Seperti Choirul Huda, 3 Kiper Ini Pernah Alami Insiden di Lapangan

Cedera yang mematikan!

Duka masih dirasakan publik sepak bola Tanah Air setelah salah satu putra terbaiknya, Choirul Huda menghembuskan nafas terakhirnya akhir pekan kemarin. Huda memang salah satu putra terbaik sepak bola Indonesia. Almarhum Huda menjadi contoh bagi pemain-pemain muda, tidak hanya dalam hal prestasi yang membuatnya pernah masuk Timnas, tetapi juga dalam semangat, loyalitas dan etos kerja.  

Sepak bola nasional juga bisa mengambil hikmah dari meninggalnya kapten tim dan kiper senior Persela Lamongan ini. Salah satu hikmahnya, segenap pelaku sepak bola mulai pemain hingga tim medis punya pengetahuan dan kemampuan dalam pertolongan pertama ketika ada pemain yang membutuhkan penanganan cepat di lapangan.

Sebab, sebelum Choirul Huda, beberapa kiper di Liga Indonesia juga pernah mengalami kejadian mengerikan di lapangan. Tanpa mengharap, tetapi kejadian horor seperti itu bukan tidak mungkin bisa terjadi karena sepak bola memang merupakan olahraga fisik. Inilah kiper-kiper Indonesia yang pernah mengalami kejadian horor di lapangan yang bisa merenggut nyawa.

1. Aji Saka.

Seperti Choirul Huda, 3 Kiper Ini Pernah Alami Insiden di Lapangantwitter.com/ajisaka

Laga melawan Arema di Stadion Petrokimia Gresik pada 12 Juli 2017 lalu tidak akan pernah dilupakan oleh kiper Persegres Gresik United, Aji Saka. Ketika pertandingan memasuki menit ke-71, dia mengalami kejang-kejang setelah mengamankan gawangnya dari serangan Arema.

Menurut penuturan tim medis Persegres Gresik, Supriyanto kiper berusia 26 tahun ini mengalami benturan keras yang mengenai saraf di bagian kepalanya. Bagian belakang kepala Aji Saka terbentur tiang gawang setelah bertabrakan dengan salah satu pemain Arema. Dan itu menjadi penyebab Aji Saka sempat mengalami kejang-kejang.

Aji kemudian dibopong menuju mobil ambulans oleh tim medis untuk diberikan pertolongan pertama. Ia sempat dibawa ke Rumah Sakit Petrokimia. Setelah menjalani pemulihan beberapa hari, kondisi Aji membaik.

2. I Made Wirawan.

Seperti Choirul Huda, 3 Kiper Ini Pernah Alami Insiden di Lapanganjawapos.com

Kiper senior yang kini membela Persib Bandung, I Made Wirawan, juga pernah mengalami kejadian mengerikan ketika mengawal gawangnya. Ia sempat tak sadarkan diri di lapangan. Peristiwa itu terjadi pada 7 April 2015 ketika Persib Bandung berhadapan dengan Pelita Bandung Raya (PBR).

Dalam sebuah perebutan bola, I Made berbenturan dengan Nova Arianto dua menit jelang babak kedua usai. Ketika jatuh, kepalanya membentur tanah dan badannya tertindih Nova. Karena Persib sudah melakukan tiga kali pergantian, pelatih Persib kala itu, Djajang Nurjaman lalu meminta Vladimir Vujovic menjadi penjaga gawang.

Setelah mendapatkan perawatan oleh tim medis, pada pagi harinya kondisi kiper timnas Indonesia senior itu berangsur membaik.

3. Dimas Galih.

Seperti Choirul Huda, 3 Kiper Ini Pernah Alami Insiden di Lapanganviva.co.id

Pada 19 April 2017 lalu, situasi mencemaskan terjadi di Stadion Gelora Bung Tomo. Kiper Persebaya, Dimas Galih sempat tak sadarkan diri. Saat itu, Persebaya baru saja menyelesaikan laga perdana Liga 2 saat menjamu Madiun Putra.

Kiper yang pernah membela PSM Makassar ini sempat tak sadarkan diri usai wasit Dafit Priatmoko yang memimpin pertandingan Persebaya vs Madiun Putra pada Kamis malam tersebut, meniup peluit panjang tanda pertandingan selesai. Bahkan, dari informasi yang dilansir oleh Juara.Bolasport.com, Dimas Galih sempat diisukan dalam keadaan kritis bahkan meninggal dunia.

Namun, melalui akun Instagram miliknya, Dimas Galih menjawab pertanyaan salah satu follower-nya tentang kondisinya, ”Alhamdulillah sudah baik,” tulis Dimas Galih.

Hadi Santoso Photo Verified Writer Hadi Santoso

cinta menulis seperti mencintai sepak bola dan bulutangkis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya