Resmi, Chelsea Dijatuhi Larangan Belanja Selama Dua Bursa Transfer 

FIFA telah mengonfirmasi menjatuhkan hukuman kepada Chelsea

Jelang melawan Manchester City di final Piala Liga (24/2), Chelsea mendapatkan sebuah kabar buruk. Klub milik Roman Abramovich tersebut telah secara resmi dijatuhkan sanksi oleh FIFA. The Blues dilarang oleh FIFA untuk melakukan aktivitas transfer pemain dalam dua bursa transfer ke depan. Chelsea dinilai melakukan pelanggaran mengenai regulasi yang dikeluarkan oleh FIFA.

1. Chelsea dianggap melanggar peraturan mengenai transfer pemain di bawah umur

Resmi, Chelsea Dijatuhi Larangan Belanja Selama Dua Bursa Transfer skysports.com

Kasus ini sejatinya telah berlangsung dalam beberapa tahun belakangan. Hal ini dikarenakan Chelsea dilaporkan melanggar aturan-aturan FIFA mengenai transfer dan registrasi pemain yang memiliki usia di bawah 18 tahun.

Dari 92 kasus yang diselidiki oleh FIFA, Chelsea terbukti melakukan pelanggaran dalam 29 kasus. FIFA sendiri membutuhkan waktu selama 3 tahun untuk menyelidiki kasus ini sebelum akhirnya secara resmi menjatuhkan hukuman larangan transfer kepada Chelsea.

"Komite Disiplin FIFA menghukum Chelsea dengan larangan dalam pendaftaran pemain baru baik di level nasional maupun internasional untuk dua periode registrasi secara beruntun. Hukuman ini berlaku untuk seluruh komponen klub - kecuali tim wanita dan futsal, dan tidak menutup celah untuk pelepasan pemain," bunyi pernyataan resmi FIFA.

Baca Juga: Duel Kontra Man City Kabarnya Jadi Penentu Masa Depan Sarri di Chelsea

2. Tak hanya Chelsea, FIFA juga memberikan denda kepada FA

Resmi, Chelsea Dijatuhi Larangan Belanja Selama Dua Bursa Transfer en.wikipedia.org

Selain memberikan larangan transfer dalam dua bursa transfer ke depan, Chelsea juga didenda oleh FIFA sebesar 460 ribu pound sterling atau sekitar Rp 8,4 miliar. Tak hanya itu, Federasi Sepakbola Inggris (FA) juga terkena imbasnya. FA secara resmi dijatuhkan denda oleh FIFA sebesar 390 ribu pound sterling atau sekitar Rp 7,1 miliar. Kedua pihak baik Chelsea maupun FA masih dapat mengajukan banding Komite Banding FIFA nantinya.

Hukuman larangan transfer ini bukanlah yang pertama kalinya dialami oleh Chelsea. Pada tahun 2009, Chelsea pernah dijatuhi hukuman yang sama karena insiden transfer pemainnya saat itu, Gael Kakuta. Kala itu, banding yang diajukan Chelsea diterima dan masa hukuman pun dipersingkat.

3. Christian Pulisic akan menjadi satu-satunya pemain baru Chelsea di musim panas nanti

Resmi, Chelsea Dijatuhi Larangan Belanja Selama Dua Bursa Transfer skysports.com

Hukuman ini pun dipastikan akan berdampak besar kepada skuat Chelsea secara keseluruhan. Apabila bandingnya ditolak, Chelsea dipastikan tak dapat mendatangkan pemain baru dalam 2 bursa transfer ke depan.

Untungnya, Chelsea telah berhasil mengamankan jasa Christian Pulisic dari Dortmund pada bursa transfer Januari yang lalu. Pulisic akan secara resmi berseragam The Blues pada musim depan. Selain itu, Chelsea juga dipastikan tidak dapat mempermanenkan status Gonzalo Higuain dan Mateo Kovacic yang berstatus sebagai pemain pinjaman.

Baca Juga: Daftar Klub Terboros Bursa Transfer Musim Dingin, Chelsea Teratas!

Hendi Handoko Photo Verified Writer Hendi Handoko

An ordinary guy with extraordinary dreams.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya