Inilah 4 Pelatih Sepak Bola Paling Sukses di Tahun 2017

Nomor 1 jadi pahlawan bagi klubnya

Tahun 2017 akan segera berakhir. Sepanjang tahun 2017 ini, ada banyak kisah di sepak bola. Di antaranya tentang nasib pelatih. Ada pelatih yang bernasib tragis karena dipecat oleh klubnya ketika kompetisi baru berjalan beberapa bulan. Ada juga pelatih yang meraih prestasi dengan membawa klubnya juara.

Bahkan ada beberapa pelatih yang berhasil membawa klubnya meraih lebih dari satu trofi. Malah ada pelatih yang bisa meraih lima trofi sepanjang tahun 2017 ini. Berikut ini empat pelatih klub sepak bola Eropa yang paling sukses selama 2017.

1. Zinedine Zidane jadi pelatih paling sukses, raih lima trofi di 2017

Inilah 4 Pelatih Sepak Bola Paling Sukses di Tahun 2017twitter.com

Tahun 2017 menjadi tahun gilang gemilang bagi pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane. Selama tahun 2017, Zidane "panen trofi". Pelatih asal Prancis yang baru dua musim melatih Real Madrid ini sukses mempersembahkan lima trofi dalam setahun seperti dikutip dari Fourfourtwo.com.

Raihan lima trofi itu membuat Zidane yang kini berusia 45 tahun, menjadi pelatih klub sepak bola paling sukses di tahun 2017.

Lima trofi yang diraih Zidane untuk Real Madrid yakni juara Liga Spanyol musim 2016/17, juara Piala Super Spanyol 2017, juara Liga Champions 2017, juara Piala Super Eropa 2017.

Serta yang terbaru, pada akhir pekan kemarin, Zidane membawa Madrid memenangi FIFA Club World Cup usai mengalahkan tim Brasil, Gremio 1-0 di final seperti dikutip dari Uefa.com.

2. Massimiliano Allegri bawa Juventus raih Double Winners

Inilah 4 Pelatih Sepak Bola Paling Sukses di Tahun 2017www.juventus.com

Tahun 2017 juga menjadi tahun hebat bagi pelatih Juventus, Massimiliano Allegri. Pelatih berusia 50 tahun ini berhasil membawa The Old Lady--julukan Juventus meraih dua gelar (double winners).

Selain membawa Juventus menjadi raja Liga Serie A Italia musim 2016/17, Allegri juga sukses mengantarkan Juve jadi juara Coppa Italia 2017, seperti dikutip dari Eurosport.com.

Bahkan Allegri seharusnya bisa meraih empat trofi di tahun ini. Sayangnya, target nomor satu, yakni trofi Liga Champions gagal diraih.

Juve hanya menjadi runner-up setelah di final kalah 1-4 dari Real Madrid, seperti dikutip dari Uefa.com. Juve juga gagal dalam perebutan Piala Super Italia usai dikalahkan Lazio 2-3 dalam final dramatis.

3. Jose Mourinho persembahkan 2 trofi untuk Manchester United

Inilah 4 Pelatih Sepak Bola Paling Sukses di Tahun 2017twitter.com

Jose Mourinho memang belum mampu mengantar Manchester United (MU) meraih trofi Premier League di musim pertama kepelatihannya. Manchester United hanya mampu finish di posisi kelima Liga Inggris musim 2016/17.

Namun, Mourinho tidak gagal total dalam debutnya bersama tim paling sukses di Liga Innggris tersebut. Setidaknya, pelatih asal Portugal ini telah mempersembahkan dua trofi untuk Tim Setan Merah--julukan MU.

Mourinho membawa MU meraih trofi League Cup (EFL Cup) di awal tahun setelah di final menang 3-2 atas Southampton pada 26 Februari seperti dikutip dari Dailymail.co.uk.

Tak hanya trofi lokal, Mourinho juga berhasil membawa MU juara Liga Europa setelah mengalahkan Ajax Amsterdam 2-0 di final yang digelar di Solna. Gelar itu juga menjadi 'tiket' bagi MU untuk bisa tampil di Liga Champions muism 2017/18.

4. Carlo Ancelotti bawa Bayern Munchen raih Dobel Trofi

Inilah 4 Pelatih Sepak Bola Paling Sukses di Tahun 2017twitter.com/MrAncelotti

Carlo Ancelotti memang kini berstatus pengangguran setelah kontraknya diputus di tengah jalan oleh Bayern Munchen per 28 September 2017 silam seperti dikutip dari Theguardian.com. Namun, meski tidak lagi aktif melatih klub, nama Ancelotti tercatat sebagai salah satu pelatih sukses di tahun 2017 ini.

Ya, di tahun 2017 ini, Ancelotti berhasil mempersembahkan dua trofi untuk Bayern Munchen. Selain membawa Bayern juara Bundesliga musim 2016/17 pada Mei lalu, pelatih asal Italia ini juga membawa Bayern juara Piala Super 2017 setelah mengalahkan rival klasik, Borrusia Dortmund lewat drama adu penalti 5-4 (2-2) seperti dikutip dari Bundesliga.com.

Hadi Santoso Photo Verified Writer Hadi Santoso

cinta menulis seperti mencintai sepak bola dan bulutangkis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya