Masih Menganggur, Mourinho Mengaku Menolak Tawaran Tiga Klub

Tidak aji mumpung, pilih-pilih klub

Apa kabar Jose Mourinho? Sejak diberhentikan Manchester United dari posisi manajer pada Desember 2018 lalu, pelatih karismatik sekaligus kontroversial asal Portugal ini masih menganggur. Dia belum melatih klub.

Namun, bukan berarti Mourinho sudah tidak laku alias tidak ada klub yang tertarik menggunakan jasanya. Terbaru, pelatih yang pernah dua kali memenangi Liga Champions ini berbicara kepada media bahwa dirinya menerima beberapa tawaran klub untuk melatih. Bagaimana ceritanya?

1. Menolak tiga tawaran melatih karena merasa tidak tertantang

Masih Menganggur, Mourinho Mengaku Menolak Tawaran Tiga Klubtwitter.com/bbcsport

Lama tidak terdengar kabarnya setelah didepak dari Manchester United, Jose Mourinho kembali mencuri perhatian media. Dalam wawancara dengan beIN Sports, Mourinho mengaku telah mendapatkan tiga tawaran untuk melatih klub. Namun, pelatih berusia 55 tahun ini rupanya tidak mau aji mumpung dalam menerima tawaran pekerjaan.

"Saya telah menolak tiga tawaran melatih karena mereka (klub yang menawarinya) bukanlah yang saya inginkan," ujar Jose Mourino dilansir BBC.

Namun, pelatih yang pernah meraih trofi Liga Champions bersama FC Porto (2004) dan Inter Milan (2010) ini tidak menyebutkan detail siapa dan darimana tiga klub yang telah mendekatinya tersebut.

Sebelumnya, beberapa media di Eropa sempat memunculkan spekulasi bahwa Mourinho akan kembali ke Inter Milan ataupun Raal Madrid yang merupakan mantan klubnya.

2. Tidak asal menerima tawaran, pertimbangannya yang penting merasa nyaman

Masih Menganggur, Mourinho Mengaku Menolak Tawaran Tiga Klubtwitter.com/squawka


Mourinho mengaku tidak terburu-buru dalam menerima tawaran pekerjaan. Menurutnya, dalam melatih klub sepak bola, yang terpenting adalah dirinya merasakan sebuah tantangan yang membuatnya merasa nyaman. Karenanya, sebelum ada klub yang benar-benar sreg di hatinya, pelatih berusia 55 tahun ini sepertinya lebih memilih menganggur untuk sementara.

"Saya tenang saja. Dalam memilih sebuah tawaran, saya harus memastikan bahwa itu merupakan tantangan yang akan membuat saya bahagia," sambung pria yang pernah menjabat penerjemah pelatih di Barcelona pada pertengahan 90-an ini.

Selama melatih Manchester United, Mourinho sejatinya tidak buruk-buruk amat. Dia membawa United meraih tiga trofi. Salah satunya trofi Europa League 2017. Namun, penampilan buruk United di awal musim 2018/19 plus hubungan kurang harmonis dengan beberapa pemain top United, membuat dirinya kehilangan jabatan.

Baca Juga: Pemain Manchester United Minta Solskjaer Dipatenkan Sebagai Pelatih

3. Sindir Manchester United tidak mendukung dirinya seperti halnya Guardiola dan Klopp yang didukung klubnya

Masih Menganggur, Mourinho Mengaku Menolak Tawaran Tiga Klubtwitter.com/espnfc

Boleh jadi, keputusan Mourinho untuk tidak sembarangan dalam menerima tawaran, dipicu karena kekecewaannya setelah melatih Manchester United. Ya, dalam wawancara tersebut, Mourinho kembali mengungkit kurangnya dukungan manajemen United terhadap dirinya. Utamanya dalam pembelian pemain.

Mourinho mencontohkan Pep Guardiola di Manchester City yang tidak kesulitan mendapatkan pemain-pemain yang diinginkan untuk memperkuat timnya.

"Di musim pertama di City, Guardiola bukanlah juara. Dia menghadapi situasi sulit meski orang mengharapkan City juara. Di musim berikutnya, Pep membuat keputusan hebat yang tentu saja didukung klubnya. Contohnya, dan menjual empat full back dan mendapatkan empat full back baru, Walker, Danilo, Mendy," ujar Mou.

Mantan pelatih FC Porto, Chelsea, Inter Milan dan Real Madrid ini juga membandingkan apa yang diterima Klopp di Liverpool juga sama seperti Pep di City. Setelah Klopp datang, ada banyak pemain baru datang seperti Alisson Becker, Virgil Van Dijk, Mo Sala, Firmino, Mane, Fabinho, Keita. "Sementara bagi saya, saya merasakan situasi lebih sulit sebagai pelatih," keluh Mourinho.

Mourinho juga mengeluhkan perlakuan yang diterimanya ketika dia bertingkah buruk di pinggir lapangan semisal memprtes keputusan wasit ataupun menendang botol. Dirinya seringkali mendapatkan perlakuan berbeda dibandingkan yang diterima Guardiola dan Klopp. Dia bahkan berpikir, perlakukan berbeda tersebut mungkin karena dirinya tidak pernah menjadi pesepak bola profesional.

4. Zlatan Ibrahimovic sebut Solskjaer telah memperbaiki kesalahan Mourinho di United

Masih Menganggur, Mourinho Mengaku Menolak Tawaran Tiga Klubtwitter.com/optajoe

Mourinho boleh saja berpendapat, dirinya tidak mendapatkan dukungan yang kuat dari manajemen Manchester United sehingga berujung penampilan tim yang labil. Namun, faktanya, setelah Mourinho out dan digantikan oleh Ole Gunnar Solskjaer, penampilan United langsung membaik.

Dalam tujuh pertandingan bersama Solksjaer, The Red Devils--julukan Manchester United, selalu menang. Sebelumnya, bersama Mourinho, dari 16 pertandingan, United mencatat 6 kemenangan, 5 kali imbang dan 5 kali kalah.

Padahal, Solskjaer memainkan pemain-pemain 'warisannya' Mourinho alias pemainnya masih sama. Mantan pemain United, Zlatan Ibrahimovic menyebut membaiknya penampilan Tim Setan Merah karena Solskjaer memperbaiki kesalahan Mouriho. Di antaranya dengan membiarkan pemain tengah berkreasi di lapangan. Terbukti, Paul Pogba kini bermain lebih dashyat.

"Paul tidak merasa nyaman dengan pelatih (Mourinho) dan pelatih juga tidak percaya pada Paul. Sulit bagi pemain tampil bagus bila seperti itu. Kini, kita lihat Paul lebih bahagia, lebih lepas dan bermain sepeti yang ingin dia lakukan," ujar Zlatan.

Melihat pergerakan beberapa tim top Eropa di bursa transfer Januari ini, sepertinya belum ada tim yang akan segera berganti pelatih dalam waktu dekat. Kalaupun ada, belum tentu Mourinho bersedia bila ditawari. Kemungkinan, Mourinho akan menikmati waktunya hingga akhir musim. Baru di musim depan, bila ada tawaran yang cocok, bukan tidak mungkin dia kembali melatih.

Baca Juga: Mourinho Menganggur, Inter Milan Dikabarkan Tidak Tertarik

Hadi Santoso Photo Verified Writer Hadi Santoso

cinta menulis seperti mencintai sepak bola dan bulutangkis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya