Ini 7 Menu Makan Malam Tinggi Protein untuk Pesepak Bola

Biar tetap strong!

Jakarta, IDN Times - Para atlet butuh makanan sehat yang terdiri dari berbagai macam nutrisi seperti lemak, serat, karbohidrat dan protein. Bagi atlet, khususnya sepakbola jelas sangat membutuhkan asupan protein. Pada dasarnya, ketika pesepakbola berlatih dengan keras, tubuh membutuhkan pasokan protein yang diperlukan hingga 21 asam amino yang berbeda untuk menciptakan protein yang membentuk otot dan dapat memperbaiki otot lebih kuat dari sebelumnya.

Tubuh atlet mampu menghasilkan beberapa asam amino, tetapi bukan asam amino esensial. Kurangnya salah satu asam amino yang diperlukan untuk sintesis protein (pembentukan otot) menciptakan keterbatasan pada bagaimana tubuh dapat memperbaiki otot. Ini artinya, jika kamu berolahraga, kamu memerlukan asam amino dari makanan tidak hanya untuk pulih, tetapi untuk menumbuhkan otot yang lebih besar.

Pedoman asupan protein terus meningkat sepanjang tahun karena banyak penelitian telah mendukung manfaat dari mengkonsumsi diet protein tinggi. Seorang atlet, perlu sekitar 1,4-2g protein per kilo massa tubuh per hari, tetapi ini tergantung pada kebutuhan seorang atlet. Seorang atlet sepak bola harus mengonsumsi protein dalam jumlah yang teratur sepanjang hari, bukan hanya setelah latihan. Sumber protein harus di setiap makan hari, termasuk di antara waktu makan. Berikut ini adalah 7 makan malam kaya protein yang baik untuk pesepakbola

1. Pesto pasta with chicken, asparagus and peas 

Ini 7 Menu Makan Malam Tinggi Protein untuk Pesepak BolaInstagram.com

Protein kaku yang lezat untuk kekuatan dan stamina yang ada di pasta ini akan memberi atlet cukup energi pasca-pertandingan.

2. Jerk chicken with rice and peas plus corn on the cob

Ini 7 Menu Makan Malam Tinggi Protein untuk Pesepak BolaInstagram.com

Rempah-rempah sangat bagus untuk meningkatkan pemulihan dari olahraga karena mereka anti-inflamasi. Makanan ini memberikan dorongan protein dan energi yang nyata untuk meningkatkan karbohidrat.

3. Thai spiced turkey and quinoa  

Ini 7 Menu Makan Malam Tinggi Protein untuk Pesepak BolaInstagram.com

Daging kalkun mengandung tryptophan yang dapat membantu menginduksi tidur yang sehat. Hemat waktu dengan menggunakan paket pra-masak dari biji gandum yang dicampur untuk mengenyangkan makanan dan menyediakan protein ekstra dan karbohidrat yang baik.

4. Wholegrain spaghetti and sausage meatballs  

Ini 7 Menu Makan Malam Tinggi Protein untuk Pesepak BolaFlickr / Naotake Muraya

Untuk pemulihan otot, perbaikan jaringan dan energi abadi kombinasi dari pasta glikemik rendah dan daging ini membuat makan malam yang ideal.

5. Chicken, sweet potato wedges and broccoli 

Ini 7 Menu Makan Malam Tinggi Protein untuk Pesepak BolaSumber Gambar: molto.co.id
  1. Rempah-rempah ayam untuk menambah rasa dan kualitas pembakaran lemak, sedangkan ubi manis rendah glisemik tidak akan memberi Anda lonjakan gula darah seperti ubi putih, tetapi akan membantu pemulihan otot berkat kandungan vitamin A dan magnesium.

6. Chicken fajitas with guacamole  

Ini 7 Menu Makan Malam Tinggi Protein untuk Pesepak BolaInstagram.com

Alpukat mengandung vitamin K yang tinggi, yang membantu menjaga tulang Anda tetap kuat serta mengandung 'lemak baik' yang melengkapi makanan tanpa protein ini.

7. Beef stir-fry with egg noodles  

Ini 7 Menu Makan Malam Tinggi Protein untuk Pesepak BolaInstagram.com

Potongan daging sapi akan membantupengaturan berat badan serta nutrisi otot, disertai dengan mie untuk pengganti energi berbasis karbohidrat.

Baca Juga: Joachim Loew: Kami Sangat Layak Kalah

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya