Mitos 20 Tahun Piala Dunia Hantui Jerman

#WorldCup2018 Jerman ditekuk Meksiko dengan skor 0-1

Jakarta, IDN Times - Ada mitos yang menghantui Jerman di Piala Dunia 2018 ini. Tim besutan Joachim Loew mungkin tidak akan mampu mempertahankan gelar juara mereka. 

Jangankan mempertahankan juara, Jerman mungkin akan kesulitan lolos dari fase grup untuk maju ke babak penyisihan. Terlebih melihat hasil melawan Meksiko di mana Jerman kalah 0-1.

1. Mitos 20 tahun tim yang menjadi juara Piala Dunia

Mitos 20 Tahun Piala Dunia Hantui JermanTwitter/@FIFAWorldCup

Selama 20 tahun terakhir penyelenggaraan Piala Dunia, atau sejak 1998, hanya 1 dari 4 tim pada Piala Dunia sebelumnya menjadi juara, berhasil melaju ke babak penyisihan. 

Mereka yang tidak lolos adalah Prancis, Italia dan Spanyol.

2. Rekor buruk juara Piala Dunia sebelumnya di fase grup

Mitos 20 Tahun Piala Dunia Hantui Jermanfifa.com

Prancis misalnya, yang menjadi juara Piala Dunia 1998. Pada Piala Dunia 2002 sama sekali tidak berkutik dengan memetik hasil 1 imbang dan 2 kalah.

Begitu juga nasib Italia di Piala Dunia 2010 setelah berhasil menjadi juara pada 2006. Italia tidak pernah meraih kemenangan, 2 kali seri dan 1 kali kalah.

Terakhir adalah Spanyol yang menjadi juara pada 2010. 4 tahun setelahnya, Spanyol meraih 1 kali menang dan 2 kali kalah di fase grup.

3. Hanya Brasil yang bisa melangkah lebih jauh 

Mitos 20 Tahun Piala Dunia Hantui JermanTwitter/@FIFAWorldCup

Satu dari 4 tim yang dimaksud adalah Brasil. Ya, pada 2002 Brasil menjadi juara Piala Dunia setelah mengalahkan Jerman 0-2 di final.

Selang 4 tahun kemudian, Brasil memang tidak lagi menjadi juara dan hanya masuk babak perempat final karena kalah dari Belanda dengan skor 2-1.

Jadi, mampukah Jerman mematahkan mitos itu? Atau akan bernasib sama seperti Prancis, Italia dan Spanyol.

Baca Juga: Di Balik Gema 'Thunderclap' Fans Islandia

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya