Pilih Bertahan di Barcelona Sampai 2023, Ini Alasan Samuel Umtiti

Sebelumnya sempat digoda Manchester City

Keputusan penting dibuat bek tengah Timnas Prancis, Samuel Umtiti jelang tampil di Piala Dunia 2018. Bek berusia 24 tahun ini memutuskan untuk memperpanjang kontraknya di FC Barcelona. Umtiti meneken kontrak baru berdurasi lima tahun, Senin (4/6/2018) waktu setempat.

"Kabar hebat untuk fans Barcelona, Samuel Umtiti akan tetap mengenakan jersey (Barcelona) sampai 2023," tulis statement resmi Barcelona.

Sebelumnya, seiring penampilan apiknya di Barcelona, Umtiti sempat menjadi target incaran beberapa klub kaya Eropa seperti Manchester City dan Paris Saint-Germain. Namun, Umtiti rupanya tidak tergoda. Apa yang membuatnya mantap lebih memilih bertahan di Barcelona?

1. Merasa Barcelona seperti rumah sendiri

Pilih Bertahan di Barcelona Sampai 2023, Ini Alasan Samuel Umtitiwww.marca.com

Faktor kenyamanan menjadi alasan utama Samuel Umtiti untuk bertahan di Barcelona. Sejak bergabung dari klub Olympique Lyon pada musim 2016/17 silam, Umtiti mengaku merasakan kenyamanan bermain di Barcelona. Karenanya, hengkang ke klub lain tidak masuk dalam opsinya.

Umtiti menyebut tanda tangan kontrak baru yang membuatnya bertahan di barcelona hingga 2023 itu bermakna penting untuk melanjutkan mimpi-mimpi yang ingin dicapainya.

“Saya sangat bahagia dan bangga bisa terus bersama Barcelona. Sejak hari pertama, saya merasa klub dan kota ini rumah saya dan saya ingin terus berada di sini. Saya tidak punya rencana untuk bermain di klub lain,” ujar Umtiti, seperti dikutip dari Independent.co.uk.

2. Bisa cepat beradaptasi karena bantuan Gerrard Pique

Pilih Bertahan di Barcelona Sampai 2023, Ini Alasan Samuel Umtititwitter.com

Sejak bergabung dengan Barcelona, Umtiti langsung bisa beradaptasi dengan permainan Barcelona. Di musim pertamanya, dia langsung menjadi pilihan utama pelatih Luis Enrique di lini pertahanan.

Lalu di musim 2017/18, meski Barcelona berganti pelatih ke Ernesto Valverde, Umtiti tetap menjadi pilihan utama. Musim ini, dia bermain di 40 pertandingan di semua kompetisi.

Umtiti menyebut kemampuannya untuk beradaptasi secara cepat di Barcelona, tidak lepas dari peran Gerrard Pique. Piquelah yang telah banyak membantu baik di dalam maupun di luar lapangan.

“Sejak saya datang, saya punya hubungan bagus dengan Pique. Kami sama-sama suka tertawa. Dia banyak membantu perkembangan saya dan menyenangkan bisa bermain bersamanya. Fans Barcelona kini bisa melihat kolaborasi kami,” sebut Umtiti, seperti dikutip dari Marca.com.

3. Anggap kekalahan dari AS Roma jadi momen terburuknya di Barcelona

Pilih Bertahan di Barcelona Sampai 2023, Ini Alasan Samuel Umtitithe18.com

Selama dua musim membela Barcelona, Umtiti telah merasakan beberapa kali momentum kejayaan. Bahkan dalam debutnya, dia langsung ikut membawa Barcelona jadi juara Piala Super Spanyol.

Lalu juara Piala Raja Spanyol. Di musim 2017/18 ini, dia juga meraih double winners (Juara La Liga Spanyol dan juara Piala Raja Spanyol).

Namun ada satu kenangan buruk yang menurutnya menjadi pencapaian terendah baginya selama membela Barcelona. Yakni, ketika Barcelona disingkirkan AS Roma di perepam final Liga Champions musim ini.

“Ketika kami come back dari PSG di musim lalu, itu momen terbaik bagi saya. Dan untuk momen terburuk, tentu saja di Roma,” kenang Umtiti.

Hadi Santoso Photo Verified Writer Hadi Santoso

cinta menulis seperti mencintai sepak bola dan bulutangkis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya