Comscore Tracker

Panas! Inilah 5 Derby Paling 'Keras' di Argentina

Prestise sejarah yang harus diperjuangkan #IDNTimesSport

Argentina, sebuah negara di ujung benua Amerika ini merupakan dikenal juga sebagai tempat lahirnya para pesepak bola legenda dunia. Mulai dari Maradona, Riquelme, Batistuta, Veron, hingga Lionel Messi lahir di tanah Tango ini.

Selain sebagai negarai penghasil pesepak bola berbakat, Argentina juga memiliki liga domestik yang ketat dan menampilkan derby-derby sengit dari klub-klub yang tergabung di dalamnya. Salah satu yang paling populer yaitu Superclásico, pertandingan derby yang mempertumakan dua seteru abadi, River Plate dan Boca Juniors.

Pertemuan kedua klub tersebut dianggap sebagai derby terpanas yang sarat gengsi. Selain Superclásico, setidaknya ada empat derby lagi yang dianggap sebagai derby 'terkeras' di Liga Argentina. Simak ulasannya berikut ini. 

1. Superclásico

Ibu Kota Argentina, Buenos Aires, menyimpan satu laga derby paling populer di ranah sepak bola dunia. Mengutip buku Brazilian Football and Their Enemy , derby bertajuk Superclasico ini adalah hal yang sangat penting bagi 3/4 populasi penduduk Argentina.

Perbedaan kelas sosial ekonomi antara kedua klub menjadi latar belakang Superclásico terjadi. River Plate merupakan klub yang berasal dari kawasan elit Nunez yang berisikan deretan bangunan megah, apartemen mewah, dan juga pusat bisnis, yang membuat River Plate dijuluki Los Millonarios. Di sisi lain, Boca Juniors berasal dari kawasan La Boca yang merupakan distrik kota pelabuhan dengan mayorita masyarakat yang berprofesi sebagai pekerja kelas bawah.

Penduduk di La Boca mayoritas merupakan keturunan imigran Italia, sehingga bahasa yang digunakan sehari-hari merupakan bahasa Italia. Berbeda dengan pendukung River Plate yang menggunakan bahasa resmi negara Argentina.

Secara total, kedua klub telah bertemu sebanyak 255 kali, dengan statistik cukup berimbang dimana Boca Juniors telah memenangkannya sebanyak 89 kali, seri sebanyak 83 kali, dan kemenangan bagi River Plate sebanyak 83 kali.

2. Clásico de Avellaneda

Selain derby Superclásico, ada derby lain yang berasal dari Buenos Aries yaitu Clásico de Avellaneda yang mempertemukan Club Atletico Independiente dengan Racing Club de Avellaneda. Derby ini bisa dibilang derby terbesar kedua setelah Superclásico di Argentina.

Rivalitas keduanya terjadi begitu sengit. Dari 227 pertandingan yang mempertemukan kedua klub, Independiente sedikit lebih unggul dengan lebih banyak meraih kemenangan atas rivalnya tersebut. Derby terakhir terjadi pada 10 April 2021 dengan kemenangan Racing Club 1-0. Derby ini akan segera terjadi lagi pada tanggal 9 Agustus 2021.

Baca Juga: Sarat Gengsi, 7 Derby Terpanas di Ranah Sepak Bola Spanyol

3. Rosario Derby

Messi mungkin sudah dianggap sebagai legenda Barcelona, tetapi jangan melupakan klub yang sudah melahirkan Messi, yaitu Newell's Old Boys. Newell's Old Boys merupakan klub yang berbasis di Rosario. Selain Newell's Old Boys ada klub lain yang juga berbasis di Rosario yaitu Rosario Central.

Populer dengan sebutan Rosario Derby, pertemuan antara keduanya selalu menghasilkan salah satu derby terpanas di Argentina. Secara keseluruhan, derby ini sudah terjadi sebanyak 268 kali sejak pertama kali dipertandingkan pada tanggal 18 Juni 1905.

4. La Plata derby

La Plata Derby mempertemukan kedua klub yang berbasis di kota La Plata, yaitu Estudiantes dan Gimnasia y Esgrima. Derby ini sudah mempertemukan kedua tim sebanyak 180 kali, dengan catatan kemenangan terbanyak dipegang oleh Estudiantes. 

5.  Clásico del Sur

Clásico del Sur merupakan derby yang juga terjadi di Kota Buenos Aries. Clásico del Sur atau derby selatan ini mempertemukan klub Banfield and Lanús yang sama-sama berbasis di selatan Buenos Aries.

Derby ini sudah mempertemukan keduanya sebanyak 103 kali, dengan Banfield memegang rekor sebagai pemenang terbanyak hingga hari ini.

Bagi kamu pecinta sepak bola, sempatkan waktumu untuk setidaknya menyaksikan salah satu dari sederet derby terpanas yang disuguhkan di Liga Argentina ini. Niscaya, pemahamanmu dalam menonton sepak bola akan sedikit berubah.

Baca Juga: 5 Pemain yang Mencetak Hattrick pada Laga Derby, Termasuk Ronaldo

Zaey Wayn Photo Writer Zaey Wayn

Ingin memperkenalkan sejarah lebih mudah dipahami

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya