Pemanasan Piala Dunia, 3 Tim Juara yang Difavoritkan Gagal Menang

Mesinnya belum panas nih

Dua pekan jelang bergulirnya Piala Dunia 2018 di Rusia, tim-tim kontestan turnamen sepak bola paling bergengsi di dunia ini sudah "memanaskan mesin". Pada akhir pekan kemarin, ada banyak pertandingan uji coba yang melibatkan tim-tim peserta Piala Dunia 2018. Termasuk tim-tim favorit juara.

Menariknya, ada tiga tim berstatus juara dunia dan juara eropa yang tidak mampu meraih kemenangan di pertandingan uji coba akhir pekan ini. Mungkin, "mesin"-nya memang belum panas. Siapa saja tiga tim tersebut?

1. Sang juara dunia 2014 kalah dari Austria

Pemanasan Piala Dunia, 3 Tim Juara yang Difavoritkan Gagal Menangtwitter.com

Kejutan besar terjadi di pertandingan uji coba akhir pekan kemarin. Tim juara dunia 2014, Jerman yang menargetkan bisa mempertahankan gelar di Piala Dunia 2018, takluk 1-2 dari Austria dalam laga uji coba di Worthersee, Austria, Minggu (3/6/2018).

Sempat unggul lebih dulu lewat gol Mesut Ozil di menit ke-11, Austria berbalik menang lewat gol Martin Hinteregger dan Alessandro Schopf di babak kedua, seperti diutip dari Soccerway.com.

Di pertandingan tersebut, pelatih Jerman, Joachim Loew menurunkan mayoritas pemain berpengalaman. Termasuk kiper Manuel Neur yang baru pulih dari cedera. Lalu ada Sami Khedira, Ilkay Gundogan, Mesut Ozil yang dipadu pemain muda seperti Joshua Kimmich, Nicklas Sule dan Leroy Sane.

Lantas melakukan enam pergantian di babak kedua dengan mencoba dua pemain bintang, Marco Reus dan Julian Draxler. Meski kalah, Jerman tetap dianggap tim favorit juara. Satu di antaranya oleh Meksiko yang akan menjadi lawan perdana Jerman di Grup F Piala Dunia 2018.

"Mereka (Jerman) menghargai proses dan tidak masalah memainkan beberapa pemain muda. Kami akan menganalisa permainan mereka. Yang jelas, Jerman adalah favorit di Piala Dunia," ujar Juan carlos Osorio, pelatih Meksiko, seperti dikutip dari Espn.com.

2. Juara Eropa 2016 bermain 0-0 melawan Belgia

Pemanasan Piala Dunia, 3 Tim Juara yang Difavoritkan Gagal Menangwww.marca.com

Juara Eropa 2016, Portugal, kembali gagal meraih kemenangan dalam laga uji coba. Tim berjuluk Seleccao das Quinas ini bermain tanpa gol (0-0) dengan tim kuat Belgia di Brussel, Minggu (3/6/2018). Sebelumnya, Portugal juga gagal menang dan hanya mampu bermain 2-2 saat melawan tim Afrika, Tunisia (29/5/2018).

Di dua pertandingan uji coba tersebut, Portugal tidak diperkuat superstar sekaligus kapten mereka, Cristiano Ronaldo yang masih mendapat waktu istirahat usai membela Real Madrid di final Liga Champions (27/5/2018).

Meski begitu, pelatih Fernando Santos memainkan beberapa pemain inti seperti Pepe, Joao Moutinho, Jao MArio, Bernardo Silva. Menurut BBC, meski bermain solid, ketidakhadiran Ronaldo membuat Portugal hanya mampu menciptakan sedikit peluang.

3. Spanyol ditahan Swiss

Pemanasan Piala Dunia, 3 Tim Juara yang Difavoritkan Gagal Menangwww.marca.com

Hasil kurang maksimal juga diraih tim juara dunia 2010 dan juara Eropa 2012, Spanyol. Menjamu Swiss di Estadio de la Ceramica di Kota Villarreal, Spanyol hanya mampu bermain 1-1 dengan Swiss, Senin (4/6/2018) dini hari tadi.

Spanyol sempat unggul lebih dulu lewat Alvaro Odriozola di menit ke-29. Namun, Swiss menyamakan skor lewat gol pemain AC Milan, Ricardo Rodriguez di menit ke-62, seperti dikutip dari Marca.com.

Di pertandingan tersebut, pelatih Spanyol, Julen Lopetegui memainkan pemain-pemain terbaiknya seperti David De Gea, Gerrard Pique, Andres Iniesta, David Silva hingga Diego Costa.

Kecuali pemain Real Madrid seperti Sergio Ramos, Marco Asensio dan Isco yang masih mendapat waktu istirahat. Berikutnya, Spanyol akan menghadapi Tunisia, Minggu (10/6/2018) sebagai pemanasan terakhir sebelu tampil di Piala Dunia 2018.

Hadi Santoso Photo Verified Writer Hadi Santoso

cinta menulis seperti mencintai sepak bola dan bulutangkis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya