Kalahkan Arab Saudi, Uruguay Ukir 3 Rekor Keren di Piala Dunia 2018

#WorldCup2018 Siapa pendukungnya Suarez dkk?

Timnas Uruguay menjadi tim kedua setelah tuan rumah Rusia, yang berhasil lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2018. Uruguay memastikan lolos ke babak knock out setelah menang 1-0 atas Arab Saudi di pertandingan kedua Grup A, Rabu (20/6/2018) malam.

Dengan hasil ini, Uruguay mengoleksi 6 poin dan berada di bawah Rusia. Keduanya akan bertemu di laga terakhir Grup A untuk berebut juara grup.

Kemenangan atas Arab Saudi ini ternyata tidak hanya menjadi 'tiket' bagi Uruguay untuk lolos ke babak 16 besar. Namun, ada beberapa makna penting bagi Timnas Uruguay. Apa saja?

1. Start terbaik Uruguay di Piala Dunia sejak edisi 1954

Kalahkan Arab Saudi, Uruguay Ukir 3 Rekor Keren di Piala Dunia 201890min.com

Meski tidak menjadi unggulan juara seperti halnya dua negara Amerika Latin, Argentina dan Brasil, tetapi Uruguay mampu meraih start lebih bagus dari dua 'tetangganya' itu. Ya, kemenangan atas Arab Saudi di Rostov, Rabu (20/6/2018) membuat Uruguay meraih start terbaik di Piala Dunia dalam 60 tahun terakhir.

Baru di Piala Dunia 2018 inilah, Uruguay mampu mengawali dua pertandingan Piala Dunia dengan kemenangan. Di pertandingan pertama, Uruguay menang 1-0 atas Mesir (15/6/2018).

Kali terakhir Uruguay meraih dua kemenangan di awal turnamen terjadi di Piala Dunia 1954 seperti dikutip dari marca.com. Kala itu, Los Celestes menang 2-0 atas Cekoslovakia dan 7-0 atas Skotlandia.

Di Piala Dunia 2014 silam, Uruguay mengawali turnamen dengan kekalahan 1-3 dari Kostarika meski mampu lolos ke babak 16 besar. Pun di Piala Dunia 2010, juara dunia dua kali ini bermain 0-0 dengan Prancis di pertandingan pertama.

Nah, bila di Piala Dunia 1954, Uruguay mengakhiri turnamen sebagai semfinalis, bagaimana di Piala Dunia 2018?

2. Selalu menang atas tim Asia dan hattrick lolos ke babak 16 besar Piala Dunia

Kalahkan Arab Saudi, Uruguay Ukir 3 Rekor Keren di Piala Dunia 2018twitter.com/King_Fut

Kemenangan atas Arab Saudi memperpanjang catatan selalu menang Uruguay ketika bertemu tim Asia di Piala Dunia. Ini adalah kemenangan keempat Uruguay dalam empat pertemuan melawan tim Asia seperti dikutip dari bbc.com.

Dan, dominasi atas tim Asia itu membuat Uruguay mencatat hattrick lolos ke babak 16 besar Piala Dunia. Bagi Uruguay, ini kali ketiga mereka lolos beruntun ke babak 16 besar Piala Dunia.

Sebelumnya, mereka juga berhasil lolos ke babak 16 besar di Piala Dunia 2014 dan 2010. Kali terakhir Uruguay gagal lolos ke babak 16 besar terjadi di Piala Dunia 2002. Sementara di Piala Dunia 2006, mereka tidak tampil.

3. Luis Suarez pemain pertama Uruguay yang mencetak gol di tiga Piala Dunia  

Kalahkan Arab Saudi, Uruguay Ukir 3 Rekor Keren di Piala Dunia 2018fifa.com

Laga melawan Arab Saudi menjadi pertandingan ke-100 bagi penyerang Uruguay, Luis Suarez di ajang internasional. Suarez menjadi pemain keenam yang mencatat 100 penampilan untuk Uruguay.

Dan, Suarez tahu bagaimana cara menandai laga ke-100 nya. Dia mencetak gol tunggal kemenangan Arab Saudi di menit ke-23. Ini gol pertamanya di Piala Dunia 2018 setelah di laga pertama melawan Mesir, dia gagal memanfaatkan tiga peluang menjadi gol. Suarez kini menjadi pemain pertama Uruguay yang mencetak gol di tiga Piala Dunia.

"Pertandingan ini menjadi bukti bahwa sangat sulit untuk memenangi pertandingan di Piala Dunia. Yang terpenting, kami menang dan lolos ke babak 16 besar untuk ketiga kali beruntun," ujar Suarez dikutip dari theguardian.com.

Dengan bertabur rekor tersebut, Piala Dunia kali ini jelas jauh lebih indah bagi Suarez dibanding edisi 2014 lalu. Di Piala Dunia empat tahun lalu, dia dipulangkan dan diskors empat bulan akibat menggigit bek Italia, Giorgio Chiellini.

Hadi Santoso Photo Verified Writer Hadi Santoso

cinta menulis seperti mencintai sepak bola dan bulutangkis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya