Gokil, Hampir Seluruh Penduduk Islandia Saksikan Laga Lawan Argentina

#WorldCup2018 Euforia Piala Dunia memang sangat besar

Negara debutan di Piala Dunia kali ini baru saja memainkan laga pertama mereka di Piala Dunia 2018 menghadapi Argentina dengan skor imbang 1-1. Sukses menahan imbang runner up Piala Dunia 2014 membuat Islandia menjadi kejutan baru di Piala Dunia kali ini.

Di balik kesuksesan Islandia menahan imbang Argentina tersebut, ternyata ada fakta menarik mengenai perhatian rakyat Islandia terhadap ajang empat tahunan ini.

1. Sebanyak 99,6% rakyat Islandia menyaksikan laga melawan Argentina

Gokil, Hampir Seluruh Penduduk Islandia Saksikan Laga Lawan Argentinawww.thescottishsun.co.uk

Negara dengan populasi sekitar 330 ribu ni berhasil memecahkan rekor siaran televisi di negara mereka. Statistik menyebutkan bahwa 99,6% penduduk Islandia yang menonton televisi menyaksikan pertandingan tersebut, yang artinya hampir seluruh penduduk Islandia menonton Piala Dunia.

Jumlah ini berhasil mengalahkan 58,8% penonton saat Islandia mengalahkan Inggris dalam Euro 2016.

2. Berhasil mencetak gol pertama mereka di Piala Dunia

Gokil, Hampir Seluruh Penduduk Islandia Saksikan Laga Lawan Argentinas.yimg.com

Setelah mencuri perhatian banyak penikmat sepak bola pada Euro 2016 lalu, Islandia kembali mencuri perhatian pada pertandingan kali ini dengan menahan imbang Argentina. Sempat tertinggal 1-0 melalui gol Sergio Aguero, Islandia berhasil menyamakan kedudukan berkat gol striker FC Augsburg, Alfreð Finnbogason.

Gol ini berhasil masuk buku sejarah Islandia sebagai gol pertama mereka di Piala Dunia.

3. Dikenal sebagai negara pencinta sepak bola

Gokil, Hampir Seluruh Penduduk Islandia Saksikan Laga Lawan Argentinadailypost.ng

Meskipun terbilang negara kecil, ternyata antusiasme rakyat Islandia begitu tinggi. Laporan terbaru FIFA menyebutkan, bahwa Islandia memiliki 21.508 orang pemain aktif. Artinya, secara rata-rata 1 dari 15 orang di sana merupakan pesepakbola.

Selain itu, menurut data European Football Statistics (EFS), Urvalsdeild - kompetisi lokal tertinggi di Islandia - menyedot rata-rata 1.107 penonton per laga pada 2015-2016.

Walaupun terbilang kecil, tetapi mengetahui jumlah penduduk Islandia yang terbilang sedikit membuat angka tersebut terbilang besar. Karena rata-rata 1 dari 300 orang Islandia menonton laga di stadion secara reguler.

Sumber :

https://www.si.com/soccer/2018/06/18/iceland-argentina-world-cup-tv-ratings-99-percent

https://www.theguardian.com/football/2018/jun/18/argentina-draw-becomes-iceland-most-watched-sporting-tv-event-in-history

http://www.sportbible.com/football/news-996-of-icelands-population-watched-their-wc-game-vs-argentina-20180618

Hendi Handoko Photo Verified Writer Hendi Handoko

An ordinary guy with extraordinary dreams.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya