Jelang Piala Dunia, Maroko Kirim 'Warning Sign' ke Spanyol & Portugal

#WorldCup2018 Maroko bisa menjadi 'kuda hitam' nih!

Berada satu grup dengan Spanyol dan Portugal, tentunya menjadi mimpi buruk bagi tim manapun di Piala Dunia 2018 nanti. Nasib apes itu menimpa Maroko dan Iran yang tergabung di Grup B di Piala Dunia 2018 nanti.

Dengan reputasi sebagai juara dunia 2010 dan juara eropa 2016, Spanyol dan Portugal tentu saja lebih diunggulkan untuk bisa lolos ke babak 16 besar. Namun, Spanyol dan Portugal wajib mewaspadai 'ancaman' Maroko.

Delapan hari jelang dimulainya Piala Dunia 2018, tim Afrika ini mengirim 'warning sign' alias pesan peringatan kepada Spanyol dan Portugal bahwa mereka tidak boleh dianggap remeh.

1. Maroko meraih hasil bagus di pertandingan uji coba

Jelang Piala Dunia, Maroko Kirim 'Warning Sign' ke Spanyol & Portugaltwitter.com

Kesiapan Maroko untuk tampil di Piala Dunia 2018 terlihat dari dua hasil uji coba menghadapi dua tim Eropa yang mereka jalani di awal bulan Juni 2018 ini. Terbaru, Maroko menang 2-1 atas Slovakia dalam pertandingan uji coba di Jenewa, Senin (4/6/2018) malam waktu Eropa atau Selasa (5/6/2018) dini hari waktu Indonesia.

Maroko memperlihatkan ketangguhan mereka sebagai tim yang tidak mudah menyerah. Tertinggal lebih dulu lewat gol Jan Gregus di menit ke-59, Maroko berhasil comeback lewat Ayoub El Kaabi dan Younes Belhanda seperti dikutip dari global.espn.com.

Sebelumnya, Maroko juga bermain 0-0 dengan Ukraina yang nyaris lolos ke Piala Dunia 2018 bila tidak kalah di fase play off. Lewat kemenangan atas Slovakia itu, Maroko seolah mengirim 'pesan ancaman' kepada Spanyol dan Portugal di Piala Dunia 2018 nanti.

Maroko akan mengawali penampilan dengan menghadapi Iran (15/6/2018), lantas bertemu Portugal (20/6/2018) dan Spanyol (25/6/2018).

2. Maroko diperkuat beberapa pemain yang bermain di klub top Eropa  

Jelang Piala Dunia, Maroko Kirim 'Warning Sign' ke Spanyol & Portugalsportslens.com

Maroko menjadi salah satu dari lima wakil benua Afrika yang akan tampil di Piala Dunia 2018. Maroko mungkin kalah populer dari beberapa negara lain yang punya pemain top. Seperti Mesir dengan Mohamed Salah, Nigeria dengan Viktor Moses dan Senegal dengan Sadio Mane. Namun, jangan salah, Maroko juga punya beberapa pemain yang main di liga Eropa. 

Di pertahanan, Maroko punya bek berpengalaman yang kini bermain di Juventus, Mehdi Benatia. Kehadiran Benatia membuat Maroko bahkan tak kemasukan gol selama fase grup kualifikasi. Pemain berusia 31 tahun ini bermain penuh saat Maroko mengalahkan Slovakia seperti dikutip dari soccerway.com.

Maroko juga beberapa pemain muda potensial yang kini bermain di klub-klub top eropa. Diantaranya bek kanan berusia 19 tahun yang main di Real Madrid, Achraf Hakimi. Ada juga gelandang yang bermain di Ajax Amsterdam, Hakim Ziyech (19 tahun) juga Amine Harit yang main di Schalke (20 tahun). Pendek kata, Maroko punya amunisi untuk membuat kejutan di Piala Dunia 2018.

3. Piala Dunia 2018 menjadi partisipasi kelima bagi Maroko, terakhir kali tampil di Piala Dunia 1998

Jelang Piala Dunia, Maroko Kirim 'Warning Sign' ke Spanyol & Portugaltwitter.com

Timnas Maroko cukup berpengalaman tampil di Piala Dunia. Piala Dunia 2018 di Rusia nanti merupakan partisipasi kelima mereka. Kali terakhir Maroko tampil di Piala Dunia terjadi di edisi 1998 di Prancis.

Sebelumnya, Maroko tampil di Piala Dunia 1970, 1986 dan 1994. Prestasi terbaik adalah lolos ke babak 16 besar di PD Meksiko tahun 1986 seperti dikutip dari africanews.com. Di penampilan terakhir di Piala Dunia, Maroko memang gagal lolos dari fase grup karena finish di posisi tiga dibawah Brasil dan Norwegia.

Namun, Maroko yang kala itu dilatih orang Prancis, Henri Michel, tampil cukup memukau dengan bintang utama, Mustapha Hadji. Maroko mampu menahan Norwegia 2-2 dan menang 3-0 atas Skotlandia meski kalah 0-3 dari Brasil.

Kebetulan, di Piala Dunia 2018 nanti, Maroko juga dilatih pria Prancis, Herve Renard. Menarik ditunggu kiprah Maroko, apakah bisa membuat kejutan di Piala Dunia 2018 mendatang.

Hadi Santoso Photo Verified Writer Hadi Santoso

cinta menulis seperti mencintai sepak bola dan bulutangkis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya