Raih Kemenangan Dramatis, Ini Rahasia Inggris Menekuk Tunisia

#WorldCup2018 Semangat hingga tetes keringat terakhir

Jakarta, IDN Times - 17 peluang diciptakan Inggris dalam pertandingan melawan Tunisia pada laga penyisihan grup Piala Dunia 2018 di Volgograd Arena, Selasa (19/6) dinihari. Namun, dari 17 peluang tersebut, hanya 7 yang menemui sasaran dan 2 berbuah gol.

Kedua gol Inggris tersebut diborong Harry Kane pada menit ke-11 dan 90.

Sehingga, meski banyak menghamburkan peluang, namun Inggris akhirnya bisa memetik kemenangan secara dramatis dengan skor 2-1.

1. Inggris tidak bermain bagus, banyak buang peluang

Raih Kemenangan Dramatis, Ini Rahasia Inggris Menekuk Tunisia  fifa.com

Inggris terlihat kesulitan mengembangkan permainan melawan Tunisia meski diunggulkan dapat menang mudah. Nyatanya penguasaan bola Inggris hanya 59 persen dan Tunisia 41 persen

Tujuh tembakan tepat sasaran dan 7 tembakan gagal menemui sasaran, 3 tembakan diblok dan 2 mengenai mistar gawang menjadi bukti Inggris banyak membuang peluang. Catatan itu pun tidak dibantah oleh gelandang Inggris yang juga pemain Liverpool Jordan Henderson.

"Kami tidak mungkin berpikir peluang yang kami lewatkan, di Piala Dunia Anda harus terus maju. Di babak kedua kami melakukan itu, terus berjuang, tidak bermain baik tetapi mereka (Tunisia) bertahan lebih dalam, jauh lebih baik juga," katanya seperti dilansir The Telegraph.

2. Sterling tidak bermain bagus di posisi striker

Raih Kemenangan Dramatis, Ini Rahasia Inggris Menekuk Tunisia  fifa.com

Agresivitas Inggris pada babak pertama adalah cerminan buruknya penyelesaian akhir. Khususnya untuk Sterling. Sterling tidak bermain sebagaimana ketika ia bermain untuk Manchester City. Ia terlihat tidak nyaman bermain sebagai striker berdampingan dengan Kane.

Posisi terbaik Sterling adalah pemain sayap, ia kerap dimainkan Pep Guardiola sebagai sayap kanan ataupun sayap kiri. Dalam pertandingan melawan Tunisia ia tetap terlihat melakukan cut-inside keahliannya, namun berbagai peluang yang ia dapatkan masih gagal dikonversi menjadi gol.

Beruntung ada Harry Kane yang menutup buruknya penyelesaiian akhir Inggris dengan dua golnya.

3. Catatan untuk tidak menyerah hingga akhir pertandingan

Raih Kemenangan Dramatis, Ini Rahasia Inggris Menekuk Tunisia  fifa.com

Meski kesempatan untuk lolos ke babak penyisihan masih terbuka dibanding Panama dan Tunisia, Inggris tetap harus berhati-hati. 

Inggris harus terus memegang kata-kata Harry Kane ini jika mereka tidak kunjung memperbaiki penampilan mereka: berjuang hingga akhir.

"Saya pikir kami bermain sangat baik, bisa mencetak lebih banyak lagi, apresiasi untuk para pemain yang terus berusaha sampai detik terakhir," ujar Kane.

Gol pada masa injury time membuktikan Inggris harus lebih sabar dan terus menciptakan peluang hingga akhir pertandingan meski tidak bermain bagus.

Baca Juga: Inggris Harus Bersusah Payah Mengalahkan Tunisia

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya