Comscore Tracker

Pemain Asli Inggris Sulit Dapat Jatah Bermain, Southgate Khawatir

Tren ini dapat mematikan prestasi The Three Lions

Premier League sudah tak diragukan lagi pamornya sebagai liga yang dikenal paling kompetitif di dunia. Banyak pemain yg berlomba-lomba untuk dapat tampil di liga paling bergengsi ini. Namun ironisnya, justru pemain berdarah Inggris asli yang kesulitan untuk mendapatkan menit bermain di klub mereka.

1. Mencatatkan rekor terendah sepanjang sejarah

Pemain Asli Inggris Sulit Dapat Jatah Bermain, Southgate Khawatirpremierleague.com

Pada pekan ke-14 Premier League 2018/19, tercatat hanya 54 pemain berdarah Inggris yang tampil sejak menit awal dari 220 pemain yang tersedia. Ini berarti hanya 24,5 persen pemain berdarah Inggris atau berwarganegaraan Inggris yang menjadi starter di klub mereka masing-masing. Catatan ini tercatat sebagai rekor terendah sepanjang sejarah Liga Inggris.

Baca Juga: Tahan Imbang Arsenal, Mourinho: Para Pemain Tunjukkan Sikap Fantastis

2. Masalah ini dapat berdampak buruk untuk Timnas Inggris

Pemain Asli Inggris Sulit Dapat Jatah Bermain, Southgate Khawatirmarca.com

Pelatih Inggris, Gareth Southgate, berpendapat bahwa masalah ini harus diselesaikan secepatnya. Menurutnya, jika sepak bola Inggris ingin maju maka klub-klub di Premier League harus berperan sebagai wadah berkembangnya setiap pemain muda Inggris. 

"Bagi para orang tua dan anak laki-laki yang masuk ke akademi, mereka akan berharap ada kesempatan. Jika para pemain muda itu mendapatkan beberapa tahun pengalaman bermain di tim utama, lebih mudah bagi pelatih mereka untuk memilih mereka."

"Itu adalah permasalahan yang harus diselesaikan. Satu hal yang jelas, kita tak bisa membiarkan tradisi ini terus berlanjut karena pada titik apa kita harus berhenti?" ucap Southgate.

3. Southgate menganggap pemain Inggris cukup bagus

Pemain Asli Inggris Sulit Dapat Jatah Bermain, Southgate Khawatirskysports.com

Southgate menilai bahwa catatan itu sangatlah mengecewakan. Menurutnya, pemain asli Inggris sebenarnya memiliki potensi yang dapat diandalkan. Namun Southgate tidak menampik persaingan di Premier League memang begitu ketat.

"Ini luar biasa, musim lalu rata-ratanya 33 persen, lalu terjun di bawah 29 persen, di awal musim ini dan akhir pekan lalu berada di bawah 25 persen dari total semua tim," ucap Southgate dilansir Sky Sports.

Baca Juga: Kalah Dari Wolverhampton, Chelsea Semakin Menjauh dari Puncak Klasemen

Hendi Handoko Photo Community Writer Hendi Handoko

An ordinary guy with an extraordinary dreams.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You