Video, Kerennya Rui Patricio Selamatkan Gawangnya

#WorldCup2018 Ronaldo sampai memeluk tanda terima kasih

Jakarta, IDN Times – Kemenangan Portugal 1-0 atas Maroko bukan sekadar milik dan kontribusi Cristiano Ronaldo semata. Ronaldo memang mencetak gol semata wayang Portugal dan menjadi top skor sementara Piala Dunia 2018, namun selain Ronaldo, sosok satu ini layak menjadi bintang lain Portugal.

Adalah Rui Patricio. Kiper pilihan utama Pelatih Portugal Fernando Santos ini layak mendapatkan atensi. Statistiknya terbilang oke. Dari 10 pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2018, Rui hanya kebobolan empat gol.

1. Patahnya dominasi Maroko

Video, Kerennya Rui Patricio Selamatkan GawangnyaFIFA

Portugal sadar bahwa saingan mereka di grup B bukan Cuma Spanyol. Maroko bahkan memiliki rekor bagus lolos ke Piala Dunia 2018 tanpa kebobolan satu gol pun dan mencetak 11 gol. Portugal beruntung memiliki Ronaldo yang mencetak gol cepat pada menit keempat. Namun Maroko-lah yang menguasai jalannya pertandingan.

Penguasaan bola Maroko mencapai 53 persen dengan akurasi operan hingga 77 persen. Kedua angka itu lebih tinggi dari Portugal yang hanya menguasai 43 persen bola dan akurasi operan 76 persen.

Tidak hanya itu, jika bukan karena rapatnya pertahanan Portugal yang diorganisir Rui Patricio, Portugal bisa saja kalah. Total Maroko melepaskan 16 tembakan, 2 on target, 4 off target dan 2 tembakan diblok.

Rui Patricio juga mencatatkan 4 kali penyelamatan, 2 penyelamatan di masing-masing babak.

2. Peran penting Rui Patricio di menit 57 

Video, Kerennya Rui Patricio Selamatkan Gawangnyafifa.com

Saat Maroko berusaha menyamakan kedudukan, Rui Patricio melakukan penyelamatan luar luar biasa dari sundulan Younes Belhanda. Ia melompat menjatuhkan diri ke kanannya untuk mengapai bola yang menuju sudut bawah gawang.

Keberhasilan menepis sundulan Belhanda disambut pelukan Ronaldo untuk Rui Patricio. Jika ia gagal, bisa saja Maroko menyamakan kedudukan dan Portugal gagal meraih kemenangan pertamanya.

3. Rui Patricio berjasa bagi Portugal di hampir seluruh turnamen 

Video, Kerennya Rui Patricio Selamatkan Gawangnyafifa.com

Sama seperti Ronaldo, Rui Patricio adalah starter tak terbantahkan untuk Portugal dan telah memainkan peran kunci dalam menjalankan tim dari 16 pertandingan turnamen tanpa kekalahan. Mulai dari Piala Dunia Brasil 2014, UEFA EURO 2016, Piala Konfederasi FIFA 2017 dan Kualifikasi Piala Dunia Rusia 2018. 

"Saya tidak suka fokus pada individu, saya lebih suka fokus pada tim. Saya ingin menyoroti kinerja tim dalam mencapai satu-satunya tujuan kami, yaitu untuk menang. Kami mencapainya dan kami sangat bahagia. Apa yang saya lakukan tidak berbeda dengan apa yang dilakukan rekan tim saya untuk memenangkan setiap pertandingan. Kemenangan ini merupakan langkah menuju tujuan tim, yang merupakan kualifikasi. Kami masih memiliki satu pertandingan yang akan datang, melawan Iran,” kata Rui Patricio.

Baca juga: Tiga Ritual Ronaldo Sebelum Eksekusi Bola Mati, Unik Banget! 

Topik:

  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya