Derby Manchester Ternodai Perilaku Rasis, Gelandang MU Jadi Korban

Aksi rasisme kembali terjadi di Premier League

Laga Derby panas pada Minggu (8/12) antara Manchester City dan Manchester United harus ternodai oleh aksi rasisme yang dilakukan oleh suporter Manchester City. Aksi tersebut mengarah kepada gelandang bertahan milik Manchester United, Fred.

Video perlakuan suporter City tersebut pun viral di media sosial. Pihak klub dan pihak kepolisian pun kabarnya akan melakukan investigasi perihal kasus tersebut. 

1. Fred jadi korban rasisme

Derby Manchester Ternodai Perilaku Rasis, Gelandang MU Jadi Korbanskysports.com

Laga ini sendiri berlangsung cukup panas. Manchester City harus menelan kekalahan memalukan dengan skor 1-2 di kandang sendiri. Para suporter pun tampak kecewa dan melakukan beberapa aksi yang kurang terpuji. Saat Fred hendak mengambil tendangan sudut di babak kedua, fans Manchester City tampak melempar barang-barang seperti korek api dan botol kepadanya.

Bahkan salah satu dari lemparan tersebut berhasil mengenai kepala Fred. Tak hanya itu, terdapat oknum suporter The Citizens yang menirukan gestur monyet kepada Fred.

2. Reaksi Fred atas kejadian tersebut

Derby Manchester Ternodai Perilaku Rasis, Gelandang MU Jadi Korbanskysports.com

Aksi tersebut pun membuat Fred angkat suara. Ia mengaku bahwa dirinya tidak sadar mendapatkan perlakuan rasis. Pemain berpaspor Brasil tersebut akhirnya mengetahui kejadian itu di ruang ganti usai pertandingan telah berakhir. Ia juga menyebut lingkup masyarakat di Inggris masih terbelakang.

"Sangat disayangkan kita masih berada di lingkup masyarakat yang terbelakang. Hal ini sangat memalukan karena kita harus hidup dengan rasisme di tahun 2019," ujar Fred.

"Saat berada di lapangan, saya tidak melihat apa pun. Saya baru melihatnya di ruang ganti setelah pertandingan. Rekan-rekan setim yang menunjukkannya. Bahkan suporter Man City melempar korek dan mengenaiku." 

Baca Juga: 3 Alasan Manchester City Mampu Menangkan Laga Derby Manchester

3. Manchester City kecam penuh pelaku rasisme

Derby Manchester Ternodai Perilaku Rasis, Gelandang MU Jadi Korbanskysports.com

Aksi ini pun terdengar oleh pihak klub Manchester City. Mereka juga menegaskan sangat mengecam tindakan rasisme dan aksi pelemparan yang dilakukan oleh suporter City. Pihak klub juga mengatakan bahwa mereka tidak akan mentoleransi aksi tersebut. Mereka menegaskan akan menghukum pelaku rasisme dengan hukuman yang seberat-beratnya. 

"Pihak klub tidak akan mentolerir suporter yang melakukan diskriminasi. Jika pelaku terbukti melakukan aksi rasisme, maka yang bersangkutan akan dihukum seumur hidup dan dilarang untuk datang ke stadion ini lagi," bunyi pernyataan City.

 

4. Pihak klub dan kepolisian akan mengusut kasus tersebut

Derby Manchester Ternodai Perilaku Rasis, Gelandang MU Jadi Korbanskysports.com

Investigasi lebih lanjut pun akan dilakukan. Pihak Manchester City telah menyatakan bahwa mereka akan bekerja sama dengan pihak kepolisian untuk mengusut tuntas kasus tersebut. Bukti rekaman video yang merekam kejadian tersebut akan mempermudah untuk mendalami kasus. 

"Pihak klub tengah bekerja dengan Kepolisian Greater Manchester untuk membantu mengidentifikasi pelaku. Klub juga bekerja sama dengan kepolisian Greater Manchester mengenai kasus pelemparan barang ke dalam lapangan," bunyi pernyataan City.

 

5. Kekalahan atas MU buat City kian terpuruk

Derby Manchester Ternodai Perilaku Rasis, Gelandang MU Jadi Korbanskysports.com

Kekalahan atas Manchester United membuat kesempatan City untuk merengkuh gelar juara kian berat. Tim asuhan Pep Guardiola tersebut saat ini tertinggal 14 poin dari Liverpool yang berada di puncak klasemen sementara Premier League. Dari 5 laga terakhir The Citizens di Premier League, mereka hanya berhasil mencatatkan 2 kemenangan. Alhasil, City saat ini duduk di posisi ke-3 klasemen.

Baca Juga: Manchester City di Atas Angin, Simak Fakta usai Derby Manchester

Hendi Handoko Photo Verified Writer Hendi Handoko

An ordinary guy with extraordinary dreams.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya