Borussia Dortmund, Si Raja Bisnis Dunia Sepak Bola

Meraup banyak keuntungan dari hasil penjualan pemain

Nama Borussia Dortmund memang tidak setenar rivalnya di Bundesliga, Bayern Munich. Namun apabila membicarakan masalah transfer pemain, Dortmund bisa dibilang sebagai rajanya. Dapat dilihat dari beberapa musim terakhir, Dortmund selalu menjual pemain-pemainnya dengan angka yang fantastis. Berikut nama-nama pemain yang berhasil dirangkum.

1. Shinji Kagawa: harga beli 350 ribu euro (Cerezo Osaka) - harga jual 22 juta euro (Manchester United)

Borussia Dortmund, Si Raja Bisnis Dunia Sepak Bolabundesliga.com

Shinji Kagawa merupakan salah satu bintang Dortmund yang membuat Manchester United kepincut untuk memboyongnya ke Old Trafford. Akan tetapi, performanya di United tidak begitu gemilang. Alhasil, Dortmund kembali memulangkannya tahun 2014 silam.

2. Mats Hummels: harga beli 4,2 juta euro (Bayern Munich) - harga jual 35 juta euro (Bayern Munich)

Borussia Dortmund, Si Raja Bisnis Dunia Sepak Bolaessentiallysports.com

Bek tangguh asal Jerman ini sejatinya merupakan hasil jebolan akademi Bayern Munich. Namun Dortmund-lah yang memoles Hummels menjadi seorang bek tangguh seperti saat ini. Bayern pun kembali menebusnya dari Dortmund pada tahun 2016 seharga 35 juta euro.

3. Mario Goetze: harga beli gratis (akademi) - harga jual 37 juta euro (Bayern Munich)

Borussia Dortmund, Si Raja Bisnis Dunia Sepak Bolasquawka.com

Akademi Dortmund memang terkenal berhasil menelurkan bakat-bakat muda. Salah satunya adalah gelandang nan lincah Mario Goetze. Namun kepindahannya ke Bayern Munich hanya bertahan selama 3 musim hingga akhirnya Dortmund kembali memulangkannya tahun 2016 lalu.

4. Henrikh Mkhitaryan: harga beli 27,5 juta euro (Shakhtar Donetsk) - harga jual 42 juta euro (Manchester United)

Borussia Dortmund, Si Raja Bisnis Dunia Sepak Bolaskysports.com

Pemain berpaspor Armenia satu ini membela Shakhtar Donetsk dari tahun 2010 hingga tahun 2013. Performa gemilangnya bersama Shakhtar membuatnya menjadi buruan klub-klub besar kala itu. Mkhitaryan pun akhirnya memutuskan untuk bergabung dengan Dortmund pada tahun 2013 dengan mahar sebesar 27,5 juta euro.

Baca Juga: Enggan Kasus Aubameyang dan Coutinho Terulang, UEFA Terapkan Aturan Baru

5. llkay Gündogan: harga beli 5,5 juta euro (Nurnberg) - harga jual 27 juta euro (Manchester City)

Borussia Dortmund, Si Raja Bisnis Dunia Sepak Bolafourfourtwo.com

Pemain berdarah Turki ini berhasil didatangkan oleh Pep Guardiola ke Etihad Stadium pada tahun 2016 silam. Tercatat, sebelum membela City, Gundogan membela Dortmund sejak tahun 2011 hingga 2016. Selama berseragam Dortmund, Gundogan berhasil mencatatkan 105 penampilan dengan sumbangan 10 gol. 

6. Pierre-Emerick Aubameyang: harga beli 13 juta euro (St. Ettiene) - harga jual 63,75 juta euro (Arsenal)

Borussia Dortmund, Si Raja Bisnis Dunia Sepak Bolafootball365.com

Pemain yang terkenal dengan kecepatannya ini berhasil didatangkan Dortmund dari St.Ettiene "hanya" dengan harga 13 juta euro. Terbukti, selama berseragam Dortmund, Aubameyang berhasil mencatatkan 98 gol dari 144 penampilan. Performa impresifnya akhirnya membuat Arsenal memboyongnya dengan harga 63,75 juta euro.

7. Ousmane Dembélé: harga beli 15 juta euro (Stade Rennais) - harga jual 115 juta euro (Barcelona)

Borussia Dortmund, Si Raja Bisnis Dunia Sepak Boladhakatribune.com

Dembele memulai karier seniornya bersama klub Ligue 1, Stade Rennais. Tampil gemilang, Dortmund pun memboyongnya ke Signal Iduna Park dengan harga 15 juta euro. Namun ia hanya membela Dortmund selama 1 tahun sebelum direkrut Barcelona dengan harga yang menjadikannya pemain kedua termahal di dunia dengan harga 115 juta euro .

8. Christian Pulisic: harga beli gratis (akademi) - harga jual 64 juta euro (Chelsea)

Borussia Dortmund, Si Raja Bisnis Dunia Sepak Bolaskysports.com

Pemain terakhir yang menjadi ladang bisnis Dortmund adalah Christian Pulisic. Pemain berpaspor Amerika Serikat ini merupakan jebolan asli akademi Dortmund. Hingga baru-baru ini Pulisic memutuskan untuk bergabung dengan raksasa Premier League, Chelsea, dengan harga mencapai 64 juta euro.

Baca Juga: Resmi! Christian Pulisic Bergabung dengan Chelsea

Hendi Handoko Photo Verified Writer Hendi Handoko

An ordinary guy with extraordinary dreams.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya