagi Napoli dan Inter Milan. Hasil ini juga menjadi pukulan cukup telak bagi sepak bola Italia. Sebab, dari empat tim Italia yang tampil di fase grup, hanya dua tim (Juventus dan AS Roma) yang berhasil lolos.

Toh, Napoli dan Inter Milan tidak perlu terlalu kecewa. Sebab, mereka belum benar-benar terlempar dari kompetisi Eropa. Sesua aturan UEFA, tim yang finish di peringkat tiga penyisihan grup Liga Champions, bisa tampil di Europa League.

Artinya, Inter yang kini ditangani Luciano Spalletti, masih berpeluang mendapatkan trofi di kompetisi Eropa. Siapa tahu mereka bisa berpeluang juara yang artinya akan mendapat tiket lolos ke Liga Champions musim depan.

"Kami tahu kami harus menang bila ingin lolos. Namun, kami bermain kurang tenang. Sayang sekali, kami tidak mampu mengubah beberapa peluang menjadi gol. Tentu saja kami kecewa," ujar Borja Valero, gelandang Inter Milan.

 

5. Menang di pertandingan terakhir, Dortmund memastikan lolos sebagai juara Grup A

Dramatis, Ini 5 Fakta Matchday Terakhir Fase Grup Liga Champions twitter.com/blackyellow

Pertandingan terakhir penyisihan grup dini hari tadi tidak hanya menjadi penentu lolosnya tim-tim ke babak 16 besar. Laga terakhir tersebut juga menjadi perebutan predikat juara grup dua tim yang sama-sama sudah lolos. Salah satunya di Grup A antara Atletico Madrid dan Borussia Dortmund.

Dortmund yang sebelumnya ada di posisi 2, akhirnya lolos sebagai juara grup setelah meraih kemenangan 2-0 atas tuan rumah AS Monaco. Sementara Atletico Madrid hanya bermain 0-0 dengan tuan rumah Club Bruges.

Hasil ini membuat kedua tim sama-sama mengumpulkan 13 poin. Namun, Dortmund lebih unggul head to head dari Atletico berkat kemenangan 4-0 di kandang pada matchday III dan hanya kalah 0-2 di markas Atletico pada matchday IV.

Malam nanti waktu Eropa atau Kamis (13/12/2018) dini hari waktu Indonesia, masih ada pertandingan terakhir penyisihan Liga Champions di Grup E hingga Grup H.  Selain perebutan tiket lolos terakhir, beberapa tim juga akan bersaing menjadi juara grup. Salah satunya di Grup H antara Juventus dan Mancheser United.

Baca Juga: Ketat, Laga 'Hidup Mati' di Matchday Terakhir Fase Grup Liga Champions

Hadi Santoso Photo Verified Writer Hadi Santoso

cinta menulis seperti mencintai sepak bola dan bulutangkis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya