Kalahkan Brighton, Man City Ukir Tiga Rekor Baru di Premier League

selamat untuk Man City, juara dan ukir rekor

Juara Premier League Inggris musim 2017/18, Manchester City rupanya belum mau berhenti meraih kemenangan. Meski sudah resmi dinobatkan sebagai juara dengan selisih poin cukup jauh dari tim peringkat dua, Man City ternyata tetap haus kemenangan. Korban terbaru City adalah Brighton & Hove Albion.

Manchester Biru, sebutan Man City, mengalahkan Brighton & Hove Albion 3-1 di Etihad Stadium pada pekan -37 Liga Inggris yang dimainkan, Kamis (10/5/2018) dini hari tadi. Kemenangan ini ternyata membuat Manchester City menciptakan beberapa rekor baru di Liga Inggris. Rekor apa saja?

1. Klub dengan perolehan poin terbanyak dalam sejarah Premier League

Kalahkan Brighton, Man City Ukir Tiga Rekor Baru di Premier Leaguewww.mancity.com

Menjamu Brighton & Hove Albion yang menjadi pertandingan home terakhir di musim ini, Man City rupanya tidak ingin mengecewakan fans mereka. City unggul cepat lewat gol Danilo di menit ke-16. Sempat disamakan Leonardo Ulloa di menit ke-20, City kembali unggul lewat gol Bernardo Silva di menit ke-34. Dan, anak asuh Pep Guardiola menutup laga 3-1 lewat gol Fernandinho di menit ke-72.

Dengan kemenangan ini, perolehan poin City kini menjadi 97 poin. Raihan poin City ini ternyata melewati rekor perolehan poin terbanyak di Premier League yang pernah dibuat Chelsea saat menjadi juara di musim 2004/2005. Kala itu, Chelsea mengumpulkan 95 poin. Setelah 13 tahun, rekor Chelsea itu akhirnya pecah.

Bahkan, City bisa membuat rekor baru di Premier League. Mereka bisa menjadi tim pertama di Liga Inggris yang meraih 100 poin dalam satu musim kompetisi bila di pertandingan terakhir nanti, mampu menang atas tuan rumah Southampton, Minggu (13/5/2018). 

 

2. Klub dengan rekor gol terbanyak di satu musim kompetisi Premier League

Kalahkan Brighton, Man City Ukir Tiga Rekor Baru di Premier Leaguetwitter.com/bbst15

Kemenangan 3-1 yang diraih Manchester City atas Brighton & Hove Albion juga menorehkan rekor baru dalam jumlah gol. Ya, gol Bernanrdo Silva yang merupakan gol ke-104 City di Liga Inggris musim 2017/18. Dan, jumlah gol itu merupakan rekor baru di Liga Inggris dalam satu musim kompetisi. 

Manchester City yang kini mencetak 105 gol, melewati rekor gol milik Chelsea saat jadi juara di musim 2009/10 bersama pelatih Carlo Ancelotti. Dan itu menjadi bukti filosofi permainan menyerang yang diterapkan Guardiola di Man City musim ini. "Meraih 97 poin, banyak gol dan kemenangan, itu menjadi cerminan musim yang kami jalani di musim ini," ujar pelatih manchester City, Pep Guardiola seperti dilansir oleh BBC.

3. Pecahkan rekor kemenangan terbanyak dalam satu musim kompetisi Premier League

Kalahkan Brighton, Man City Ukir Tiga Rekor Baru di Premier Leaguewww.mancity.com

Selain rekor poin dan rekor gol, Manchester City juga menciptakan rekor baru di Premier League untuk kategori jumlah kemenangan dalam satu musim. Dan lagi-lagi, City memecahkan rekor milik Chelsea. 

Kemenangan City atas Brighton & Hove Albion menjadi kemenangan ke-31 dalam 37 pertandingan di Liga Inggris musim ini. Ini melewati pencapaian Chelsea saat juara di musim 2016/17 lalu yang meraih 30 kemenangan. City juga menyamai rekor kemenangan Tottenham di musim 1960-61 saat meraih gelar dobel seperti dikutip dari Sportsnet.ca.

Meski panen rekor, Guardiola menyebut timnya perlu meraih lebih banyak gelar bial ingin disebut sebagai tim legenda seperti halnya Liverpool di era 80 an dan Manchester United kala dilatih Sir Alex Ferguson. "Untuk menyamai United di era 1990 dan Liverpool di era 1980, kami harus meraih lebih banyak trofi. Saya tidak mengatakan kami tim legenda ataupun lebih baik dari mereka. Namun, dalam statistik dan rekor satu musim, kami lebih baik dari mereka dalam sejarah Premier League maupun sepak bola Inggris. Karena itu kami puas," ujar Guardiola.

 

Hadi Santoso Photo Verified Writer Hadi Santoso

cinta menulis seperti mencintai sepak bola dan bulutangkis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya