5 Pemain Liverpool yang Bersinar Pada Era Transfer Klopp

Semuanya menjadi andalan bagi Liverpool

Liverpool menampilkan perfroma impresif sepanjang musim ini. Hal ini ditunjukkan dengan keberhasilan Liverpool mengunci satu tiket Liga Champions musim depan, dengan berada di posisi keempat klasemen akhir Liga Inggris musim 2017/18.

Selain itu, Liverpool juga masih berpeluang mendapatkan trofi pada musim ini. Karena masih akan tampil di partai Final Liga Champions melawan Real Madrid, 26 Mei mendatang.

Keberhasilan Liverpool tentunya tidak lepas dari kebijakan startegi transfer yang diterapkan sang juru taktik, Jürgen Klopp. Dalam melakukan pembelian pemain, Klopp dikenal sebagai tipikal pelatih yang mengutamakan kebutuhan tim, bukan nama besar.

Terlebih, Klopp mampu memoles pemain biasa menjadi bintang seperti apa yang dilakukannya saat melatih Borussia Dortmund.

Berikut adalah lima pemain yang memiliki performa impresif musim ini, saat dibeli Liverpool pada era kepelatihan Klopp.

1. Loris Karius

5 Pemain Liverpool yang Bersinar Pada Era Transfer Klopptwitter.com/@LorisKarius

Pemain berkebangsaan Jerman ini, dibeli oleh Liverpool dari Mainz 05 dengan banderol sekitar 4,7 Juta Pounds pada tahun 2016. Berposisi sebagai kiper, pembelian Karius diproyeksikan untuk memberikan persaingan bagi Simon Mignolet.

Awal kehadirannya ke Liverpool, Karius belum bisa memberikan penampilan terbaiknya. Sehingga belum mendapatkan tempat sebagai penjaga gawang utama Liverpool.

Namun, seiring menurunnya performa Mignolet, Karius mulai mendapatkan kepercayaan dari Klopp. Hingga saat ini, Karius telah menjadi pilihan utama Klopp untuk mengisi sektor penjaga gawang Liverpool.

Berdasarkan statistik dari Premierleague.com, Karius mencatatkan 13 cleansheets dari 29 peampilannya bersama Liverpool di Liga Inggris musim ini.

2. Andrew Robertson

5 Pemain Liverpool yang Bersinar Pada Era Transfer Klopptwitter.com/@Squawka

Pembelian Andrew Robertson merupakan salah satu kejelian seorang Klopp. Dilansir Indpendent.co.uk, pemain yang berposisi sebagai bek kiri ini, dibeli dari Hull City dengan nilai transfer sekitar 8 Juta Pounds.

Serupa dengan Karius, Robertson diplot untuk memberikan persaingan bagi Alberto Moreno. Awal kedatangannya pun Robertson lebih banyak berada dibangku cadangan.

Seiring cederanya Moreno, Robertson mulai mendapatkan kesempatan dari Klopp. Peluang bermain tersebut ternyata tidak disia-siakan Robertson. Dirinya menjadi andalan di posisi bek kiri Liverpool baik di Liga Inggris dan Liga Champions pada musim ini.

Terakhir, Robertson turut berperan dalam kemenangan Liverpool atas Brighton pada laga terakhir Liga Inggris, dengan mencatatkan 1 gol serta 1 assists.

3. Sadio Mané

5 Pemain Liverpool yang Bersinar Pada Era Transfer Klopptwitter.com/@LFC

Sadio Mané didatangkan Liverpool dari Southampton pada 2016. Dilansir dari BBCSport.com, biaya transfer pemain berusia 26 tahun tersebut diperkirakan mencapai 34 Juta Pounds. Kehadiran Mané diproyeksikan Klopp untuk menambah daya serang Liverpool.

Hingga kini, Mané menjadi pilar penting bagi Liverpool. Terlebih pada musim ini, Mané menjadi bagian dari trio lini serang Liverpool bersama dengan Roberto Firmino dan Mohamed Salah.

Performa pemain timnas Senegal ini terbilang cukup impresif. Dilansir dari data statistik whoscored, Mané sudah mencatatkan 19 gol serta 8 assists dari 39 penampilannya di seluruh kompetisi bersama dengan Liverpool pada musim ini.

4. Virgil Van Dijk

5 Pemain Liverpool yang Bersinar Pada Era Transfer Klopptwitter.com/@LFC

Transfer bek berusia 26 tahun ini, sempat menyisakan drama yang cukup panjang. Negosiasi alot antara Southampton dengan Liverpool, membuat kepindahan Van Dijk beberapa kali tertunda. Namun pada akhir tahun 2017, Liverpool berhasil merealisasikan kepindahan kapten timnas Belanda tersebut ke Anfield.

Dilansir theguardian.com, Liverpool harus mengeluarkan biaya transfer sebesar 75 Juta Pounds, sehingga menjadikan Van Dijk sebagai bek termahal di dunia.

Penampilannya bersama Liverpool dinilai sepadan dengan harga transfernya. Van Dijk menjadi pilihan utama Klopp serta menjadi leader pada lini belakang Liverpool. Dari 21 penampilannya bersama Liverpool sepanjang musim ini, Van Dijk telah mencetak 1 gol saat mengalahkan Everton pada ajang FA Cup.

5. Mohamed Salah

5 Pemain Liverpool yang Bersinar Pada Era Transfer Klopptwitter.com/@LFC

Pembelian Mohamed Salah mungkin menjadi pembelian terbaik yang dilakukan Klopp. Transfer Salah dari AS Roma ke Liverpool bernilai sekitar 39 Juta Pounds. Di musim pertamanya berseragam The Reds, Salah langsung menunjukkan performa yang sangat impresif, sehingga menjadi idola baru bagi para pendukung Liverpool.

Berbagai penghargaan individual berhasil didapatkan pemain asal Mesir ini. Terakhir, Salah berhasil mendapatkan gelar pencetak gol terbanyak Liga Inggris musim 2017/18 dengan torehan 32 gol.

Dilansir dari Espn.com torehan 32 gol Salah dalam 38 pertandingan, menjadi rekor baru di Liga Inggris, mengalahkan rekor sebelumnya yang dicatat Luis Suarez (31 gol musim 2013/14), Cristiano Ronaldo (31 gol musim 2007/08), dan Alan Shearer (31 gol musim 1995/96).

Itulah kelima pemain yang berhasil bersinar di era transfer Jürgen Klopp. Meskipun bukan nama besar, tetapi kelima pemain tersebut mampu memberikan penampilan terbaiknya bersama Liverpool musim ini.

Menarik ditunggu bagaimana kejelian seorang Klopp dalam melakukan transfer pemain bagi Liverpool pada musim mendatang.

Ibnu Ramdhani Tanzilan Photo Writer Ibnu Ramdhani Tanzilan

Tidak pernah berhenti untuk selalu belajar.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya