15 Pemain Lulusan Akademi MU yang Debut di Era Louis van Gaal

Yang paling berhasil Rashford yang kini menjadi andalan

David Moyes yang dipecat Manchester United digantikan oleh Louis van Gaal selama dua tahun dari tahun 2014-2016. Louis van Gaal mempersembahkan satu gelar Piala FA untuk MU dan mengantarkan MU menempati klasemen keempat di musim pertama dan posisi ke-5 di musim keduanya.

Selama dua tahun melatih pria asal Belanda ini banyak memberikan kesempatan untuk pemain lulusan akademi total 15 pemain diberikan kesempatan tampil. Salah satu pemain akademi yang berhasil debut adalah Rashford yang kini menjadi andalan MU. Di era Van Gaal ada 15 pemain akademi lagi yang juga menjalani debut, siapa saja mereka? Berikut daftarnya.

1. Marcus Rashford

15 Pemain Lulusan Akademi MU yang Debut di Era Louis van Gaaltribuna.com

Rashford saat ini telah menjadi andalan MU di lini depan. Rashford debut di tahun 2016 pada pertandingan Europa League melawan Midtjylland, Anthony Martial yang cedera saat pemanasan digantikan Rashford yang tampil memukau dan mencetak dua gol.

Tiga hari kemudian, Rashford mencetak dua gol melawan Arsenal dan juga memenangkan derby Manchester di musim debutnya.

2. Jesse Lingard

15 Pemain Lulusan Akademi MU yang Debut di Era Louis van Gaalfootball365.com

Debut Lingard terjadi saat menjamu Swansea di tahun 2014, sebelumnya Lingard dipinjamkan ke Leicester City, Birmingham City dan Brighton. Pada laga debut Lingard mengalami cedera, hanya tampil selama 24 menit. Setelah pulih Lingard dipinjamkan ke Derby.

Di musim selanjutnya Lingard menjadi pahlawan MU, dengan mencetak gol kemenangan di final Piala FA melawan Crystal Palace itu merupakan satu-satunya gelar yang MU raih di era Louis van Gaal. Kini Lingard yang sempat menjadi andalan MU lebih sering menghangatkan bangku cadangan.

3. Andreas Pereira

15 Pemain Lulusan Akademi MU yang Debut di Era Louis van Gaalskysports.com

Andreas Pereira debut di tahun pertama Louis van Gaal, tapi setelah digantikan Mourinho dia dipinjamkan ke Grenada dan Valencia, masing-masing satu tahun. Saat ini Pereira cukup sering tampil untuk MU, tapi kedatangan Bruno Fernandes telah mengancam posisinya.

4. Timothy Fosu-Mensah

15 Pemain Lulusan Akademi MU yang Debut di Era Louis van Gaalskysports.com

Timothy Fosu-Mensah dianggap sebagai salah satu lulusan akademi terbaik yang debut di musim 2015/2016. Untuk memberikan pengalaman dipinjamkan ke Fulham dan Crytal Palace. Kembali ke MU di musim 2019/2020 diharapkan dapat memberikan kontribusi, tapi cedera selama hampir setahun dan hanya tampil beberapa kali.

5. Cameron Borthwick-Jackson

15 Pemain Lulusan Akademi MU yang Debut di Era Louis van Gaalfootball365.com

Cameron Borthwick-Jackson mendapatkan kesempatan tampil sebanyak 14 kali di musim debutnya pada musim 2015/2016. Setelahnya dia dipinjamkan ke Wolves, Leeds United dan Tranmere, namun tidak penampilannya masih belum meyakinkan dan dipinjamkan lagi di awal tahun ini ke Oldham Athletic.

6. Saidy Janko

15 Pemain Lulusan Akademi MU yang Debut di Era Louis van Gaalmufclatest.com

Janko debut pada laga MU  mengalami kekalahan memalukan 4-0 dari MK Dons di Piala Liga. Debut tersebut merupakan satu-satunya laga Janko di level senior. Di 2018 Janko pindah ke Porto, tapi masih belum diberikan kesempatan tampil, Janko dipinjamkan ke Nottingham Forest dan Young Boys.

7. Guillermo Varela

15 Pemain Lulusan Akademi MU yang Debut di Era Louis van Gaalskysports.com

Varela bergabung ke MU di masa David Moyes, tapi harus menimba ilmu lagi di level junior. Varela baru debut di musim kedua Louis van Gaal dan tampil sebanyak 11 kali. Gagal bersaing Varela memutuskan pulang ke negara asalnya Uruguay membela penarol lalu kembali lagi ke Eropa membela Copenhagen.

Baca Juga: 5 Pemain Muda Akademi MU Berbahaya yang Layak Masuk Tim Utama

8. Paddy McNair

15 Pemain Lulusan Akademi MU yang Debut di Era Louis van Gaalskysports.com

Paddy McNair pemain berposisi bek ini sempat dipuji Louis van Gaal dan menurutnya bisa menjadi bek MU andalan MU selama 10 tahun, tapi saat melawan Leicester di 2015 dia dikritik karena permainannya yang dianggap bukan seperti bek lebih seperti penyerang. Selepas hengkang dari MU, Paddy McNair membela Sunderland  lalu membela Middlesbrough.

9. Tom Thorpe

15 Pemain Lulusan Akademi MU yang Debut di Era Louis van Gaalskysports.com

Tom Thorpe hanya tampil sekali untuk MU saat melawan West Ham masuk sebagai pemain pengganti di menit ke-94. Selepas dari MU, Tom membela Birmingham, Rotherham, Bradford, Bolton, dan ATK klub asal India, tapi sejak 2018 dia tidak memiliki klub.

10. Tyler Blackett

15 Pemain Lulusan Akademi MU yang Debut di Era Louis van Gaalskysports.com

Tyler Blackett tampil 12 kali di musim 2014/2015 menjadi opsi favorit Louis van Gaal untuk menggantikan pemain yang cedera. Tyler Blackett sempat dipinjamkan ke Celtic, tapi penampilannya tidak memuaskan dan kemudian dijual ke Reading.

11. Reece James

15 Pemain Lulusan Akademi MU yang Debut di Era Louis van Gaalskysports.com

Sama seperti Janko, satu-satunya pertandingan James untuk MU saat kalah dari MK Dons. James sempat dipinjamkan ke Carlisle, Rotherham dan Huddersfield. James kemudian hengkang ke Wigan dengan kontrak permanen pada 2015. James sekarang bermain untuk Doncaster Rovers setelah menghabiskan musim 2018/19 di Sunderland.

12. Donald Love

15 Pemain Lulusan Akademi MU yang Debut di Era Louis van Gaalmanchestereveningnews.co.uk

Donald Love dua kali tampil untuk MU dan dua kali mengalami kekalahan. Di 2016 Love diboyong oleh Sunderland, tapi Sunderland mengalami degradasi dua kali. Sejak 2019 Love membela Shrewsbury Town.

13. Regan Poole

15 Pemain Lulusan Akademi MU yang Debut di Era Louis van Gaalmanutd.com

Regan Poole debut di di pertandingan yang sama dengan Rashford saat melawan Midtjylland, tapi itu satu-satunya laga seniornya untuk MU. Di 2019 Regan habis kontrak di MU dan pindah ke Milton Keynes Dons tim dari League One.

14. James Weir

15 Pemain Lulusan Akademi MU yang Debut di Era Louis van Gaalmanchestereveningnews.co.uk/

James Weir cuma sekali tampil untuk tim senior saat melawan Arsenal sebagai pemain pengganti di menit ke-95. Karier James Weir kemudian berlanjut di Hull City, Bolton dan kini Pohronie.

15. Joe Riley

15 Pemain Lulusan Akademi MU yang Debut di Era Louis van Gaalskysports.com

Riley debut di hari yang sama dengan Poole dan Rashford saat kemenangan 5-1 atas Midtjylland. Bebeberapa hari setelahnya Riley bermain lagi sebagai pemain pengganti saat menghadapi Shrewsbury, setelah itu tidak pernah diturunkan lagi. Riley pernah dipinjamkan ke Sheffield United, sebelum dilepas ke Bradford City.

Itulah 15 pemain lulusan akademi MU yang debut selama era kepelatihan Louis van Gaal. Banyak dari mereka yang gagal bersaing dan memutuskan untuk hengkang dari MU.

Baca Juga: Produk Akademi: Ini 5 Wonderkid Premier League Terbaik, Siapa Saja?

Ifan Wijaya Photo Verified Writer Ifan Wijaya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya