Comscore Tracker

Juventus Terlalu Dominan, Presiden Serie A Ingin Kurangi Peserta

Ia berencana untuk mengubahnya menjadi 18 klub saja

Presiden Serie A Italia, Gaetano Micciche, mengaku ingin membuat sebuah rencana yang revolusioner. Gaetano ingin mengubah Serie A agar kembali menjadi kompetitif dan menarik di mata penonton. Menurutnya, dominasi Juventus di Serie A membuat liga berjalan monoton dan kurang menarik. Oleh karena itu, Gaetano kabarnya mencetuskan  pengurangan jumlah klub yang berkompetisi di kasta teratas Italia tersebut.

1. Gaetano ingin mengubah jumlah peserta Serie A menjadi 18 klub saja

Juventus Terlalu Dominan, Presiden Serie A Ingin Kurangi Pesertaskysports.com

Kompetisi-kompetisi di liga papan atas Eropa sejatinya banyak yang memakai sistem 20 tim dalam satu liga, termasuk Serie A. Hanya Bundesliga Jerman yang menggunakan 18 tim dalam kompetisinya. Menurut Gaetano, pengurangan peserta akan menjadikan Serie A semakin kompetitif dan pada akhirnya akan mengembalikan minat penonton untuk menyaksikan sebuah laga.

"Hampir semua liga-liga top Eropa diikuti oleh 20 tim kecuali Bundesliga Jerman. Dewan Federal menyetujui langkah inisiatif yang memungkinkan pemangku kepentingan di kompetisi Serie A mengambil keputusan, apabila memungkinkan, mengurangi jumlah peserta dari 20 tim menjadi 18 tim," ujar Gaetano dilansir dari Calciomercato.

Baca Juga: Bebas Transfer, Diego Godin Sepakat Gabung Raksasa Serie A

2. Juventus terlalu mendominasi Serie A

Juventus Terlalu Dominan, Presiden Serie A Ingin Kurangi Pesertajuvefc.com

Wacana pengurangan peserta ini tak ayal karena Juventus dianggap terlalu mendominasi Serie A. Pasalnya, dalam 7 tahun terakhir, Juventus berhasil menjadi kampiun secara berturut-turut. Hal ini dianggap membuat kompetisi Serie A menjadi tidak menarik dan terlalu didominasi oleh satu tim saja. Tim terakhir yang tercatat menjadi jawara Serie A selain Juventus adalah AC Milan pada musim 2010/2011.

3. Gaetano ingin FIGC memberikan keleluasaan

Juventus Terlalu Dominan, Presiden Serie A Ingin Kurangi Pesertaitalianfootballdaily.com

Akan tetapi, wacana ini bukanlah perkara yang mudah untuk dilaksanakan dan perlu banyak pertimbangan dari berbagai pihak. Gaetano sendiri mengaku akan membawa usulan ini kepada forum agar mendapat keputusan yang terbaik. Tak hanya itu, Gaetano juga berharap agar PSSI-nya Italia alias FIGC dapat memberikan kebebasan bagi liga-liga untuk membuat format mereka sendiri.

Baca Juga: Drama 6 Gol, Parma Berhasil Tahan Imbang Juventus

Hendi Handoko Photo Verified Writer Hendi Handoko

An ordinary guy with extraordinary dreams.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You