Spurs Lolos ke Liga Champions & 4 Hal Krusial di Liga Inggris Tengah Pekan Ini

Nomor 2 bikin pendukungnya harap-harap cemas

Akhir pekan ini, Premier League Inggris musim 2017/18 akan memasuki pertandingan terakhir alias pekan pamungkas ke-38. Nah, sebelumnya, di tengah pekan ini, ada lima pertandingan di pekan ke-37 yang digelar pada Rabu (9/5/2018) dan Kamis (10/5/2018) dini hari.    

Dan, lima pertandingan tersebut ternyata menghasilkan berbagai drama untuk beberapa tim. Ada tim yang meraih hasil membahagiakan, dan ada tim yang merasakan kabar pahit. Berikut 4 hal krusial yang terjadi di pekan ke-37 Liga Inggris tengah pekan ini.

1. WBA akhirnya terdegradasi

Spurs Lolos ke Liga Champions & 4 Hal Krusial di Liga Inggris Tengah Pekan Initwitter.com/premierleague

Perjuangan hebat West Bromwich Albion (WBA) untuk lolos dari jerat degradasi, akhirnya gagal. Ironisnya, WBA terdegradasi bukan karena kalah, tetapi karena hasil dari pertandingan Swansea City melawan Southampton yang dimenangi Southampton 0-1, Rabu (9/5/2018) dini hari kemarin.

Dengan hasil ini, WBA yang ada di peringkat 19 dengan 31 poin dan menyisakan satu pertandingan, sudah tidak mampu mengejar perolehan poin tim peringkat 17 (batas zona aman), yakni Southampton dengan 36 poin. WBA pun turun ke Championship (Divisi I Liga Inggris) setelah delapan tahun main di Premier League seperti dikutip dari bbc.com.

Sebelumnya, WBA memperlihatkan perjuangan luar biasa untuk tetap bertahan di Liga Primer. Di 5 laga terakhir, WBA tak pernah kalah. Mereka membuat kejutan dengan mengalahkan Manchester United 0-1 di Old Trafford (15/4/2018), menahan Liverpool 2-2 setelah tertinggal 0-2 dan akhir pekan kemarin, WBA mengalahkan Tottenham Hotspur 1-0 (5/5/2018) seperti dikutip dari soccerway.com.

Sayangnya, perjuangan hebat itu gagal membuat WBA selamat.

2. Peluang Chelsea lolos ke Liga Champions kini menipis

Spurs Lolos ke Liga Champions & 4 Hal Krusial di Liga Inggris Tengah Pekan Initwitter.com/IndyFootball

Peluang Chelsea untuk lolos ke Liga Champions musim 2018/19 dengan mengincar posisi empat, kini menipis. Menipisnya peluang The Blues tidak lepas dari kegagalan menang saat menjamu Huddersfield Town. Chelsea hanya bermain 1-1 di Stamford Bridge pada Kamis (10/5/2018) dini hari tadi. 

Menguasai pertandingan, Chelsea justru tertinggal lebih dulu lewat gol Laurent Depoitre di menit ke-50 sebelum Marcos Alonso menyamakan skor menit ke-62. Kini, Chelsea masih ada di peringkat 5 dengan 70 poin, terpaut dua poin dari Liverpool (72 poin) di posisi empat seperti dikutip dari standard.co.uk.

Sebelumnya, Chelsea sempat membuka harapan untuk lolos ke Liga Champions 2018/19 setelah meraih empat kemenangan beruntun. Termasuk mengalahkan Liverpool 1-0 pada Minggu (6/5/2018) kemarin. Kini, untuk lolos ke Liga Champions, Chelsea kini butuh keberuntungan.

Di pertandingan terakhir Liga Inggris, Chelsea harus menang di markas Newcastle United, Minggu (13/5/2018) sembari berharap di waktu yang sama, Liverpool kalah di kandang sendiri dari Brighton & Hove Albion. Mungkinkah terjadi?

Sebaliknya, bagi Huddersfield Town, raihan satu poin di markas Chelsea sudah cukup untuk membuat mereka bertahan di Premier League. Sebelumnya, Huddersfield masuk kandidat tim yang terdegradasi. Kini, Huddersfield ada di perigkat 16 dengan 37 poin dan sudah aman dari ancaman degradasi.

3. Kalahkan Newcastle, Tottenham Hotspur pastikan lolos ke Liga Champions

Spurs Lolos ke Liga Champions & 4 Hal Krusial di Liga Inggris Tengah Pekan Initwitter.com/SuperSportTV

Cerita Chelsea berbeda dengan Tottenham. Ya, dua tim London ini bernasib beda. Bila peluang Chelsea lolos ke Liga Champions semakin tipis, Tottenham Hotspur berhasil memastikan meraih 'satu tiket' lolos ke Liga Champions musim 2018/19 mendatang tanpa harus menunggu pertandingan terakhir.

Spurs memastikan finish di klasemen empat besar setelah mengalahkan Newcastle United, 1-0 di Wembley Stadium lewat gol Harry Kane, Kamis (10/5/2018) dini hari tadi seperti dikutip dari independent.co.uk. Dengan hasil ini, Spurs kini ada di peringkat 3 dengan 74 poin.

Kalau pun di pertandingan terakhir menjamu Leicester, Minggu (13/5/2018), Spurs kalah, poin mereka tidak akan terkejar oleh Chelsea yang ada di peringkat lima dengan 70 poin. Sebab, Chelsea maksimal mengumpulkan 73 poin.

4. Manchester City ukir tiga rekor baru di Liga Inggris

Spurs Lolos ke Liga Champions & 4 Hal Krusial di Liga Inggris Tengah Pekan Iniwww.mancity.com

Meski sudah resmi dinobatkan sebagai juara Liga Inggris musim 2017/18, Manchester City ternyata masih lapar kemenangan. Menjamu Brighton & Hove Albion di Etihad Stadium yang menjadi pertandingan home terakhir di musim ini, Man City menang 3-1, Kamis (10/5/2018) dini hari.

City unggul cepat lewat gol Danilo di menit ke-16. Sempat disamakan Leonardo Ulloa di menit ke-20, City kembali unggul lewat gol Bernardo Silva di menit ke-34. Dan, anak asuh Pep Guardiola menutup laga 3-1 lewat gol Fernandinho di menit ke-72.

Nah, kemenangan City atas Brighton ini ternyata bukan kemenangan biasa. Namun, kemenangan ini berbuah tiga rekor baru. Dengan kemenangan ini, perolehan poin City kini menjadi 97 poin. Raihan poin City ini ternyata melewati rekor perolehan poin terbanyak di Premier League yang pernah dibuat Chelsea saat menjadi juara di musim 2004/2005.

Kala itu, Chelsea mengumpulkan 95 poin. City juga mengukir rekor baru dalam jumlah gol. City yang kini mencetak 105 gol dan melewati rekor gol milik Chelsea (104 gol) saat jadi juara di musim 2009/10 bersama pelatih Carlo Ancelotti. 

Selain rekor poin dan rekor gol, Manchester City juga menciptakan rekor baru di Premier League untuk kategori jumlah kemenangan dalam satu musim. Dan lagi-lagi, City memecahkan rekor milik Chelsea. Kemenangan City atas Brighton & Hove Albion menjadi kemenangan ke-31 dalam 37 pertandingan di Liga Inggris musim ini.

Ini melewati pencapaian Chelsea saat juara di musim 2016/17 lalu yang meraih 30 kemenangan. City juga menyamai rekor kemenangan Tottenham di musim 1960-61 saat meraih gelar dobel seperti dikutip dari standard.co.uk.

Hadi Santoso Photo Verified Writer Hadi Santoso

cinta menulis seperti mencintai sepak bola dan bulutangkis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya