3 Faktor Kunci di Balik Kemenangan Prancis atas Belgia

#WorldCup2018 Gol tunggal Umtiti kalahkan Belgia

Saint Petersburg, IDN Times - Belgia harus mengakui ketangguhan Prancis setelah bek Prancis Samuel Umtiti mencetak satu-satunya gol pada menit 51 yang membawa Les Blues menuju partai final Piala Dunia 2018.

Meski demikian Belgia masih belum angkat koper dan berpeluang merebut juara ketiga di kompetisi 4 tahunan ini.

1. Dominasi Belgia di babak pertama

3 Faktor Kunci di Balik Kemenangan Prancis atas Belgiatwitter.com/kwiffofficial

Sejak peluit pertandingan dibunyikan, Belgia langsung mengambil alih pertandingan. Eden Hazard dkk berusaha merebut bola dari Prancis dan melakukan operan-operan pendek. Penguasaan bola Belgia pun menembus hingga 61 persen pada menit ke 17. Kesempatan Belgia tercipta pada menit 22. Toby Alderwerield mendapat bola hasil sepak pojok, sambil memutar badan ia melakukan tembakan yang diarahkan dan nyaris masuk ke gawang Lloris, beruntung kiper Tottenham itu sigap melakukan penyelamatan.

Di sisi lain Prancis mengandalkan serangan balik melalui Paul Pogba, Antoine Griezmann dan Kylan Mbappe. Prancis tercatat melakukan berbagai tekanan. Pada menit ke-12 Pogba mendapat ruang dengan memberikan operan panjang ke Mbappe yang berlari hingga ke kotak penalti, beruntung Thibaut Courtois sigap menutup ruang tembak dan mengamankan bola.

Begitu juga usaha Griezmann di menit 34 yang menemukan ruang serangan balik untuk Mbappe yang melewati Jan Vertonghen. Mbappe lalu memberikan umpan silang ke Giroud namun gagal dimaksimalkan. 

Usaha kedua tim untuk mencari gol pembuka nihil hingga akhir babak pertama yang berkesudahan dengan skor kacamata.

2. Gol Umtiti buat Belgia panik

3 Faktor Kunci di Balik Kemenangan Prancis atas Belgiafifa.com

Enam menit babak kedua berjalan, Belgia dikejutkan dengan gol dari bek Prancis Samuel Umtiti. Umtiti mencetak gol melalaui sundulannya dengan meloncat lebih tinggi dari Fellaini yang berawal dari sepak pojok Griezmann.

Gol Umtiti mengubah pola serangan Belgia. Menit 60 Dries Mertens masuk menggantikan Mousa Dembele. Roberto Martinez nampaknya memberi instruksi agar Marouane Fellaini bermain lebih maju untuk menyambut bola hasil umpan silang dari pemain tengah seperti Kevin De Bruyne, Mertens dan Hazard. Sayang baik Fellaini atau Lukaku belum dapat mengkonversi menjadi gol.

Martinez mencoba mencari cara di sisa 10 menit pertandingan. Yannick Carassco masuk pada menit 80 menggantikan Fellaini yang bermain kurang baik.

3. Hazard yang yang dimatikan dan Lukaku yang tidak efektif

3 Faktor Kunci di Balik Kemenangan Prancis atas BelgiaMetro.co.uk

Barisan pertahanan hingga lini tengah Prancis coba mematikan peran Hazard yang coba memberikan gebrakan melalui dribel dan operannya. Hazard beberapa kali terlihat egois dengan berusaha menggiring bola masuk ke dalam kotak penalti Prancis, alih-alih memberikan operan kepada rekannya.

Tidak hanya Hazard, Romelu Lukaku juga pantas mendapat sorotan karena tidak mampu mengkonversi peluang yang ia dapat dari De Bruyne, Mertens dan Hazard. Penyerang Manchester United ini terlihat kebingungan ketika mendapat operan yang bisa saja berujung menjadi gol bagi Belgia.

Baca info Piala Dunia hanya di worldcup2018

Topik:

  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya