Comscore Tracker

Inilah 4 Skenario Nasib Timnas Indonesia di Piala AFF 2018

Bergantung hasil laga Filipina vs Thailand malam nanti

Nasib Timnas Indonesia di Piala AFF 2018 akan ditentukan Rabu (21/11/2018) malam nanti. Ya, setelah kalah 2-4 dari Thailand di pertandingan ketiga pada Sabtu (17/11) lalu, peluang Timnas Indonesia untuk lolos ke semifinal semakin menipis. Gambaran apakah Timnas Indonesia masih berpeluang lolos ke semifinal atau tersingkir di babak penyisihan grup, akan terlihat malam ini.

Timnas Indonesia memang tidak akan bermain. Indonesia tinggal menyisakan satu pertandingan menghadapi Filipina di Jakarta pada 25 November mendatang. Namun, nasib Tim Garuda akan banyak bergantung pada dua hasil pertandingan Grup B yang dimainkan malam ini. Bagaimana ceritanya?

1. Bila Filipina bisa meraih poin saat menjamu Thailand, Indonesia akan tersingkir

Inilah 4 Skenario Nasib Timnas Indonesia di Piala AFF 2018foxsportsasia.com

Di klasemen Grup B, Thailand kini memimpin klasemen dengan 6 poin disusul Filipina di peringkat dua juga dengan 6 poin. Singapura ada di peringkat tiga dengan 3 poin dan Indonesia ada di peringkat empat dengan 3 poin. Padahal, hanya dua tim peringkat teratas yang akan lolos ke semifinal. Nah, Rabu (21/11) malam nanti, Filipina akan menjamu Thailand di Panaad Stadium, Bacolod.

Nasib Indonesia akan ditentukan di pertandingan ini. Bila Filipina mampu mendapatkan poin saat melawan Thailand, Timnas Indonesia akan tersingkir. Ambil contoh bila Filipina mendapatkan minimal satu poin (bermain imbang) saat melawan Thailand, maka poin mereka menjadi 7 poin. Artinya, poin Filipina sudah tidak bisa dikejar oleh Indonesia.

Sebab, bilapun mengalahkan Filipina di pertandingan terakhir, poin maksimal Indonesia adalah 6 poin. Sementara Thailand dengan 6 poin, unggul head to head atas Indonesia dan masih menyisakan satu laga menjamu Singapura pada 25 November.

Filipina punya bekal bagus untuk menghadapi Thailand. Di dua laga sebelumnya, Filipina menang 1-0 atas Singapura dan 3-2 atas Timor Leste. "Thailand memang favorit di grup ini. Tapi, kami harus percaya diri. Jika kami bermain bagus, kami punya peluang bagus untuk mengalahkan mereka," ujar Sven Gorak Eriksson, pelatih Filipina dikutip dari affsuzukicup.com.

2. Bila Thailand menang atas Filipina, Indonesia masih punya harapan

Inilah 4 Skenario Nasib Timnas Indonesia di Piala AFF 2018foxsportsasia.com

Peluang Timnas Indonesia untuk lolos ke semifinal memang belum tertutup. Indonesia masih berpeluang bila menang atas Filipina di laga terakhir pada 25 November nanti. Namun, Indonesia kini tidak bisa menentukan nasibnya sendiri. Nasib akhir Timnas di Piala AFF 2018 kini bergantung tim lain. Salah satunya bergantung dari hasil pertandingan Filipina menjamu Thailand malam nanti.

Ya, bila saja Thailand memenangi pertandingan ini, Indonesia masih punya harapan di pertandinga terakhir melawan Filipina di Jakarta. Merujuk raihan Thailand di dua pertandingan sebelumnya: menang 7-0 atas Timor Leste dan menang 4-2 atas Indonesia, Thailand berpeluang meraih kemenangan ketiga di laga ini.

Kabar bagusnya, Thailand masih lapar kemenangan. Dikutip dari website resmi AFF Suzuki Cup 2018, pelatih Thailand, Milovan Rajevic menyebut Thailand akan fokus untuk mengalahkan Filipina meski dia menyebut pertandingan ini akan ketat. "Ini pertandingan penting bagi kedua tim karena kemenangan berarti lolos ke semifinal. Ini akan menjadi pertandingan sulit dan kami siap menghadapinya," ujar pelatih asal Serbia ini dikutip dari affsuzukicup.com.

Baca Juga: Berharap Lolos, Ini 3 Kendala Timnas Indonesia di Piala AFF 2018

3. Indonesia juga menunggu kabar hasil pertandingan Singapura menjamu Timor Leste

Inilah 4 Skenario Nasib Timnas Indonesia di Piala AFF 2018affsuzukicup.com

Tidak hanya berharap pada Timnas Thailand, Timnas Indonesia juga masih harus menunggu hasil pertandingan Singapura yang akan menghadapi Timor Leste di National Stadium, Rabu (21/11) malam nanti. Indonesia menyimpan harapan agar Timor Leste bisa mengimbangi Singapura.

Sebab, bila Singapura menang atas Timor Leste, maka poin Singapura akan menjadi 6 poin. Sementara, Singapura masih menyisakan satu pertandingan melawan Thailand pada 25 November nanti. Plus, Singapura menang head to head atas Indonesia menyusul kemenangan 1-0 di laga pertama penyisihan grup pada 9 November lalu. Artinya, Singapura berpeluang besar finish di atas Indonesia di klasemen.

Pelatih Timor Leste, Norio Tsukitate menyebut anak asuhnya sudah belajar dari tiga pertandingan sebelumnya yang berakhir dengan kekalahan. Melawan Singapura, dia berharap timnya bisa lebih baik. ""Saya pikir mereka telah berkembang dan lebih percaya diri. Kami akan memberikan penampilan 100 persen. Saya tidak bisa memprediksi hasilnya, kami hanya akan melakukan yang terbaik," ujar Norio dikutip dari affsuzukicup.com.

4. Indonesia harus menang atas Filipina di pertandingan terakhir

Inilah 4 Skenario Nasib Timnas Indonesia di Piala AFF 2018twitter.com/affsuzukicup

Nah, bila saja Filipina kalah dari Thailand dan Singapura juga gagal menang atas Timor Leste di pertandingan malam nanti, Timnas Indonesia masih bisa menyongsong pertandingan melawan Filipina dengan semangat tinggi karena masih memiliki harapan. 

Bila Filipina kalah, poin mereka masih 6 poin. Pun, bila Singapura tidak menang atas Timor Leste, maka poin mereka masih 3 atau 4 poin. Artinya, Indonesia masih punya peluang untuk lolos ke semifinal. Syaratnya, Indonesia harus bisa mengalahkan Filipina di pertandingan terakhir. Hanya saja, semuanya masih bergantung pertandingan nanti malam.

Di akun Instagramnya @hannsamuyama, kapten Timnas Indonesia, Hansamu Yama Pranata menulis kata singkat "Hadapi" yang menjadi gambaran bahwa Timnas akan terus berjuang hingga akhir di Piala AFF tahun ini. Tetap semangat Timnas!

Mungkinkah ada keajaiban untuk Timnas Indonesia hingga akhirnya lolos ke semifinal Piala AFF 2018. Semuanya masih misteri. Meski memang, tidak bisa menentukan nasib sendiri dan bergantung pada hasil pertandingan tim lain itu tidak enak.

Baca Juga: Piala AFF 2018: Indonesia Ditekuk Thailand dengan Skor 2-4

Hadi Santoso Photo Verified Writer Hadi Santoso

cinta menulis seperti mencintai sepak bola dan bulutangkis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You